Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Cara Memilih Indukan Nila Berkualitas Baik

Cara Memilih Indukan Nila Berkualitas Baik

Memilih indukan ikan nila yang memiliki kualitas menjadi kunci sukses dalam usaha budidaya atau pembibitan ikan nila. Bagaimana caranya? simak artikel ini yang membahas seputar cara memilih indukan nila berkualitas baik.

Sama halnya ketika memilih indukan lele, pemilihan indukan nila dengan tepat tentu saja menjadi faktor utama penentu keberhasilan usaha budidaya Anda. 

Dalam usaha budidaya ikan nila, pemilihan indukan berkualitas merupakan suatu hal yang harus terpenuhi. Indukan berkualitas sangat berpengaruh terhadap kualitas bibit yang dibudidayakan. Saat ini, sangat mudah ditemui penjual indukan Ikan nila di pasaran. Hanya saja sebagai pelaku usaha budidaya perlu sangat jeli memilih indukan.

Sekilas Tentang Ikan Nila


Sebelum sampai pada pembahasan inti dalam postingan kali ini, kita ulas dulu sedikit tentang ikan nila. 

Ikan nila (Oreochromis sp.) memiliki sejarah panjang di Tanah Air. Ikan nila bukanlah ikan yang berasal dari Indonesia, melainkan awalnya didatangkan dari Taiwan pada tahun 1969 sehingga awalnya disebut sebagai ikan nila ’69. 

Seiring berjalannya waktu Ikan Nila ternyata mendapat tempat dan dapat bersaing di pasar ikan konsumsi, sehingga budidaya ikan nila ini berkembang pesat seiring dengan permintaan pasar yang terus naik.

Cara Memilih Indukan Nila Yang Baik dan Benar


Bisnis pembibitan ikan nila menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dalam sub bisnis Ikan Nila. 

Dalam bisnis pembibitan itu sendiri, pemilihan indukan berkualitas sangatlah mutlak bagi keberhasilan usaha Anda.  Oleh sebab itu, berikut kami sajikan beberapa tips dan cara memilih indukan nila untuk mendapatkan induk ikan nila yang berkualitas

1. Usia Minimum


Indukan  baik setidaknya telah beruasia 8 bulan, karena diketahui ikan nila secara umum telah dapat bertelur pada usia 8 bulan. Usia minimum ini perlu diketahui agar indukan nila yang dipilih memang berada dalam fase siap kawin dan memijah. Tanyakan kepada penjual induk tentang hal ini.

2. Berat minimum


Berat yang ideal bagi indukan jantan adalah 450 gram, dan indukan betina 400 gram. Berat minimum ini perlu diperhatikan karena dalam pemijahan indukan akan membutuhkan banyak energi, sehingga ikan yang berada dibawah berat ideal dikhawatirkan tidak memiliki energi cukup untuk melakukan pemijahan secara optimal.

3. Kondisi fisik ideal atau tidak cacat


Kondisi fisik ideal ini secara umum berupa bentuk tubuh normal dan tidak ada cacat pada fisik ikan, selain itu dapat pula diperhatikan bentuk sisiknya yang ukurannya besar dan tersusun rapi. Indukan yang baik juga memiliki bentuk kepala yang relatif lebih kecil daripada bagian tubuhnya dan berdaging tebal.

Dilihat dari jenis kelaminnya, indukan jantan idealnya memiliki perut yang lansing dan berwarna lebih cerah dari biasanya. Untuk indukan betina, dapat dilihat dair bentuk perut yang agak gendut (menonjol) dan warna yang sedikit lebih cerah dari biasanya.

4. Bagian genital


Bagian genital atau alat kelamin juga dapat menunjukkan bahwa ikan tersebut berada dalam kondisi yang siap untuk kawin. Pada indukan jantan yang baik ditandai dengan bagian alat kelamin berwarna merah dan disertai bintik-bintik merah di sekitarnya. Selain itu idealnya memiliki genital dengan panjang hingga menyentuh sirip anal. Untuk indukan betina yang baik ditandai dengan adanya urogenital yang membulat, memerah, dan sudah terbuka.

5. Aktifitas di Kolam


Indukan yang baik juga dapat dilihat dari aktivitasnya di kolam. Indukan yang baik menunjukkan tanda lain berupa gerakannya yang cenderung lincah. Hal ini sangatlah diperlukan agar ikan mau kawin nantinya saat sudah berada di kolam pemijahan.

6. Belilah Indukan Nila di tempat terpercaya


Pastikan membeli indukan di tempat terpercaya seperti perikanan yang sudah memiliki nama, baik peremrintah atau swasta.  Syukur bisa mendapatkan Indukan yang bersertifikat terpercaya.

Pada intinya, pemilihan induk adalah kunci dalam pemijahan Ikan Nila. Pastikan mendapat Indukan terbaik, jika ragu silakan bertanya kepada komuntis Anda.

***

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih indukan nila yang berkualitas. Jika memiliki pengalaman lain tentang pemilihan induk jangan ragu berbagi dikolom komentar. Terima kasih...