Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Harga Asuransi Mobil Versi OJK

Harga Asuransi Mobil Versi OJK


Harga asuransi mobil versi OJK - Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi khusus kendaraan, di mana risiko yang kemungkinan terjadi pada kendaraan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam pemilihan asuransi kendaraan hal-hal yang perhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan harga atau beban.

Anda tidak perlu khawatir akan harga asuransi mobil yang anda bayarkan setiap bulannya akan mahal, karena pada tahun 2013 lalu, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah menetapkan sebuah rate asuransi mobil yang bisa di gunakan oleh para perusahaan asuransi dalam menentukan harga, biaya atau premi kepada konsumennya.


Harga Asuransi Mobil Menurut OJK


Seperti yang telah saya sebutkan diawal bahwa untuk harga asuransi mobil saat ini, OJK telah menetapkan sesuai dengan wilayah, jenis kendaraan dan usia kendaraan milik nasabah perusahaan asuransi kendaraan. Simak penjelasan harga asuransi mobil menurut OJK berikut ini;

Harga Asuransi Mobil Berdasarkan Wilayah


Untuk wilayah pertanggungan OJK menetapkan harga asuransi mobil terbagi menjadi 3 wilayah Indonesia yaitu diantaranya, Wilayah 1 (Nanggroe Aceh Darusalam, Sumbar, Sumut, Lampung,  Bangka-belitung, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Sumsel dan Jambi ) wilayah 2 (DKI Jakarta, banten, Jawa Barat dan daerah disekitarnya) dan wilayah 3 (daerah selain wilayah 1 dan 2).

Harga Asuransi Mobil Berdasarkan Jenisnya


Ada 3 jenis kendaraan yang ditetapkan oleh OJK untuk menentukan harga asuransi mobil berdasarkan jenisnya yaitu Non bus dan Non Truk, Kendaraan Bus;truk dan pick up dan yang terakhir ialah jenis kendaraan beroda dua.

Harga Asuransi Mobil Berdasarkan Usianya


Untuk menentapkan asuransi mobil berdasarkan usianya, OJK menyarankan untuk pemilik kendaraan yang ingin mengasuransikan mobilnya dengan menggunakan produk asuransi mobil All Risk. Akan tetapi usia kendaraan itu diatas 5 tahun maka nilainya akan menjadi tambahan 5% setiap tahunya. 

Namun, untuk beberapa perusahaan asuransi bisanya menetapkan umur yang berbeda-beda seperti antara 8 sapai 12 tahun. 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Produk Asuransi Mobil


Sebelum menjatuhkan pilihan kepada perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil untuk Anda, beberapa hal penting dibawah ini perlu Anda pertimbangkan, diantaranya;

1. Quality


Pastikan terlebih dulu asuransi yang bakal diipilih termasuk juga katagori asuransi yang telah mendapat beberapa penghargaan. Dikarenakan dengan sertifikasi ini jelas menunjukan bahwa asuransi tersebut mampu diandalkan, terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani pengajuan klaim pelanggannya.

2. Budget Own Risk (Resiko Sendiri) 


Kadang-kadang bulak-balik ke bengkel asuransi pun adalah sesuatu yang membuat malas pelanggan, terlebih sekian banyak asuransi mengaplikasikan system claim dengan pembayaran budget OR (Own Risk) atau resiko sendirinya yang kebanyakan Rp.200 ribu rupiah berdasarkan per benturan, per kejadian, dan sebagainya.

Pasti, aspek ini membuat nasabah terbebani dengan mesti tidak sedikit mengeluarkan anggaran claim untuk membayar OR apabila tidak jarang bulak-balik ke bengkel asuransi yang belum pasti hasil pekerjaan bengkelnya memuaskan pelanggan lantaran dikerjakan oleh bengkel yang ecek-ecek atau non-authorized.

3. Proses Klaim 


Diwaktu proses klaim ke asuransi sebaiknya dicermati terlebih dulu, ada sekian banyak asuransi mobil yang saat menerima proses claim pelanggan berbelit-belit sekali mesti ini lah mesti itu lah tunggu surveyornya lah, kadang harus berdebat dulu lah waktu disurvey, dan juga terkadang perlu waktu beberapa hari cuma buat menunggu SPK (Surat Perintah Kerja) yang dibuat pihak asuransi supaya pihak bengkel dapat memperbaiki mobil kita. 

Hal-hal seperti ini sering membuat pelanggan merasa disepelekan dan tidak sedikit waktu tebuang cuma untuk menunggu secarik kertas/surat. Tinggalkan proses seperti ini yang telah kuno, sebaiknya memilih asuransi yang tak rumit disaat claim, cepat kurang dari 30 menit SPK telah di tangan kamu maka kamu tinggal menenetukan kapan ke bengkel asuransi. Baca disini, claim asuransi mobil termahal di Inggris sebesar 540 Poudsterling.

4. Hasil Kerja 


Banyak beberapa asuransi yang mengaplikasikan rate murah meriah, tetapi buat apa kalau hasil kerja bengkel rekanannya teramat tak berkualitas alias ecek-ecek dan tak memuaskan pelanggan. Kadang cat mobil kamu kelihatan malah belang betong membuat image body mobil kamu seakan-akan pernah tabrakan dahsyat pasti ini membuat nilai jual mobil kamu merosot.

5. Tanggung Jawab Pihak Ke-Tiga (TJH / TPL) juga PA (Personal Accident) 


Fitur ini selayaknya dicermati baik-baik sebab diwaktu kejadian kecelakaan tabrakan sampel menabrak motor kadang – kadang pihak ketiga malah jauh lebih berat kerusakannya dari kita. Disini peran fitur ini dibutuhkan.

Sebaiknya memilih asuransi dengan tanggung jawab pihak ke tiga yang besar maka kamu tak tebebebani biaya extra. Demikian pun dengan fitur perlindungan kecelakaan diri pengemudi, penumpang aspek ini pun amat dibutuhkan. Pilih asuransi yang telah termasuk juga dengan fitur ini.

6. Pelayanan Gratis Perlindungan 24 Jam 


Hal ini yang sangat-sangat mutlak disaat kita memilih asuransi mobil, tidak sedikit asuransi mobil yang cuma mengandalkan dan memberikan rate murah meriah saja tetapi layanan perlindungannya amat sangat tak memuaskan, layanan tak 24 jam, no telepon layanan susah dihubungi malah kadang tak ada yang jawab, kadang-kadang tempat perlindungannya juga teramat terbatas sekali kadang malah cuma tempat Jabotabek saja.

7. SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion) 


Fitur asuransi ini amat sangat direkomendasikan yang bisa menjamin risiko akibat adanya ganjalan ketertiban umum yang dilakukan oleh sekelompok orang, juga perbuatan pejabat mempunyai wewenang dalam menindak kendala tersebut, baik yang berkenaan dengan pemogokan dan penghalangan bekerja, dan menanggung kerusuhan sipil yang bemotif politik. Serta perluasan asuransi menjamin kerugian yang diakibatkan oleh banjir. 

Kerusakan dikarenakan banjir ini meliputi kerusakan terhadap interior, eksterior, panel dashboard, mekanikal, elektrikal dan kerusakan yang lain atas kendaraan bemotor yang diasuransikan. Pilih produk yang telah termasuk juga fitur ini.

***

Setelah membaca ulasan diatas, Anda tentu sudah tahu berapa harga premi asuransi mobil yang harus ditanggung oleh Anda sebagai pemilik kendaraan dan nasabah dari perusahaan asuransi kendaraan. Selain itu, Anda juga sudah mengetahui beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan disaat memilih produk asurasni mobil terbaik. Semoga bermanfaat...