Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Asuransi Jiwa Seumur Hidup, Kelebihan, kekurangan

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Apa itu asuransi jiwa seumur hidup? salah satu produk asuransi yang cukup banyak peminatnya adalah asuransi jiwa. Di dalam produk asuransi jiwa, ada berbagai produk turunan seperti Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance), Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance), Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance) dan Asuransi Jiwa Unit Link. 

Untuk asuransi jiwa seumur hidup sudah bisa dipahami jika asuransi jiwa yang satu ini berarti menanggungkan jiwa hingga seumur hidup. Untuk memahami hal penting terkait dengan kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa seumur hidup, baca terus postingan ini hingga selesai.

Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jiwa Seumur Hidup


Asuransi jiwa seumur hidup bisa diartikan sebagai asuransi jiwa yang memberikan masa proteksi atau memiliki kontrak hingga seumur hidup dari peserta asuransi. Walau demikian, pada kenyataannya banyak perusahaan asuransi yang juga membatasi manfaat atau masa proteksi hingga 100 tahun saja (mengingat sangat langka manusia yang memiliki umur di atas 100 tahun).

Asuransi jenis ini lebih sering diminati oleh mereka yang tidak memiliki tanggungan berupa keluarga / anak, ingin mendapatkan manfaat lebih dari hanya sekedar santunan / biaya kematian saja atau mereka yang tertarik untuk menabung dalam waktu yang lama. Jadi, jenis asuransi jiwa seumur hidup ini bisa berfungsi sebagai asuransi bisa juga sebagai tabungan yang bisa digunakan saat darurat seperti untuk membayar biaya rumah sakit.


Kelebihan


Asuransi jiwa yang satu ini memberikan beberapa keuntungan seperti; Pertama, pemegang polis / peserta asuransi memiliki kemungkinan untuk mendapatkan bunga (nilai tunai) dari premi yang sudah disetorkan. Kedua, jika pemegang polis suatu waktu tidak dapat membayar premi secara rutin, maka nilai tunai dari premi yang telah dibayar bisa digunakan untuk membayar premi tahap selanjutnya.

Ketiga, jika tidak ada klaim selama masa proteksi / masa kontrak, maka premi asuransi tidak akan hangus. Keempat, jika masa kontrak sudah habis, maka uang pertanggungan diberikan secara keseluruhan atau dengan sesuai dengan kesepakatan di awal.


Kekurangan


Jika dilihat dari sisi kelebihannya saja, memang jenis asuransi jiwa yang ini sangat menarik dan menguntungkan. Akan tetapi, coba perhatikan beberapa kekurangannya, yakni; Pertama, jumlah premi yang dibayarkan cukup besar bahkan bisa mencapai dua kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance).

Alasan kenapa preminya lebih besar adalah dikarenakan masyarakat Indonesia memiliki angka harapan hidup sekitar 65 tahun untuk pria dan 70 tahun untuk wanita. Inilah yang membuat kemungkinan klaim terjadi sebelum masa proteksi selesai sangat besar. Kedua, besaran nilai tunai dari total premi yang telah disetorkan tidaklah besar dikarenakan bunga asuransi jenis ini hanya 4% tiap tahunnya. Angka ini tidak termasuk pemotongan pajak dan lain-lain.


Kesimpulan


Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika asuransi jiwa seumur hidup memang memiliki keuntungan yang besar karena bisa dijadikan tabungan atau bahkan investasi. Akan tetapi jika yang didapatkan lebih pada manfaat menabung atau berinvestasi seperti investasi emas atau tanah, tentu hasilnya lebih besar investasi karena bagaimanapun, ini adalah asuransi yang mewajibkan anggotanya membayar premi berbeda dengan menabung atau investasi.

Dari kelebihan dan kekurangan yang sudah disebutkan di atas, maka bisa dengan mudah untuk membandingkan jenis asuransi yang satu ini dengan yang lainnya misal Asuransi Jiwa Berjangka, Asuransi Jiwa Dwiguna dan Asuransi Jiwa Unit Link. 

Tentunya, apa yang dimiliki oleh asuransi jiwa seumur hidup tidak dimiliki oleh produk asuransi lainnya. Artinya, setiap produk asuransi yang ditawarkan, pastilah memiliki daftar kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan. dari itu sebelum anda memutuskan untuk punya Asuransi pastikan anda mengetahui apa yang anda butuhkan. Semoga bermanfaat