Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Pakan Alternatif Ikan Lele Berkualitas Terbaik

9 Pakan Alternatif Ikan Lele

Harga pakan yang tinggi merupakan salah satu kendala bagi para pembudidaya lele. Tantangan ini bisa terjawab dengan pakan alternatif. Bagaimana para pembudidaya lele mengatasi dengan pakan alternatif? Apa saja pakan alternatif itu? kami sudah melakukan survei kepada pelaku pembudidaya lele mengenai pakan alternatif ikan lele berkualitas terbaik.

Salah satu permasalahan dari lele adalah mahalnya pakan, terutama pakan pabrikan. Harga yang semakin mahal dan terkadang ketersediaannya tidak menentu. Namun hal ini bukan masalah bagi para petani, dengan ide cemerlang dan kratifitas mereka menemukan solusinya dengan menggunakan pakan alternatif.

Pemilik usaha budidaya ikan lele umumnya yang digunakan adalah Cacing Tanah, namun ada pakan alternatif ikan lele yang tidak kalah bagus kualitasnya dari cacing tanah. Apa saja itu? inilah yang akan kami bahas dalam postingan kali ini.

9 Pakan Alternatif Ikan Lele Dengan Kualitas Terbaik 


Beberapa waktu lalu Analisausaha.id melakukan survei terhadap para pelaku budidaya ikan lele melalui group facebook (Komunitas Peternak Ikan Lele)  untuk tau apa saja makanan alternatif ikan lele itu. 

Pihak kami bertanya tentang apa saja pakan alternatif ikan lele yang digunakan? Lalu apa saja ide dari mereka mengenai pakan alternatif lele? Simak rangkumannya berikut ini mengenai pakan alternatif ikan lele berkualitas terbaik.

1. Maggot


Maggot salah satu favorit bagi peternak ikan lele. Maggot adalah fase metamorfosa pada lalat atau larva lalat atau belatung. Magot ini memiliki protein tinggi yg dibutuhkan untuk pertumbuhan lele. 

Maggot bisa dibudidayakan. Berdasarkan data dari MSN, Maggot bisa hidup dengan mudah di area sampah, tetapi sampahnya adalah sampah organik basah, seperti sayur atau sisa makanan. 

Sudah banyak petani yang mengembangkan Maggot ini, baik digunakan pakan ternak sendiri atau dijual kembali.


2. Keong Sawah


Keong mempunyai kandungan protein yang tinggi. Keong bisa ditemukan ditemukan di sawah, sungai, rawa, dan pinggir danau. Keong sawah hidup di perainran dangkal, berlumpur dan ditumbuhi rerumputan air. 

Binatang ini lebih menyukai perairan yang airnya jernih dan bersih.  Binatang ini juga bisa dibudidayakan di kolam.  

Keong ini merupakan hama dari padi sehingga ketika diambil akan menguntungkan petani juga pembudidaya ikan.

3. Bekicot


Bekicot adalah keong kampung. Bisa ditemui di sekitar lingkungan rumah. Berbeda dengan keong sawah, bekicot cendurung berada di sekitar rumah. Pastikan ketika mencari bekicot tidak terkontaminasi dengan pestisida.

4. Cacing Tanah


Cacing tanah bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Cacing tanah sudah menjadi pakan alternatif umum bagi pembudidaya lele. Selain proteinnya tinggi cacing tanah juga mudah ditemukan. Cacing tanah bisa dibudidayakan oleh pembudidaya ikan lele.

5. Ikan Rucah


Ikan rucah merupakan ikan kecil yang jarang dimanfaatkan, baik ikan laut atau ikan air tawar. Ikan rucah bisa ditemukan di lingkungan sekitar, baik mencari sendiri di sungai atau membeli dari nelayan. 

Biasanya nelayan akan menjual ikan rucah ini dengan harga murah karena jarang dimanfaatkan. Biasanya ikan rucah ini digunakan sebagai bahan pembuat pelet sebagai pakan alternatif dari pakan pabrikan ikan lele.

6. Tanaman atau Dedaunan


Tanaman juga bisa menjadi pakan alternatif lele. Azzola, kangkung, dll. Azzola merupakan makanan berprotein lumayan sekitar 25-35%. Selain azzola daun pepaya, daun singkong juga bisa menjadi alternatif pakan lele.

7. Unggas


Nah jika mempunyai tetangga peternak ayam, pembudidaya lele bisa memanfaatkan limbah unggas yang mati. Memanfaatkan unggas sebagai makanan alternatif ikan lele.  

Ada baiknya limbah jangan lansung diberikan kepada lele namun diolah terlebih dahulu dengan merebusnya.  Tujuannya untuk menghilangkan penyakit dan bulu-bulu.  Selain direbus pembudidaya juga membakarnya lalu memberikan kepada Lele.

8. Ampas tahu


Ampas tahu bisa digunakan sebagai alternatif pakan lele. Ampas tahu diolah sedemikian rupa biasanya dicampur dengan ikan sebagai penambah protein lalu diubah menjadi pakan alternatif lele.

9. Usus Ayam


Usus ayam bisa ditemukan di pasar-pasar atau pusat penyembelihan ayam. Biasanya usus ini disortir, yang bagus digunakan untuk keripik dan sisanya untuk pakan lele. Peternak biasanya merebus usus ini sampai matang lalu memberikannya ke lele.

***

Diatas merupakan pakan alternatif yang dapat mempercepat tumbuh kembang lele. Tak hanya itu, menggunakan pakan alternatif dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha budidaya lele untuk menekan biaya untuk pakan. Semoga bermanfaat.