Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sekilas Tentang Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka merupakan salah satu jenis asuransi jiwa dengan jangka tertentu sesuai dengan kesepakatan antara peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Tentunya, tujuan dari seseorang membeli produk asuransi jiwa adalah dengan mengharapkan mendapatkan keuntungan. 

Jika diperhatikan secara detail, ada beberapa jenis asuransi jiwa yang secara umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Diantaranya, ada produk asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa murni, dan asuransi jiwa berjangka

Khusus untuk produk asuransi jiwa berjangka ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang biasanya selalu menjadi perhatian bagi para peserta asuransi untuk menentukan apakah akan memilih produk ini atau tidak.


Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka


Asuransi jiwa berjangka adalah perlindungan asuransi yang memberikan jaminan asuransi kepada pemegang polis asuransi ( tertanggung ) selama jangka waktu tertentu, apabila terjadi resiko kematian selama kontrak asuransi berlangsung, maka pihak asuransi akan membayar sejumlah uang pertanggungan. 

Maksudnya, asuransi jenis ini adalah kebalikan dari asuransi jiwa seumur hidup. Sehingga dalam asuransi jiwa berjangka memungkinkan tertanggung memiliki jangka waktu yang panjang untuk masa proteksinya, dan pada akhirnya yang dikenal juga sebagai "term life insurance"

Term life insuransi ialah jenis asuransi yang memiliki fungsi memberikan proteksi kepada peserta asuransi / tertanggung selama waktu tertentu saja seperti 5, 10, 20 dan seterusnya. 

Jenis asuransi ini memiliki besaran premi yang harus dibayarkan yang bersifat tetap. Bahkan, bisa dikatakan murah. 

Biasanya peserta asuransi yang memiliki pendapatan atau kemampuan keuangan yang kecil dan terbatas memilih jenis asuransi jiwa berjangka ini termasuk juga mereka yang mengutamakan pendidikan anak atau masa depan keluarga. 

Jadi, jenis asuransi jiwa berjangka ini memiliki biaya premi murah sedangkan besaran uang tanggungan / asuransi cukup besar.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Berjangka


Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh asuransi jenis ini. Namun dibalik kelebihan itu, terdapat juga kekurangan dari asurasni jiwa berjangka yang perlu Anda ketahui. 

Kelebihan 


Pertama, peserta asuransi memiliki kebebasan untuk menentukan besaran premi yang nantinya akan didapatkan. Sehingga, ia bisa menentukan premi (kewajiban yang harus dibayar) sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Kedua, uang pertanggungan yang akan didapatkan oleh peserta asuransi / pemegang polis asuransi berjangka bisa sangat besar sekali bahkan mencapai angka miliaran rupiah. Jadi, ketika pemegang polis meninggal saat masa proteksi atau kontrak masih aktif, keluarga berhak mendapatkan uang pertanggungan yang jumlahnya cukup besar.

Kekurangan


Selain dua kelebihan yang mendasari banyak orang memilih asuransi jiwa berjangka, ada juga kekurangan yang sebagian besar tidak diperhatikan dengan seksama oleh para peserta asuransi jiwa ini. Padahal, jenis asuransi apapun, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang seharusnya menjadi perhatian serius hingga kemudian bisa menyimpulkan apakah asuransi tersebut akan memberikan keuntungan atau tidak.

Adapun kekurangan dari asuransi jenis ini peserta asuransi akan kehilangan uang premi secara keseluruhan jika tidak terjadi masalah kesehatan atau meninggal dunia selama masa kontrak. Jadi, jika masa kontrak proteksi sudah selesai sedangkan pemegang polis asuransi berjangka atau peserta asuransi tidak mengalami apa-apa, maka uang premi yang sudah disetorkan akan hangus begitu saja.

Inilah kenapa banyak peserta asuransi jenis ini yang merasa dirugikan ketika masa proteksi selesai tapi ia tidak dapat mengambil uang yang sudah dibayarkan tiap bulan hingga masa kontrak habis. Padahal,

jika dibaca persyaratan detail pada perjanjian kontrak asuransi ini, maka akan ditemui kalimat bahwa uang premi akan hangus jika tidak terjadi hal-hal yang disebutkan dalam surat perjanjian tersebut.

Seseorang mengambil polis asuransi jiwa berjangka  memang sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan uang. Berharap ingin mendapatkan perlindungan atau jumlah uang yang lebih besar, karena ketidakpahaman bagaimana produk asuransi jiwa berjangka ini kemudian merasa dirugikan.

Kesimpulan


Pada dasarnya, ketika masa proteksi peserta asuransi bisa saja merasa lebih tenang dengan hidupnya atau keluarganya dan walaupun tidak mendapatkan uang premi karena tidak terjadi apa-apa, rasa tenang tersebut sudah dialami selama masa proteksi.