Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Dari Awal

6 Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Dari Awal

Usaha Laundry merupakan usaha rumahan yang bisa dimulai dari awal dengan modal kecil. Usaha laundry rumahan saat ini menjadi salah satu bisnis yang sedang booming dan termasuk dalam jajaran bisnis yang memiliki peluang dan prospek yang cukup menjanjikan, sebab di zaman yang serba praktis seperti sekarang ini banyak masyarakat yang memiliki gaya hidup super sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian sendiri.

Bukan hanya bisnis salon kecantikan dan bengkel las kanopi sebagai usaha rumahan yang memiliki target pasar yang baik. namun demikian pula dengan usaha laundry ini yang target pasarnya tidak akan pernah habis yang membuat usaha patut dilirik karena bisa menghasilkan keuntungan yang besar untuk anda jika dikelola dengan manajemen yang baik dan professional. 

Selain itu, jika anda telah mahir berbisnis dan memiliki pelanggan setia yang cukup banyak anda juga patut memikirkan untuk membuka usaha pembuatan dan penjualan kebutuhan perlengkapan laundry seperti detergen, parfum laundry, pelicin dan pelembut pakaian dan sebagainya. 

Berikut ini merupakan cara membuka usaha laundry rumahan. Namun sebelum Anda memulai usaha laundry di rumah, beberapa hal penting dibawah ini perlu Anda perhatikan agar usaha laundry Anda bisa sukses dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

1. Tempat/Lokasi


Tempat menjadi salah satu hal yang penting ketika anda memutuskan untuk berbisnis. Anda harus tepat memilih lokasi untuk bisnis anda. Anda harus memilih lokasi yang strategis dan ramai penduduk karena anda juga harus memikirkan dari segi pengiriman atau delivery.

2. Mesin Cuci dan Pengering(Dryer)


Disarankan untuk yang baru membuka usaha tidak perlu terburu nafsu mempunyai banyak mesin cuci dan pengering. Satu mesin cuci dan pengering cukup untuk anda yang baru membuka usaha. 

Berjalannya waktu, anda akan mempunyai pelanggan yang bertambah, barulah anda menambah pembelian mesin utnuk meringankan kerja anda tentu saja sesuai dengan budget yang anda miliki.

 3. Karyawan


Sebaiknya memilih karyawan yang domisilinya tidak jauh dari lokasi usaha anda dan disarankan menyediakan tempat atau ruangan menginap untuk karyawan anda jika karyawan anda harus bekerja lembur jika permintaan akan laundry sedang ramai.

4. Perabotan dan pelengkapnya


Tidak hanya mesin cuci dan mesin pengering saja yang anda butuhkan. Anda harus mempersiapkan peralatan lain seperti setrika, meja, kursi keranjang baju, ember, rak, lemari, plastic untuk baju, hanger, alat tulis, nota khusus, brosur untuk promosi dan sebagainya.

5. Kimia Laundry


Anda memerlukan Kimia Laundry untuk menyempurnakan usaha laundry anda seperti deterjen, softener, penghilang noda, pelicin pakaian, parfum laundry, dan sebagainya.Memilih kimia laundry yang berkualitas dengan harga yang wajar. 

6. Promosi


Publikasikan bisnis laundry anda dengan memasang pamflet, brosur, spanduk, iklan di internet dan radio dan sebagainya.

Itu dia kiat-kiat,tips atau cara membuka usaha laundry rumahan dari awal. Jika usaha laundry anda nantinya sudah berkembang berkat postingan ini, jangan lupa traktirannya ya. Selamat mencoba