Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sekilas Tentang Affiliate Marketing

Sekilas Tentang Affiliate Marketing

Pernahkan Anda menjual sebuah barang milik orang lain dan Anda memperoleh komisi dari hasil penjualan tersebut? Kalau tidak pernah, bukan berarti Anda tidak tahu tentang profesi ini bukan! 

Ya, inilah yang biasa dikerjakan para Calo atau Makelar. Mereka mempromosikan produk orang lain dengan harapan mendapatkan komisi yang banyak dari produk-produk yang terjual melalui perantara tangan mereka. 

Di dunia internet, bisnis ini dikenal dengan nama Affiliate Marketing, orangnya disebut Affiliate marketer.

Sekilas Tentang Affiliate Marketing


Affiliate Marketing menjadi sebuah bisnis online yang populer dikalangan dunia maya. Bisnis ini sangat sederhana (bukan mudah) untuk dilakukan. Dan memiliki pangsa pasar yang luas, skala internasional. Namun sebagai seorang Affiliate Marketer, Anda tidak memiliki hak untuk merubah harga dari sebuah produk, fokus pekerjaan Anda hanyalah  menarik jumlah pengunjung sebanyak-banyaknya ke suatu merchant. Mengenai harga jual produk dan besarnya komisi, juga sudah ditentukan oleh si Merchant.

Ketika Anda mendaftar sebagai affiliate di suatu merchant, biasanya merchant tersebut akan memberikan link khusus atau link affiliate untuk Anda promosikan. Link Affiliate ini merupakan identitas keanggotaan Anda di suatu merchant.  Semakin banyak pengunjung membeli produk merchant melalui link affiliate ini, otomatis semakin besar pulalah komisi yang akan didapatkan.

Penyedia Program Affiliate Marketing


Amazon.com merupakan salah satu merchant yang menyediakan program Affiliate Marketing. Ada ribuan orang mencoba menjadi affiliate di Amazon, namun banyak pula dari mereka yang tidak berhasil menjalankan peluang bisnis ini. Kenapa demikian? Karena affiliate marketing sama seperti bisnis lainnya. Bisnis nyata yang perlu ditekuni dengan serius.

Jangan asal-asalan menjalankan program bisnis ini, kalau Anda memang tertarik  sedangkan Anda tidak tahu harus memulai darimana, sebaiknya Anda baca dulu artikel berikut : Affiliate marketing for the beginner.

Program Affiliate Marketing, selain di  Amazon.com ada juga Clickbank yang cukup populer. Kalau Anda sudah berhasil menjadi affiliate marketer produk mereka, tentunya tak akan sulit untuk menjual produk-produk dari merchant lain.  Bahkan kalau Anda sudah terkenal sebagai seorang affiliate marketing handal, bukan tidak mungkin merchant-merchant yang akan memohon anda menjualkan produk mereka. Salah seorang Affiliate Marketer ysng sukses bisa Anda dibaca disini.

Kalau sudah begini, ratusan hingga jutaaan rupiah tak mungkin bisa ditolak lagi untuk masuk ke rekening Anda.