Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Cara Mudah Menanam Bougenville di Rumah Agar Cepat Berbunga

Cara Mudah Menanam Bougenville

Cara mudah menanam Bougenville di rumah
  | Bougenville sangat menarik untuk dikembangkan. Baik sebagai tanaman hias rumahan maupun untuk usaha. Bagaimana Bougenville bisa dikembangkan? berikut ulasan lengkap kami.

Bougenville merupakan salah satu tanaman hias yang sering dijadikan pelengkap dekorasi taman depan rumah. Warna-warni cantik akan membuat rumah terlihat lebih menawan dan ceria. 

Bougenville ini umumnya ditanam pada salah satu sudut rumah. Tak jarang juga merambat di sebagian sisi atap sehingga rumah menjadi rindang. Tahukah Anda, cara menanam bougenville sangatlah mudah sehingga bisa dibudiayakan sendiri? 

So, inilah ulasan lengkap mengenai cara mudah menanam Bougenville dengan 3 teknik yang mungkin saja belum anda ketahui.


Sekilas Tentang Bougenville 


Bougenvile adalah tanaman hias berasal dari Amerika Selatan. Bentuk  bunga ini sangat khas dengan seludang berwarna-warni dan cantik. Sayangnya, banyak orang salah mengira bahwasannya seludang ini adalah mahkota bunga. Padahal, bunga bougenville sendiri berada di tengah seludang dengan ukuran kecil. Seludang ini hanyalah bagian pelindung bunga.

Bunga bougenville sering disebut sebagai bunga kertas. Hal ini tidak mengherankan karena seludang bunga ini memang memiliki tekstur menyerupai kertas. Batang tanaman hias ini sangat kecil dan bisa tumbuh hingga 10 meter. Oleh karena itu, bunga ini tidak bisa tumbuh tegak tanpa adanya penyangga.


10 Manfaat Bougenville Untuk Kesehatan


Selain berfungsi untuk mempercantik rumah, ternyata tanaman Bougenville juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Adapun manfaat Biugenville untuk kesehatan tubuh yaitu:
  1. Mengobati resistensi insulin yang bisa menyebabkan diabetes karena mengandung senyawa pinitol.
  2. Menyeimbangkan kandungan kolesterol dalam tubuh.
  3. Mengobati masalah pencernaan seperti sembelit hingga diare.
  4. Mengatasi batuk.
  5. Mencegah hipertensi karena meminum ekstrak Bougenville dapat mengatur tekanan darah.
  6. Sebagai sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan kesehatan kulit.
  7. Dapat membunuh bakteri penyebab penyakit dalam tubuh seperti E coli, S typhi serta beberapa spesies lainnya.
  8. Mencegah terjadinya peradangan pada lambung.
  9. Sebagai antibiotik.
  10. Salah satu keunggulan dari tanaman Bougenville adalah semua bagian tanamannya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai dari bagian bunga, daun hingga akarnya memiliki senyawa yang baik untuk tubuh dan melawan penyakit.

Setelah mengetahui manfaat dari bunga bougenville, sekarang kita akan masuk ke dalam inti pembahasan. simak hingga selesai ya!


Cara Mudah Menanam Bougenville


Sebagai salah satu bunga yang mudah hidup di daerah tropis menjadikan Bougenville mudah untuk ditanam meskipun hanya dirumah. Bunga ini tidak memerlukan perhatian atau metode khusus agar hasil penanaman sukses dan cepat berbunga. 

Berikut, cara menanam bunga Bougenville juga bisa dilakukan dengan banyak cara dan mudah.

1. Cara Menanam Bougenville Menggunakan Benih


Penanaman menggunakan benih merupakan cara penanaman yang alami. Akan tetapi, metode ini tidak memiliki keberhasilan tinggi. Apalagi jika benih yang ditanam memiliki kualitas buruk. Penanaman menggunakan benih bisa memanfaatkan media tanah campuran untuk mendapatkan hasil terbaik. Hal ini dikarenakan media campuran memiliki pori-pori yang cukup untuk rongga udara dan penyerapan air.

Langkah-langkah menanam Bougenville dengan menggunakan benih yaitu:
  • Langkah pertama persiapkan benih bunga Bougenville. Benih ini bisa diperoleh dari indukan yang sudah berumur dan tentunya berkualitas.
  • Selanjutnya siapkan media tanam yang berasal dari campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan yang sama.
  • Setelah itu, masukkan benih yang sudah kering ke dalam media tanam dan siram air secukupnya.
  • Tunggulah selama seminggu hingga benih berkecambah dan mengeluarkan daun. Lakukan perawatan secara rutin hingga memiliki tinggi sekitar 30 cm dan bisa dijadikan bibit untuk ditanam pada wadah yang lebih besar.


2. Menanam Bougenville dengan Teknik Stek


Penanaman dengan teknik stek merupakan salah satu bentuk perkembangbiaka secara vegetatif paling banyak digunakan, karena lebih mudah dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Dalam teknik ini, bibit yang digunakan merupakan batang Bougenville yang sudah berumur. 

Adapun langkah-langkah menanam bougenville dengan teknik stek yaitu:
  • Pertama-tama persiapkannya media tanaman yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan media campuran.
  • Setelah, pilihlah batang Bougenville terbaik dan cukup berumur. Pilihlah batang yang masih segar.
  • Selanjutnya potong batang dengan menggunakan cutter atau pisau dengan panjang secukupnya sekitar 10-15 cm. Potonglah secara diagonal atau menyerong sehingga nanti ada bagian yang runcing (lancip).
  • Kemudian tancapkan batang yang telah dipotong ke media tanah yang telah disiapkan sebelumnya. Tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 cm.
  • Setelah itu siram tanaman secukupnya.
  • Kemudian tunggulah hingga batang tersebut mengeluarkan tunas dan tumbuh dengan baik hingga mengeluarkan bunga. Sebaiknya stek dilakukan pada pagi atau malam hari untuk meningkatkan keberhasilan.


3. Menanam Bougenville dengan Teknik Sambung Pucuk (Okulasi)


Sama seperti teknik stek, sambung pucuk juga merupakan perkembangbiakan secara vegetatif. Teknik ini dulu memang jarang digunakan. Namun, saat ini menjadi salah satu tren untuk menanam bougenville karena bisa menghasilkan bunga dengan banyak warna dalam satu pohon. Jadi, nantinya penanaman dilakukan dengan menyambungkan bagian pucuk batang.  Nah, bagian pucuk ini bisa diambil dari bunga dengan warna atau jenis bougenville berbeda.

Adapun cara menanam Bougenville dengan teknik sambung pucuk (okulasi) yaitu:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan bibit tanaman Bougenville yang akan ditanam sebagai pucuk maupun bagian bawahnya. Pilihlah cabang yang masih muda dan segar dengan warna kehijauan. Pastikan semua batang yang akan disambungkan memiliki diameter yang sama.
  • Setelah itu, potong batang bagian bawah secara horizontal dan belah bagian tengahnya (diameter).
  • Selanjutnya potonglah bagian pucuknya juga secara horizontal dan sisir bagian pangkal batang agar menjadi tipis. Usahakan sekali iris agar permukaannya rata. Bersihkan daun-daun pada batang dan sisakan beberapa helai saja.
  • Kemudian selipkan pangkal batang bagian atas ke ujung batang bagian bawah yang telah dibelah tadi. Usahakan permukaan keduanya saling menempel dengan baik.
  • Langkah berikutnya yaitu ikat bagian yang disambung dengan menggunakan tali.
  • Setelah itu, tutup bagian yang disambung tersebut dengan menggunakan plastik untuk menjaga kelembabannya dan mengurangi penguapan.
  • Langkah terakhir, letakkan tanaman hasil sambung pucuk tersebut di tempat yang teduh.

Cara Merawat Bougenville Dengan Benar


Setelah melakukan penanaman tersebut Anda juga harus melakukan perawatan agar tanaman bisa tumbuh optimal dan menghasilkan banyak bunga menawan. Adapun bentuk perawatan tanaman Bougenville yaitu:

1. Penyiraman


Bunga Bougenville sendiri termasuk dalam tanaman beriklim tropis sehingga tidak memerlukan banyak air. Penyiraman bisa dilakukan seperlunya hanya untuk menjaga kelembabannya. Selain itu, penyiraman ini juga harus dilakukan secara teratur.

2. Pemupukan


Selain penyiraman, Anda juga perlu memupuk ulang bunga bougneville. Pemupukan ulang bisa dilakukan dengan mengganti media tanam secara teratur atau langsung menambahkan pupuk ke dalam media tanam. Pemupukan ini tidak perlu dilakukan terlalu sering, cukup agar tanaman tidak kehabisan nutrisi,

3. Pencegahan Hama


Agar tanaman tetap tumbuh dengan baik, maka tanaman perlu dijaga agar tidak terserang hama. Salah satunya yaitu dengan meletakkan tanaman di tempat yang cukup cahaya matahari sehingga proses fotosintesis bisa berjalan dengan optimal. Selain itu, jika ada salah satu bagian batangnya yang terkena hama bisa langsung dipotong agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

***

Nah, itulah tadi ulasan cara mudah menanam Bougenville yang bisa Anda lakukan di rumah agar cepat berbunga. Selamat mencoba.