Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Cara Memilih Indukan Lele Berkualitas

Cara Memilih Indukan Lele

Cara memilih indukan lele berkualitas | Pembibitan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni. Alternatif bagi Anda yang memulai usaha pembibitan adalah membudidayakan ikan lele. 

Seiring dengan semakin diterimannya ikan Lele di  masyakarat karena kandungan gizinya yang lengkap dan cita rasanya yang khas, peluang pasar yang terbentuk juga akan semakin meningkat seiring kebutuhan ikan Lele. Dibantu dengan mudahnya pemasaran bibit lele baik secara online maupun online yang akan mempermudah penjualan hasil pembibitan.  

Oleh sebab itu usaha pembibitan Lele menjadi kunci utama dalam siklus usaha budidaya ikan lele dan diperhitungkan dari segi bisnisnya. 

Dalam pembibitan ikan Lele, pemilihan induk Lele berkualitas merupakan suatu hal mutlak agar usaha pembibitan dapat bersaing di pasaran. Dengan pemilihan indukan yang tepat akan menghasilkan bibit Lele yang berkualitas, memiliki kemampuan bertahan hidup tinggi, efisien dalam menyerap pakan, kesiapan untuk dipijahkan/dikawinkan dan tahan dari bibit penyakit. 

Memilih indukan lele yang tepat merupakan salah satu kunci dalam keberhasilan usaha pembibitan Lele. Berikut ini kami sajikan 8 cara memilih indukan lele berkualitas yang bisa dijadikan sebagai tips atau referensi terpercaya untuk anda yang ingin memulai usaha pembibitan ikan lele.


1. Tentukan Jenis Indukan Lele


Penentuan ini dapat didasarkan pada jenis Lele yang sudah umum dibudidayakan seperti lele lokal, lele jumbo, lele phyton, lele mosama, maupun lele sangkuriang. 

Penentuan ini dimaksudkan agar bibit lele yang kita jual nantinya dapat diterima pasar dengan mudah. Untuk memilih jenis lele, Anda dapat menanyakan jenis lele yang umum dibudidayakan di daerah Anda pada petani/pembudidaya yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

2. Pilih Indukan Lele Dengan Organ Tubuh Yang Lengkap dan Normal


Pemilihan ini dapat dengan mudah Anda lakukan dengan melakukan pengecekan pada tubuh lele, mulai dari bagian ujung kepala hingga ekor. Dengan memastikan tidak ada cacat pada fisik Lele. Pemilihan lele dengan organ tubuh yang lengkap dan normal dimaksudkan agar bibit yang dihasilkan tidak mengalami cacat tubuh akibat kondisi fisik indukan yang tidak ideal.

3. Pastikan Indukan Ikan Lele Sudah Berusia Dewasa


Hal ini perlu Anda pastikan agar indukan yang dipilih memang sudah siap untuk kawin atau memijah. Usia yang ideal Lele untuk indukan betina adalah yang berusia minimal 1,5 tahun dan untuk indukan jantan adalah yang berusia minimal 1 tahun. Indukan lele yang baik memiliki berat setidaknya 1 kg per ekornya.

Belum tahu memijahkan lele? cara pemijahan ikan lele yang baik dan benar bisa anda pahami pada artikel sebelumnya.

4. Amati Kondisi Indukan Lele


Kondisi tubuh indukan yang ideal dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda dalam menghasilkan bibit yang berkualitas. Untuk betina pilih yang bentuk tubuhnya gemuk tidak berlemak, dan untuk pejantan dapat dipilih yang bentuk tubuhnya langsing dan rongga perut tidak berlemak.

5. Pastikan Indukan Lele Gerakannya Lincah


Lihat ketika di kolam apakah gerakan lincah atau tidak, ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa kondisi induk sehat dan siap untuk dipijahkan, serta mempengaruhi produktifitas ikan.

6. Bertanya Mengenai Hasil Pembibitan dari Rekan


Menanyakan hasil indukan kepada rekan pegiat usaha pembibitan ikan itu juga tidak kalah penting.  Petani ikan yang berpengalaman akan membimbing anda menentukan jenis lele apa yang mudah dikembangkan dan dipasarkan.

7. Melihat Riwayat Keturunan Indukan Lele


Pastikan indukan lele berasal dari keturunan yang bagus dan sehat. Ketahui riwayatnya, bagaimana penyakitnya, penanganannya, pakannya, lingkungannya, dll.

8. Sertifikat Dari Lembaga Terkait


Lembaga atau dinas terkait biasanya memberikan sertifikat terhadap induk Lele tertentu. Tanyakan kepada pihak terkait mengenai hal ini. Biasanya induk Lele yang tersertifikasi akan banyak dibudidayakan oleh petani di sekitar Anda, karena kecocokan dan kualitasnya.

Mengenai pemilihan induk Lele ini diperlukan kejelihan, juga konsultasi kepada sesama pelaku pembibitan ikan Lele.  Untuk anda yang baru pertama, disarankan untuk bertanya terlebih dahulu kepada sesama pembudiaya ikan yang sudah pernah.  Jangan sampai salah dalam memilih bibit ikan Lele.

***

Bagaimana kesulitan Anda selama memilih indukan lele yang berkualitas? Setelah memahami 8 cara  diatas sebagai solusi agar bisa mendapatkan indukan ikan lele yang memiliki kualitas terbaik. Namun, Jika ada masukan, masalah, atau apapun berkaitan dengan tips memilih indukan lele, silakan tulis di kolom komentar.

Post a comment for "8 Cara Memilih Indukan Lele Berkualitas "