Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat dan Menanam Bunga Sedap Malam di Polybag

Cara Merawat dan Menanam Bunga Sedap Malam di Polybag

Cara merawat dan menanam bunga sedap malam di polybag
| siapa sih yang tidak kenal dengan bunga sedap malam? Sebagai bunga dengan ciri khas mekar di malam hari menjadikan sedap malam banyak diincar pecinta bunga. 

Tak hanya indah, wangi harum bunga di malam hari akan membuat suasana di sekitarnya semakin nyaman. Oleh karena itu, sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang menanam bunga sedap malam. Bagaimana caranya? Yuk, simak tutorialnya berikut ini.


Sekilas Tentang Bunga Sedap Malam 


Sedap malam merupakan sebuah bunga dengan bau khas dan terkenal eksotis. Bunga ini hanya mekar di malam hari secara bergantian dimuai dari paling bawah. 

Batang bunga yang akrab disapa dengan ratu malam mini merupakan batang semu dimana dalam satu batang bisa ditumbuhi beberapa umbi induk.

Manfaat Bunga Sedap Malam


Selain sebagai pengharum ruangan, sedap malam banyak digunakan dalam acara keagamaan hingga pernikahan di beberapa negara. Selain itu, ternyata bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi insomnia, meredakan radang pada tenggorokan serta mencegah penyakit anemia. 


Cara Menanam Bunga Sedap Malam Menggunakan Polybag


Pada dasarnya, cara menanam bunga sedap malam tidak jauh berbeda dengan penanaman bunga pada umumnya. Hanya saja, Sedap Malam mini tergolong tumbuhan dataran rendah. 

Jadi, ketika ditanam di daerah dataran tinggi maka tidak akan bisa berbunga ataupun berkembangbiak secara optimal. Ikuti langkah-langkah cara menanam bunga sedap malam menggunakan polybag dengan benar berikut ini:

1. Memlih Bibit 


Langkah pertama yaitu memilih bibit bunga sedap malam. Bibit ini merupakan umbi dari bunga sedap malam yang sudah berumur sekitar 1,5 tahun. Gunakanlah bibir berukuran 1-2 cm yang berkualitas. Ambillah umbi dari bunga sedap malam yang segar dan tidak terserang hama.
Jika sudah memilih bibitnya, diamkan bibit tersebut selama sekitar 1 bulan untuk merangsang pertumbuhannya nanti.

2. Siapkan Polybag


Setelah itu, persiapkan media tanam bunga sedap malam. Media tanam tersebut bisa menggunakan media campuran dari tanah, pupuk kompos/kandang dan arang dengan perbandingan sama yaitu 1:1:1. Media ini akan memberikan cukup nutrisi untuk pertubuhan bibit. Selain itu, tingkat kepadatannya yang sedang akan memberi ruang pertumbuhan pada bibit. Masukkan media tersebut ke dalam polybag.

3. Masukkan Bibit Tanaman


Selanjutnya, buatlah lubang pada media di polybag dengan ukuran 4-5 cm. Masukkan bibit (umbi) ke dalam lubang tersebut dan tutup dengan media tanam lagi. padatkan tanah di sekitar bibir dengan menekan secara perlahan.

4. Lakukan Penyiraman


Langkah terakhir yaitu siram dengan air secukupnya dan letakkan di tempat yang cukup sinar matahari. Tunggulan hingga bibitnya tumbuh dan menghasilkan bunga.


Cara Merawat Bunga Sedap Malam Agar Tidak Layu


Keberhasilan penanaman bibit bunga sedap malam tidak hanya didasarkan pada kualitas bibitnya, melainkan perawatannya. Oleh karena itu, perawatan yang baik perlu dilakukan agar tanaman bisa tumbuh optimal.

Setelah menanam bibit sedap malam, lakukan penyiraman secara rutin. Seiring perumbuhan bunga, intensitas penyiraman perlu dikurangi. 

Selain itu, perlu mengganti media tanam secara rutin untuk menjaga ketersediaan nutrisi pada tanaman.Untuk merangsang pertumbuhannya, bisa juga menggunakan bantuan pupuk. Akan tetapi, tetap gunakanlah pupuk alami dan ramah lingkungan.

***

Nah, ituah tadi deskripsi cara menanam bunga sedap malam bisa dijadikan acuan dalam mengembangbiakkan sedap malam. Perlu diingat, dalam menanam bunga sedap malam, penyiraman terlalu berebihan akan membuat akarnya mudah busuk.