Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Ciri Ciri Asuransi Kesehatan Terbaik

6 Ciri Ciri Asuransi Kesehatan Terbaik

6 ciri ciri asuransi kesehatan terbaik - para nasabah kerap bingung memahami ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik. Beberapa tips ini membantu Anda untuk menentukannya dan merancang masa depan terbaik.

Memilih asuransi kesehatan memang bukan hal yang mudah. Dibutuhkan pertimbangan khusus dan cermat supaya tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan pihak asuransi. Untuk itu, sebelum menjatuhkan pilihan, kenali terlebih dahulu seperti apa ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik?

Sebetulnya, tidak sulit untuk memahami seperti apa asuransi kesehatan yang berkualitas. Mari simak ciri-cirinya dan jaga kesehatan Anda di masa depan:

1. Memberikan Jaringan Rumah Sakit yang Besar


Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan pada saat memilih asuransi kesehatan. Sebuah asuransi dengan jaringan rumah sakit yang terbatas akan merepotkan Anda saat berobat atau melakukan rawat inap. 

Sebelum membubuhkan tanda tangan pada suatu perjanjian asuransi, pastikan bahwa Anda sudah bertanya mengenai jaringan rumah sakit yang dijangkau oleh asuransi. Pastikan ia bisa menjangkau berbagai rumah sakit di Indonesia sehingga Anda bisa berobat bahkan ketika sedang berada di luar kota sekali pun.


2. Premi yang Sesuai dengan Fasilitas yang Didapatkan


Semakin tinggi biaya premi asuransi, tentu akan semakin banyak fasilitas yang Anda dapatkan di dalam sebuah plafon asuransi. Namun, Anda harus mencermati apakah sebuah plafon asuransi memberikan fasilitas yang memang layak sesuai dengan premi yang Anda bayarkan.

Anda tidak boleh malu bertanya kepada agen asuransi mengenai penyakit jenis apa yang akan ditanggung oleh plafon yang Anda pilih dan tipe kamar seperti apa yang Anda dapatkan jika Anda harus melakukan rawat inap. Selain itu, pilih premi yang memang sesuai dengan bujet Anda supaya tidak terjadi pembengkakan pengeluaran di masa depan.

3. Menyediakan Opsi Rawat Inap dan Rawat Jalan


Ada dua jenis asuransi kesehatan yakni asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap. Asuransi rawat inap memberikan Anda tanggungan pada saat harus opname dengan pilihan kelas tertentu. Anda wajib membayar biaya tambahan jika ingin menaikkan kelas kamar Anda.

Sementara itu, asuransi rawat jalan memberikan Anda tanggungan untuk pengobatan tanpa opname, misalnya seperti konsultasi dokter, rontgen, terapi rutin, dan sebagainya. 

Asuransi kesehatan yang berkualitas dan lengkap akan memberikan Anda kedua pilihan tersebut. Ambil jenis asuransi yang memang sesuai dengan penyakit Anda. Namun, jika bujet Anda mencukupi, tidak masalah mengambil keduanya.


4. Memiliki Sistem Cashless


Berdasarkan metode pembayaran, terdapat dua jenis asuransi. Pertama adalah asuransi dengan sistem reimburse dan yang kedua adalah asuransi cashless.

Supaya Anda dapat mengakses perawatan kapan pun tanpa beban, pilih asuransi yang menyediakan sistem cashless. Pasalnya, sistem reimburse ini mengharuskan Anda untuk membayar terlebih dahulu sebelum biaya diganti oleh pihak asuransi. Bagaimana jika Anda tidak memiliki dana? Mau tidak mau, Anda harus meminjam uang terlebih dahulu ke pihak lain.

Sementara itu, sistem cashless membuat biaya rumah sakit Anda langsung dibayarkan pada saat Anda dirawat, sehingga Anda tak perlu mempersiapkan dana terlebih dahulu. 

5. Tidak Memiliki Batas Per Perawatan


Semua asuransi memiliki batas atau limit, tetapi yang membedakan adalah jenis dari limit yang ditawarkan. Terdapat asuransi kesehatan dengan limit per perawatan, ada juga yang memiliki limit per tahun.

Ciri-ciri asuransi kesehatan yang berkualitas adalah sistem limit per tahun. Sistem ini mengizinkan Anda untuk melakukan pengobatan dan rawat inap kapan saja asalkan tidak melebihi batas biaya setiap tahunnya.

Misalnya, jika limit per tahun asuransi Anda adalah Rp500.000.000,00, maka biaya opname dan pengobatan tidak boleh lebih dari jumlah itu.

Bagaimana dengan asuransi yang memiliki batas per perawatan? Ini lebih merugikan karena dana yang dibatasi adalah per perawatan.

Contohnya adalah, jika Anda berniat untuk melakukan operasi, maka operasi itu tidak boleh melebihi Rp30.000.000,00 misalnya. Atau, jika Anda harus diopname, biaya yang ditanggung hanya maksimal Rp30.000.000,00.

Asuransi dengan limit per tahun akan memberikan Anda fleksibilitas tinggi dalam berobat. Anda pun bisa mengatur keuangan dengan baik dan dapat memprioritaskan pengobatan tertentu dengan lebih terencana.

6. Agen yang Terbuka dan Informatif


Agen asuransi adalah wajah dari asuransi yang bersangkutan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda memilih asuransi dengan agen yang informatif dan terbuka dalam menjelaskan semua pasal di dalam polis.

Jika sebuah asuransi kesehatan memang berkualitas, tentunya para agen tidak perlu kebingungan dalam menjelaskan apa manfaat dari plafon-plafon asuransi tersebut dan bagaimana para nasabah harus membayar premi setiap bulannya. Nasabah pun tidak akan mengalami kesalahpahaman yang dapat berakibat pada ruginya nasabah tersebut dan buruknya citra sebuah perusahaan asuransi. Sebagai rekomendasi, baca artikel berikut: kenali 4 produk asuransi kesehatan Allianz

Itulah ciri-ciri asuransi kesehatan terbaik yang bisa Anda jadikan pegangan untuk merencanakan masa depan. Anda tidak akan menyesal jika memilih asuransi dengan premi dan plafon yang sesuai kemampuan Anda, karena kesehatan itu mahal harganya dan harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Post a comment for "6 Ciri Ciri Asuransi Kesehatan Terbaik "