Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Suku Bunga Deposito Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri

Suku Bunga Bank Indonesia 2021

Suku bunga deposito Bank Indonesia 2021 - Bunga merupakan salah satu faktor penting dalam memilih deposito. Informasi suku bunga deposito bank lokal tertinggi saat ini bisa menjadi sarana memilih bank untuk mengelola uang Anda. Akan tetapi, hal tersebut bukan satu-satunya metode memilih program deposito terbaik. Anda harus meneliti layanan setiap bank dan berkomunikasi langsung dengan staf untuk menentukan pilihan terbaik.

Mengapa demikian? 

Hal ini karena suku bunga deposito setiap bank bervariasi tergantung berbagai faktor, dan masih ditambah dengan variasi lain, misalnya perbedaan tenor, biaya administrasi, dan setoran wajib pertama. Tergantung faktor internal maupun eksternal, besaran suku bunga bisa berubah pada periode tertentu, baik meningkat maupun menurun.

Tahun ini, berbagai bank lokal populer di Indonesia melakukan penyesuaian suku bunga akibat berbagai faktor tak terduga. Rata-rata bank di Indonesia menawarkan suku bunga deposito antara 3% hingga 5%, serta sedikit lebih tinggi untuk BPR yaitu 7,75%. 

Lembaga Penjamin Simpanan juga menetapkan bahwa dana deposito yang akan dilindungi harus memiliki bunga maksimal 5,25% sampai tanggal 30 September 2020, dengan nilai di bawah 2 miliar Rupiah. Suku bunga deposito Bank Indonesia terbaru 2021 tertinggi menghadirkan 10 nama populer sebagai pertimbangan investasi. 


1. Suku Bunga Deposito Bank BCA  2021


Bank BCA menawarkan rentang bunga deposito di pertengahan yang cukup lumayan, walau tidak setinggi bank populer lain. 

Dilansir dari financial.bisnis.com, Informasi terbaru suku bunga deposito terbaru dari Bank Bca yang berlaku untuk minimal deposit  2M - 100M sebesar 3,35% dalam jangka waktu 1 - 12 bulan.

Syarat Pengajuan Tabungan Deposito Bank BCA

  • Lengkapi serta tanda tangani formulir permohonan yang telah disediakan oleh pihak Bank BCA.
  • Pastikan Anda juga telah membawa serta menyerahkan fotokopi identitas diri. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan e-KTP, SIM atau Paspor yang berlaku. 
  • Sertakan NPWP bagi warga negara Indonesia atau KITAS/paspor bagi warga negara asing.  
  • Melakukan setoran awal. Di mana untuk BCA Deposito Berjangka Rupiah, maka Anda harus menyerahkan setoran awal Rp. 8.000.000,-. Sementara untuk Deposito valas, berikut ini adalah minimalnya, USD 1,000/SGD 2,000/HKD 8,000/AUD 2,000/JPY 150,000/GBP 1,000/EUR 1,000 dan CNH 7,000.
  • Selanjutnya Anda tingggal menentukan jangka waktu berinvestasi mulai dari 1, 3, 6 hingga 12 bulan. 

Proses Pengajuan Tabungan Deposito Bank BCA

  1. Setelah Anda menyiapkan identitas diri, maka selanjutnya Anda bisa langsung mendatangi bank BCA untuk membuka tabungan deposito berjangka.
  2. Biasanya, staf bank yang bertugas sebagai sekuriti akan berdiri tidak jauh dari pintu masuk ke dalam Bank. Ia akan membantu Anda untuk menyiapkan nomor antrian. Beritahukan keperluan Anda agar sekuriti bisa memberikan nomor antrian menuju ke customer service. 
  3. Tunggu sejenakn, hingga nomor antrian Anda dipanggil. Kemudian setelah meja customer service, sampaikan maksud Anda untukmembuka tabungan deposito. 
  4. Sebelum memberikan formulir yang harus Anda isi, customer service akan menjelaskan terlebih dahulu produk deposito yang dimiliki Bank BCA, dengarkan secara seksama sehingga tidak akan terjadi kekeliruan.
  5. Tanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan tabungan deposito berjangka, mulai dari bunga yang akan didapat, proses ARO, Non-Aro dan yang lainnya, hingga berbagai kemungkinan bila Anda tidak mampu menepati persyaratan yang sudah disetujui. Dan ini biasanya akan berkaitan dengan sanksi yang mungkin tidak Anda pahami. 
  6. Bicarakan dan sampaikan pada customer service mengenai dana yang akan Anda simpan, begitu juga dengan lamanya jangka waktu yang dipilih. Di sini, customer service juga akan membantu Anda, untuk menentukan pilihan mana yang paling tepat. Anda bisa mempertimbangkannya sebaik mungkin, sebelum akhirnya memutuskan mana yang paling pas untuk kebutuhan Anda. 
  7. Syarat dan langkah mengajukan tabungan deposito Bank BCA dilanjutkan dengan pengisian formulir. Isi setiap kolom yang diminta oleh customer service untuk diisi, 
  8. Pastikan Anda mengisi data sebenarnya. Selanjutnya serahkan dokumen yang menjadi persyaratan dan biarkan customer servive untuk memeriksanya dengan seksama. Di sini biasanya Anda akan menunggu beberapa saat hingga manajer bank menyetujui, setelah itu pembukaan tabungan depositopun akan langsung diproses. 
  9. Setelah proses pembukaan tabungan deposito selesai dilakukan, customer service akan memberikan dokumen yang berisikan surat-surat atau slip. Di mana isinya merupakan pernyataan bahwa Anda telah memiliki tabungan deposito berjangka dengan jangka waktu atau tenor yang diinginkan dan nilai yang telah ditentukan sebelumnya. 

Pada dokumen tersebut, Anda bisa menemukan tanggal jatuh tempo dari tabungan. Selanjutnya, simpan dokumen tersebut sebaik mungkin karena Anda akan membutuhkannya ketika akan melakukan pencairan deposito. 

2. Suku Bunga Deposito Bank BRI 2021


Dari berbagai jenis produk pinjaman kreditnya, BRI memiliki ketentuan berbeda-beda terhadap besaran suku bunga pinjaman per tahunnya. Berdasarkan situs resminya, suku bunga pinjaman Bank BRI terbaru yang berlaku saat ini adalah Kredit Korporasi 9,95%, Kredit Ritel 9,95%, Kredit Mikro 17,5%, Kredit KPR 9,98%, Kredit Non KPR 12,5%.

Syarat Pengajuan Tabungan Deposito Bank Bri

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda persiapkan, sebelum Anda memutuskan untuk pergi menuju ke Bank BRI. 
  1. Membawa identitas diri, baik itu e-KTP, SIM maupun paspor. Pastikan masih berlaku dan dalam kondisi baik serta bisa dibaca.
  2. Sebaiknya membawa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  3. Telah memiliki tabungan di Bank BRI.
  4. Mengisi formulir permohonan pembukaan deposito.
  5. Menyerahkan minimal dana sebesar Rp. 10.000.000,-.
Setelah melengkapi persyaratan di atas, selanjutnya Anda hanya tinggal mendatangi Kantor Cabang BRI terdekat di kota Anda. Pastikan Anda datang pada jam kerja, yang  biasanya dimulai dari 08.00 hingga 14.30 wib. 

Proses Pengajuan Tabungan Deposito Bank Bri

Bila Anda belum memahami bagaimana cara buka deposito BRI, Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:
  1. Minta nomor antrian pada sekuriti yang menjaga di dalam bank. Minta antrian khusus ke customer service untuk mengajukan deposito. 
  2. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil customer service kemudian sampaikan maksud Anda untuk membuka tabungan deposito BRI. Kemukakan pula dana yang akan diinvestasikan. 
  3. Isi formulir yang diberikan oleh customer service, pastikan Anda mengisi setiap kolomnya dengan data yang benar. Kemudian serahkan kembali untuk diperiksa dan diklarifikasi oleh pihak bank. 
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses persetujuan tabungan deposito disetujui dan customer servive akan memberikan dokumen-dokumen penting berupa slip ataupun surat. Di mana di dalamnya ada pernyataan yang menyatakan bahwa Anda telah memiliki deposito dengan nilai sekian serta tenor sekian.
  5. Pada dokumen tersebut, Anda juga bisa melihat tanggal jatuh tempo tabungan Anda. Dan sebaiknya dokumen tersebut disimpan sebaik mungkin.
Jika Saat ini Anda sudah tertarik untuk membuka tabungan deposito di Bank BRI, Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang terdekat atau menghubbungi call center BRI di 14017 atau 1500017. Anda juga bisa mengirim email ke callbri@bri.co.id atau mengkases langsung di website Bank BRI.


3. Suku Bunga Deposito Bank Mandiri 2021


Bank swasta lokal terpopuler Indonesia menawarkan bunga dan jumlah setoran minimal deposito rata-rata yang lebih kecil. Bank Mandiri menawarkan suku bunga sebesar 3,5 persen untuk semua tenor dan nilai simpanan. Suku bunga tersebut berlaku utnuk deposito rupiah dengan bunga dibayar bulanan dan jatuh tempo.

Syarat Pengajuan Tabungan Deposito Bank Mandiri

Untuk pembukaan tabungan deposito Anda bisa membukanya dengan datang langsung ke kantor cabang atau melalui MANDIRI online. Berikut 5 syarat mudah yang perlu dipenuhi oleh nasabah bank mandiri;
  1. Mempunyai rekening MANDIRI Tabungan atau MANDIRI Giro
  2. Untuk pembukaan deposito Anda bisa melalui kantor cabang atau melalui internet banking
  3. Untuk pembukaan atas perorangan: 
  4. Warga Negara Indonesia (WNI), Memiliki NPWP, KTP
  5. Warga Negara Asing (WNA), memiliki paspor, KITAS/KIMS/KITAP
  6. Untuk pembukaan atas perusahaan: KTP, SIUP akte pendirian perusahaan terbaru, NPWP
  7. Biaya materai pada saat pembukaan dan pencairan deposito.
Setelah Anda menyiapkan persyaratan diatas Anda juga harus menyiapkan sejumlah dana untuk membuka simpanan deposito. 

Proses Pengajuan Tabungan Deposito Bank Mandiri

Setelah syarat dan dana deposito telah siap Anda dapat mendatangi langsung Bank MANDIRI untuk pembukaan deposito. Proses pengajuan deposito Mandiri cukup mudah dalam 4 langkah berikut ini:
  1. Ambil Nomor Antrian: Saat mendatangi Bank, Anda bisa mengambil antrian untuk menuju customer service, karena tempat untuk membuka deposito bukan di teller melainkan di customer service.
  2. Membuka Tabungan Deposito: Saat Anda dipanggil oleh customer service, sampaikan bahwa Anda ingin membuka tabungan deposito, dengan menyampaikan jangka waktu dan dana yang akan Anda simpan.
  3. Mengisi Formulir: Anda akan diberikan formulir yang harus diisi, Anda juga bisa menanyakan berbagai hal terkait deposito seperti bunga deposito dan sanksi yang dikenakan jika Anda melanggar syarat dan ketentuan: Isi formulir tersebut sesuai dengan data yang sebenarnya, sertakan juga fotokopi dokumen yang menjadi syarat pembukaan tabungan deposito.
  4. Pemrosesan: Setelah formulir diisi, customer service akan memeriksa kesesuaian antara isi formulir dengan dokumen yang sudah Anda lampirkan. Setelah pemrosesan selesai Anda akan diberikan sebuah dokumen yang berisikan bahwa Anda memiliki sejumlah tabungan deposito dengan tenor yang diinginkan. 
 

4. Suku Bunga Deposito Bank BNI 2021


BNI menawarkan suku bunga yang relatif mirip dengan Mandiri. Suku bunga yang ditawarkan BNI pun sama berada di rentang 3 persen hingga 3,5 persen tergantung nilai simpanan dan tenor. Sementara itu, suku bunga deposito valas berada pada rentang 0,3 persen sampai dengan 0,5 persen.

Syarat Pengajuan Tabungan Deposito Bank Bni 

Jika berminat untuk membuka deposito Bank Negara Indonesia, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:
  1. Menyiapkan identitas diri seperti KTP, SIM atau paspor yang masih berlaku.
  2. Menyiapkan bukti legalitas untuk badan usaha atau badan hukum
  3. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening BNI
  4. Melakukan penyetoran buat pembukaan rekening. Biasanya untuk deposito jumlahnya adalah Rp10.000,00, akan tetapi jumlah tersebut bisa berubah sesuai ketentuan sewaktu-waktu. Nasabah bisa mencari informasi secara langsung pada kantor cabang BNI yang terdekat atau dapat menghubungi call center untuk meminta informasi terbaru.

Proses Pengajuan Tabungan Deposito Bank Bni

Setelah memenuhi syarat, Anda bisa datang ke cabang BNI terdekat kemudian Anda bisa mengikuti tahap untuk pembukaan deposito BNI, yaitu:
  1. Mempersiapkan dana deposito untuk membuka rekening yang sudah ditentukan dan persiapkan dana untuk biaya materai.
  2. Menyediakan KTP, SIM atau Paspor dan NPWP yang akan digunakan sebagai persyaratan pembukaan deposito
  3. Pilihlah produk deposito bank sesuai dengan keinginan dan tentukan jangka waktunya
  4. Mengisi formulir pendaftaran pembukaan rekening deposito BNI
  5. Menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah diisi beserta dengan persyaratan yang sudah disiapkan dan menunggu pihak BNI untuk memproses pembukaan rekening deposito Anda.
  6. Bila proses sudah selesai maka Anda akan menerima sertifikat bukti atas kepemilikan deposito. Bukti yang sudah diterima diperlukan untuk saat Anda akan melakukan pencaiaran deposito di tanggal jatuh tempo.
 

5. Suku Bunga Deposito Bank CIMB NIAGA 2021


CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang memasang tarif bunga deposito cukup tinggi di Indonesia dengan setoran awal relatif kecil. Bunga deposito yang ditawarkan oleh Bank Cimb Niaga saat ini menyentuh angka 3,25% - 3,50% untuk tenor 3 sampai 6 bulan.

Syarat Pengajuan Tabungan Deposito Bank 

  1. Adapun syarat membuka deposito Bank CIMB Niaga cukup mudah. Simak ulasannya berikut ini;
  2. Melengkapi syarat pendaftaran dan pembukaan rekening di bank tersebut. 
  3. Membawa identitas pelengkap yang berisi data diri, yakni KTP untuk penduduk Indonesia dan paspor untuk warga luar negeri. Anda yang memiliki kartu izin menetap sementara juga bisa menggunakan kartu tersebut data diri tambahan. 
  4. Telah meakukan setoran minimum untuk membuka deposito, sesuai dengan mata uang yang hendak digunakan. Jika menggunakan mata uang rupiah, setoran minimal yang harus dibayarkan adalah 8 juta rupiah. 
Selain itu, Anda bisa datang langsung ke cabang Bank CIMB Niaga untuk mendapatkan bantuan dan informasi lebih lanjut mengenai pembukaan deposito. 


6. Suku Bunga Deposito Bank BTN


Bank BTN menawarkan kemudahan deposito berupa setoran awal yang termasuk ringan dibandingkan berbagai bank populer Indonesia. 

Berbicara mengenai bunga deposito, Bank BTN menawarkan kepada nasabahnya dengan bunga deposito yang cukup tinggi. Rinciannya sebagai berikut; 
  • Untuk bunga deposito tenor 1 bulan, Bank Tabungan Negara (BTN) paling tinggi penawarannya yakni 6%. Diikuti Bank ICBC Indonesia dengan bunga 5.9%.
  • BTN paling tinggi memasang bunga deposito tenor 3 bulan, sebesar 6%.
  • Pada deposito tenor 6 bulan, BTN menawarkan bunga paling besar sebesar 5,9%.
  • Kemudian deposito 12 bulan, penawaran tertinggi datang dari Bank Bukopin dengan bunga 5,9%.

7. Suku Bunga Deposito Bank Danamon 2021


Bank Danamon menghadirkan suku bunga deposito cukup tinggi dengan setoran rata-rata di bawah Rp10.000.000. Adapaun suku bunga deposito rupiah yang ditawarkan Bank Danamon sebesar 4,25 persen untuk semua tenor tenor.

8. Suku Bunga Deposito Bank Mega 2021


Bank Mega menetapkan jumlah setoran sama seperti Bank Danamon namun dengan bunga deposito sedikit lebih kecil. Untuk bunga deposito tenor 1 dan 3 bulan, Bank Mega paling tinggi penawarannyasaat ini, yaitu 5,75%.

9. Suku Bunga Deposito Maybank 2021


Maybank Indonesia menuntut setoran awal sedikit lebih besar dari Bank Mega, Danamon, dan CIMB Niaga. Maybank Indonesia menawarkan suku bunga deposito rupiah dalam dua jenis, yaitu counter rate.

Untuk deposito yang dibuka di kantor cabang, bank asal Malaysia ini menetapkan suku bunga per tahun untuk semua tenor hingga 4,75 persen. Sedangkan untuk pembukaan melalui aplikasi suku bunga simpanan berjangka yang ditawarkan lebih tinggi, yaitu 5,75 persen per tahun untuk nominal Rp10 juta hingga kurang dari Rp2 miliar semua tenor dan 6,00 persen untuk nominal Rp2 miliar ke atas.


10. Suku Bunga Deposito Bank Sinarmas 2021


Bank Sinarmas menawarkan dana deposito awal serta suku bunga lumayan kompetitif untuk tenor minimalnya. Deposito Sinarmas adalah produk simpanan berjangka yang memberikan bunga kompetitif sebesar 4,75 persen per tahunnya dengan setoran awal mulai dari Rp8 juta.

Catatan: Informasi suku bunga deposito yang kami tampilkan diatas dapat berubah tergantung berbagai faktor. Pastikan Anda menghubungi pihak bank untuk mendapat kepastian tentang kebijakan deposito terbaru sebelum memilih produk mereka. Semoga bermanfaat.