Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Sukses Bisnis Baju Batik Dan Peluang Bisnisnya

Tips Sukses Bisnis Baju Batik

Tips sukses bisnis baju batik - 
Batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai kekayaan budaya indonesia, hal tersebut membuat budaya memakai pakaian batik semakin marak, imbasnya para pengrajin pakaian batik berlomba-lomba untuk memproduksi batiknya lebih inovativ. Bukan hanya pakaian tetapi juga kaos, jaket, tas, sepatu dan lainnya. 

Jika anda ingin membangun bisnis baju batik dan memasarkannya secara online, berikut merupakan tips sukses memulai bisnis baju batik yang perlu anda simak hingga selesai.


Peluang Bisnis Baju Batik Online


Dulu pakaian batik identik dengan orang tua, hanya dalam acara-acara tertentu pakaian tersebut digunakan. Jika seorang laki-laki yang memakai batik lebih tampak lebih berwibawa dan dewasa, sedangkan bagi perempuan terkesan anggun, feminin. Seiring perkembangan jaman, sekarang anak-anak, remaja, orang tua sudah gemar memakai pakaian batik. Motifnya pun sekarang sangat beragam, seperti batik klub-klub sepak bola dunia. 

Busana batik makin menjadi fesyen di negeri tercinta ini adalah contoh fakta yang telah berkembang di tengah-tengah masyarakat sekitar kita. Secara tidak langsung batik menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. 


Ide Bisnis Baju Batik


Ide usaha untuk bisnis pakaian batik merupakan pilihan yang sangat tepat dan patut untuk diacungi jempol, karena seiring dengan perkembangan jaman batik tidak hanya dikenakan dalam acara-acara yang sifatnya formal saja, akan tetapi lebih dari bisa dipakai saat santai atau liburan karena corak serta motif daripada batik tersebut yang semakin berkembang, batik juga dikenakan oleh para pelajar, karyawan kantor pada hari-hari tertentu. 

Baju batik juga sering kita lihat saat kita berjalan-jalan di pusat-pusat perbelanjaan atau mall-mall, banyak anak muda yang mengenakan jaket batik ataupun batik yang sudah dimodifikasi. Maka tidak ada salahnya untuk mulai merencanakan usaha pakaian batik untuk saat ini dan hari kedepannya.

Adanya trend mengenakan pakaian batik, semakin terbuka lebar peluang untuk mendatangkan laba yang lebih banyak dengan memulai usaha pakaian batik. 


Harga Pasaran Baju Batik 


Banyak produsen batik menawarkan dengan harga grosiran dan murah jika anda akan menjualnya lagi,  seperti contohnya pusat-pusat batik di pekalongan, yogyakarta dan solo, semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Untuk meningkatkan daya tarik konsumen anda bisa memilih berbagai corak, warna, dan modelnya, selain itu pemberian diskon atau harga yang murah bisa anda lakukan.

Tips Sukses Bisnis Baju Batik Online


Sebelum anda mulai usaha pakaian batik, lakukanlah perencanaan yang matang terlebih dahulu.

1. Melihat segmen pasar. 

Tentukanlah siapa yang menjadi target pemasaran anda, apakah konsumen menengah, menengah ke atas atau menengah ke bawah. Hal tersebut sangat mempengaruhi dalam menentukan harga jual dari pakaian batik yang akan anda jual, dengan menyesuaikan tingkat daya beli konsumen.

2. Ikuti Trend

Mengikuti mode atau trend yang sedang berkembang di masyarakat. Anda harus jeli dalam melihat mode dan trend yang sedang berjalan di masyarakat, karena produk fesyen selalu berubah-ubah maka hindarilah menjual batik yang sudah out of date.

3. Menentukan Harga

Mencari informasi dan menentukan harga grosiran yang lebih murah, tentunya dengan memperhatikan dari segi kualitasnya.

4. Membangun Citra Bisnis

Bangunlah citra dan karakter dari usaha batik yang anda lakukan. Bisa dengan memberikan harga diskon, atau kualitas yang bagus dan lainnya.

5. Promosikan Melalui Google Ads.

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin maju pesat, sangat memungkinkan untuk mempromosikan batik anda di media online. Disamping anda mempromosikan dengan offline, dan untuk jangkauan lebih luas dengan mempromosikannya via Google Ads

Bisnis online pakaian batik dengan cara lebih sederhana dengan mempromosikannya lewat sosial media seperti facebook, twitter dan lain-lain, atau juga anda bisa membangun sebuah blog untuk berjualan secara online. 


***

Jika anda termasuk orang awam dengan hal yang berbau internet, anda bisa konsultasi dengan kami melalui kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih...