Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuka Tabungan Deposito Di Bank Bri Dalam 5 Langkah Mudah

Hanya membutuhkan lima langkah mudah untuk membuka tabungan deposito di Bank BRI. Bagaimana caranya? baca terus artikel ini sampai selesai

Salah satu produk perbankan dari Bank BRI yang juga banyak peminatnya adalah deposito. Di mana suku bunga deposito Bank BRI cukup kompetitif serta hitungan bunga yang berdasarkan jumlah hari, membuat jenis tabungan ini mampu memberikan rasa aman pada nasabahnya. Sehingga kerap dijadikan alternatif investasi bagi hampir semua kalangan, termasuk diantara para investor pemula. 

Deposito juga bisa dijadikan jaminan kredit ketika Anda membutuhkan yang bisa digunakan dalam keadaan tertentu. Yang menarik, meskipun deposito telah dijadikan jaminan pinjaman ke Bank, Anda masih bisa menikmati bunga dari tabungan berjangka tersebut, hingga jangka waktu atau tenornya berakhir. 

Cara Membuka Deposito Di Bank Bri

Setelah membaca artikel ini, Anda akan tahu bagaimana cara membuka tabungan deposito di Bank BRI. Namun sebelumnya, beberapa hal penting tentang deposito Bri juga Anda harus tahu ya!

Tiga Jenis Produk Deposito di Bank BRI 


Sebelum memutuskan untuk membuka tabungan deposito di Bank BRI, sebaiknya Anda juga mengetahui produk deposito apa saja yang ditawarkan oleh BRI. Berikut ini adalah ketiga produknya. 

1. Deposito BRI Rupiah


Deposito yang pertama merupakan deposito dalam mata uang rupiah. Untuk jangka waktu atau tenor muai dari 1, 3, 6, 8, 12, 18, 24, atau 36 bulan. 

Sementara untuk setoran awal minimal Rp. 10.000.000,-. Untuk tenor satu bulan dengan nominal deposito di bawah 100 juta rupiah, atau investasi mulai dari 100 juta rupiah hingga maksimal 2 milliar rupiah, suku bunga terendah akan diterima sebesar 4,25%. 

Sedangkan untuk simpanan serupa dengan tenor hingga 36 bulan maka suku bunga tertingginya berada di 5,25%. 

2. Deposito BRI Valas


Deposito BRI yang kedua yaitu deposito valas atau uang asing. Dimana ada ketentuan untuk setoran minimalnya, yaitu USD 1.000, GBP 1.000, JPY 150.000, AUD 2.000, EUR 1.500, HKD 10.000, juga SGD 2.000 atau CNY 8.000.

3. Deposito Internet Banking


Jenis tabungan deposito yang ketiga adalah deposito internet banking. Di mana nasabahnya harus memiliki user Internet Banking serta telah melakukan registrasi finansial. Sementara untuk setoran  minimalnya mulai dari Rp. 5.000.000 hingga Rp. 100.000.000,-.

Keuntungan Deposito Berjangka BRI


Mengenai keuntungan yang bisa didapat dari tabungan berjangka Bank Rakyat Indonesia, sebagai berikut; 
  • Pencairan dana deposito biasanya akan dilakukan dengan beberapa cara, seperti dengan cara tunai, ditransfer ke rekening bank lain atau dipindahbukukan ke rekening tabungan lain yang tercatat di BRI. 
  • Perpanjangan deposito BRI dilakukan secara otomatis atau ARO (Automatic Roll Over). Di mana perpanjangan tabyngan akan langsung dilakukan tanpa menunggu persetujuan baru dari nasabah. 
  • Tabungan deposito BRI juga telah dilindungi oleh Asuransi Dwiguna yang akan memberikan rasa aman yang lebih kuat lagi bagi nasabahnya. 

Syarat Membuka Tabungan Deposito Di Bank BRI


Untuk syarat membuka tabungan deposito Bank BRI dari jenis keduanya sebetulnya sama. Hanya saja, jika Anda adalah seorang WNA (Warna Negara Asing), maka sebaiknya membawa beberapa dokumen lain, seperti KITAS atau Passport yang masih berlaku. 

Dan berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda persiapkan, sebelum Anda memutuskan untuk membuka tabungan deposito di Bank BRI. 
  • Membawa identitas diri, baik itu e-KTP, SIM maupun paspor. Pastikan masih berlaku dan dalam kondisi baik serta bisa dibaca.
  • Sebaiknya membawa NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  • Telah memiliki tabungan di Bank BRI.
  • Mengisi formulir permohonan pembukaan deposito.
  • Menyerahkan minimal dana sebesar Rp. 10.000.000,-.

Setelah melengkapi persyaratan di atas, selanjutnya Anda hanya tinggal mendatangi Kantor Cabang BRI terdekat di kota Anda. Pastikan Anda datang pada jam kerja, yang  biasanya dimulai dari 08.00 hingga 14.30 wib.

Cara Membuka Tabungan Deposito Di Bank Bri Dalam 5 Langkah Mudah!


Bila Anda belum memahami bagaimana cara membuka deposito di Bank BRI, Berikut lima langkah yang harus Anda ikuti, yaitu:
  1. Minta nomor antrian pada sekuriti yang menjaga di dalam bank. Minta antrian khusus ke customer service untuk mengajukan deposito. 
  2. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil customer service kemudian sampaikan maksud Anda untuk membuka tabungan deposito BRI. Kemukakan pula dana yang akan diinvestasikan. 
  3. Isi formulir yang diberikan oleh customer service, pastikan Anda mengisi setiap kolomnya dengan data yang benar. Kemudian serahkan kembali untuk diperiksa dan diklarifikasi oleh pihak bank. 
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses persetujuan tabungan deposito disetujui dan customer servive akan memberikan dokumen-dokumen penting berupa slip ataupun surat. Di mana di dalamnya ada pernyataan yang menyatakan bahwa Anda telah memiliki deposito dengan nilai sekian serta tenor sekian.
  5. Pada dokumen tersebut, Anda juga bisa melihat tanggal jatuh tempo tabungan Anda. Dan sebaiknya dokumen tersebut disimpan sebaik mungkin.

Jika Saat ini Anda sudah tertarik untuk membuka tabungan deposito di Bank BRI, Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang terdekat atau menghubbungi call center BRI di 14017 atau 1500017. Anda juga bisa mengirim email ke callbri@bri.co.id atau mengkases langsung di website Bank BRI.

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Bri


Karena kita sedang membahas seputar deposito, tak lengkapnya rasanya jika kita tidak membahas bagaimana cara menghitung bunga Deposito Bank BRI, karena deposito punya rumus hitungnya sendiri. Dalam hitung-hitungannya, kamu mesti pertimbangkan jangka waktu dan pajak deposito. 

Rumus Menghitung Bunga Deposito

Bunga Deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) * Jumlah Bulan Tenor
Pajak bunga deposito sebesar 20 persen.

Contoh: bunga deposito di Bank BRI sebesar enam persen buat tenor tiga bulan. Sementara dana yang didepositokan sebesar Rp100 juta. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara buka deposito di Bank BRI. Setelah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Terima kasih...

Post a comment for "Cara Membuka Tabungan Deposito Di Bank Bri Dalam 5 Langkah Mudah"