Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengajuan KTA ditolak Permata

Pengajuan KTA ditolak

Apakah Anda pernah mengalami penolakan ketika mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Salah satu produk KTA yang paling praktis dan mudah adalah KTA yang dimiliki oleh Bank Permata. Namun ada kalanya pengajuan KTA ditolak. Apa saja yang menyebabkan penolakan terhadap pengajuan Anda? Lalu bagaimana agar pengajuan KTA Anda bisa dengan mudah diterima /ACC? Simak sampai habis artikel ini.

Pernahkah Anda suatu hari mengalami kebutuhan mendesak seperti uang pangkal masuk sekolah anak-anak, atau biaya servis kendaraan, anggota keluarga jatuh sakit, kondisi rumah yang harus di renovasi atau kebutuhan urgent lainnya?

Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini dimana bisnis sedang lesu dan pemasukan berkurang, bisa jadi Anda pusing memikirkan solusinya. 

Tenang, karena ada produk perbankan bernama KTA yang bisa Anda jadikan solusi cepat untuk mendapatkan dana yang Anda butuhkan dan tanpa jaminan. 

Salah satu penyedia produk KTA adalah bank Permata dengan segala kemudahan yang ditawarkan. Namun ada kalanya pengajuan KTA ditolak. Mengapa ini terjadi? Dan bagaimana solusinya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu KTA?


Sebelum membahas mengenai solusi untuk mengatasi pengajuan KTA ditolak, mari berkenalan dahulu dengan produk KTA dari Bank Permata. 

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk perbankan dimana Anda sebagai peminjam tidak perlu memberikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman.

Selain itu Anda bisa mengajukan pinjaman secara online! Artinya, Anda bisa mengajukan pinjaman dimana saja dan kapan saja. Sangat mudah bukan?

Pinjaman yang bisa Anda dapatkan mulai dari 5 juta rupiah sampai dengan 300 juta rupiah dengan keuntungan berupa bunga yang rendah dan proses cepat. Bahkan Anda bisa mendapatkan kepastian mengenai persetujuan awal hanya dalam waktu 60 detik saja.

Penyebab KTA Ditolak


Ada kalanya ketika Anda sudah menjalani semua proses yang diperlukan namun pengajuan KTA ditolak. Apa penyebabnya? Mari kita selidiki satu persatu.

1. Data tidak valid

Salah satu bagian penting dalam pengajuan KTA adalah kelengkapan data diri dan validitasnya. Perhatikan apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman. 

Perlu diketahui bahwa Bank Permata memerlukan e-KTP, dan NPWP. Pastikan jenis KTP yang Anda miliki sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh digibank. 

2. Anda sulit dihubungi

Setelah Anda memasukkan data yang diperlukan maka proses berikutnya adalah membuat janji temu dengan agen digibank. 

Pastikan Anda bisa dihubungi dengan mudah dan nomor yang Anda tulis dalam pengajuan adalah nomor kontak yang benar dan aktif.

3. Jumlah pinjaman dengan kemampuan bayar tidak seimbang

Pihak digibank akan melakukan analisa mengenai penghasilan Anda dengan jumlah pinjaman yang Anda ajukan. Periksa apakah penghasilan Anda sesuai dengan kemampuan untuk melunasi pinjaman yang diajukan.

4. BI checking 

Ini adalah bagian paling krusial. Apakah catatan kredit atau pinjaman yang pernah Anda miliki sebelumnya berjalan lancar? Karena bila pihak bank melakukan pengecekan dan ditemukan adanya masalah dalam riwayat pinjaman Anda, maka kemungkinan besar pengajuan KTA  Anda akan ditolak.

10 Tips Agar Pengajuan KTA diterima 


Bila pengajuan KTA ditolak, 10 tips berikut ini bisa Anda coba sebagai solusi agar pengajuan KTA anda diterima.

1. Lengkapi Data Anda

Salah satu unsur paling krusial adalah kelengkapan dan validitas data. Seperti dibahas pada bagian atas artikel ini, salah satu dokumen penting yang harus dimiliki adalah e-KTP. 

Bila Anda belum memiliki e-KTP cobalah mengurusnya terlebih dahulu ke bagian catatan sipil sesuai dengan domisili alamat Anda tinggal saat ini. 

Yang paling penting adalah Anda memiliki NIK e-KTP walaupun bentuk fisiknya belum Anda miliki. 
Percayalah, dengan memiliki NIK maka bukan hanya kemudahan mengajukan pinjaman saja yang menjadi lebih mudah, tetapi juga kemudahan lainnya juga akan Anda rasakan. 

2. Lengkapi dengan NPWP

Faktor pendukung agar pengajuan KTA diterima adalah kelengkapan tambahan berupa NPWP. 
Bila Anda memiliki NPWP, maka akan menjadi tambahan pertimbangan positif dari pihak Bank untuk mencairkan pinjaman. Terutama bila jumlah pinjaman yang Anda ajukan cukup besar. 

3. Usia yang Cukup

Tidak ada salahnya bila Anda mengecek kembali identitas Anda dan tahun kelahiran Anda. Bila Anda sudah berusia 21 tahun dan pada saat pelunasan pinjaman berusia 60 tahun maka silahkan tidak perlu ragu untuk mengajukan KTA. 

Karena selain memiliki identitas e-KTP dan NPWP, syarat minimal usia pengajuan KTA adalah minimal 21 tahun. 

4. Anda Berstatus Karyawan, Professional atau Wiraswasta

Status pekerjaan juga menjadi hal penting agar pengajuan KTA disetujui. Pastikan Anda berstatus sebagai karyawan tetap minimal selama 1 tahun, atau wiraswasta yang memiliki riwayat usaha serta berkas yang jelas mengenai profesi bila Anda seorang profesional. 

Bila Anda saat ini bekerja di tempat baru namun belum mencapai durasi 1 tahun, Anda tetap bisa mengajukan KTA bila pada pekerjaan sebelumnya Anda sudah bekerja minimal 1 tahun. Berikan juga nomor kontak dari tempat bekerja Anda yang lama kepada pihak bank agar proses pencairan pinjaman dapat berjalan lancar. 

5. Mengerti Tujuan Mengajukan KTA

Bila data Anda sudah lengkap, akan ada janji temu dengan agen dari bank. Yakinkan bahwa Anda mengerti apa tujuan Anda mengajukan pinjaman. 

Produk KTA dapat diajukan untuk biaya mendesak atau tambahan seperti pernikahan, kendaraan, renovasi rumah, travelling, atau hobi yang Anda miliki. Bila pihak bank yakin dan jelas mengenai tujuan Anda maka proses pengajuan KTA akan menjadi lebih mudah.

6. Anda Mudah Dihubungi

Selain identitas formal seperti KTP dan NPWP, ada bagian yang tidak kalah penting yaitu kemudahan Anda dihubungi. 

Berikan kepada pihak bank semua saluran kontak Anda baik itu nomor telepon, email, SMS, dan aplikasi mobile. Hal ini penting karena proses transaksi di bank sebagian besar adalah berbasis online. 

7. Kesesuaian Informasi yang Diberikan 

Pihak bank berhak untuk melakukan survei yang dilakukan oleh pihak ketiga untuk memeriksa kesesuaian antara informasi yang Anda berikan dengan kenyataan yang ada di lapangan. 

Sehingga sangat penting untuk memberikan informasi sejujur-jujurnya mengenai status pekerjaan atau profesi Anda. Sehingga bila pihak bank melakukan cross check, data yang diperoleh sudah sesuai dengan informasi yang Anda berikan sebelumnya. 

8. Sudah Memiliki Kartu Kredit dari Bank Lain

Keperluan lainnya yang harus Anda perhatikan adalah Anda sudah memiliki kartu kredit dari bank lain. Mengapa ini penting? Karena dengan memiliki kartu kredit yang sudah Anda miliki sebelumnya, pihak bank akan lebih mudah melakukan evaluasi mengenai sejarah kredit yang Anda miliki.

Bila sejarah kredit Anda baik seperti kelancaran pembayaran tagihan kartu kredit atau selalu disiplin membayar maka dijamin pengajuan KTA Anda akan lebih mudah untuk disetujui. 

9. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar

Syarat penghasilan bulanan agar KTA Anda disetujui oleh bank adalah bila Anda memiliki penghasilan minimal Rp. 3.000.000 setiap bulan. Selain itu pihak bank juga akan memeriksa antara jumlah pengajuan Anda dengan total penghasilan serta total cicilan hutang Anda yang lain. 

Pastikan antara total penghasilan yang Anda miliki saat ini serta kewajiban hutang yang ada sebelumnya dengan jumlah pinjaman yang diajukan masih masuk ke dalam batas wajar dan sesuai dengan kemampuan Anda. 

10. Ajukan Setelah 30 Hari

Bila Anda sudah pernah mengajukan pinjaman KTA sebelumnya kemudian ditolak, silahkan Anda melakukan pengajuan yang baru setelah 30 hari setelah tanggal Anda menerima SMS penolakan. 

Tidak perlu terburu-buru untuk mengajukan permohonan kembali. Gunakan waktu selama 30 hari ini untuk memeriksa apa saja persyaratan yang kurang dari poin-poin di atas. 

Bila Anda sudah yakin memenuhi semua kelengkapan yang diperlukan maka Anda tidak perlu ragu untuk kembali melakukan pengajuan KTA.

KTA adalah produk perbankan unggulan yang ditawarkan oleh bank dengan segala kepraktisan dan kemudahannya. Anda cukup melakukan proses awal melalui online, hanya dengan waktu 60 detik saja maka kepastian awal apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak sudah bisa Anda dapatkan. 

Bila pengajuan KTA ditolak oleh pihak bank Permata, Anda bisa mengikuti tips yang tertera pada artikel ini untuk Anda lakukan sebagai bahan persiapan sebelum mengajukan kembali permohonan pinjaman KTA yang baru.  Terima kasih