Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Analisis Usaha: Cara Analisa Usaha Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Analisis Usaha


Apakah Anda memiliki keinginan untuk membangun usaha? sebelum memulai usaha, sangat penting dilakukan analisis usaha demi mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Kagiatan analisis ini berlaku untuk semua jenis bisnis, baik itu dibidang kulinerperternakan, pertanian, peternakan, dan sebagainya (scrool kebawah untuk melihat contoh analisa usahanya).

Seorang pebisnis yang memiliki modal yang cukup tentunya akan lebih baik jika bekerja dengan orang yang ahli dalam melakukan analisa terhadap usaha yang ingin dijalankan. Harapannya, agar memperoleh data dan informasi lengkap yang akurat.

Namun sebaliknya, jika Anda merupakan seorang pemula dalam dunia bisnis, Anda pun bisa melakukan kegiatan analisis usaha tanpa bantuan siapapun dengan syarat menyimak ulasan ini sampai selesai. 

Memahami Pengertian Analisis Usaha


Pengertian analisis usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pebisnis untuk mengumpulkan semua informasi penting terkait bisnis yang akan dijalankan, tujuannya agar usaha tersebut nantinya bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dengan kegiatan analisis ini dapat membantu pebisnis untuk menghindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan usaha mengalami kerugian. Sebaliknya, dengan analisis yang baik akan membantu pemilik bisnis/usaha untuk memperoleh keuntungan berlipat ganda.

Manfaat Analisis Usaha Untuk Pemilik Bisnis


Melakukan analisis sebelum menjalankan sebuah usaha tentu sangat bermanfaat untuk keberlangsungan usaha kedepannya. Selain itu, beberapa manfaat yang akan didapat oleh pebisnis dalam kegiatan analisis usaha ini, seperti;
  1. Dapat mengetahui peluang usaha yang ingin dijalankan. 
  2. Dapat mengetahui prospek usaha tersebut.
  3. Dapat mengetahui modal yang dibutuhkan dalam usaha tersebut.
  4. Dapat mengetahui biaya operasional, omset penjualan, serta keuntungan yang akan diperoleh dari usaha yang ingin digeluti.
  5. dan sebagainya...

Cara Melakukan Analisis Usaha Yang Baik


Untuk mencegah berbagai resiko yang akan terjadi dalam sebuah bisnis maka, peranan analisis usaha berupa kegiatan analisis menjadi sangat penting untuk dilakukan. 

Beberapa langkah-pun dibutuhkan agar analisis usaha dapat berjalan dengan baik agar bisnis yang dibangun mengalami perkembangan meskipun dalam situasi ekonomi yang sulit.

langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menganalisa usaha Anda adalah sebagai berikut;;

1. Gunakan Teknik Analisis Swot Untuk Menentukan Peluang Usaha


Analisis swot adalah teknik yang digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan hambatan usaha. Analisis ini juga bertujuan untuk melihat peluan dan potensi yang dapat dikembangkan dalam sebuah bisnis/usaha.

Pelajari beragam contoh analisis swot berikut ini;

2. Antisipasi Ancaman Dengan Inovasi Terbaru


Dalam kegiatan analisis usaha disarankan untuk mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi agar usaha dapat bertahan dalam situasi apapun. Pada umumnya, solusi terbaik dalam hal ini yaitu dengan menciptakan inovasi terbaru dari produk bisnis yang ada sebelumnya.

3. Menentukan Target Konsumen


Dalam sebuah usaha, menentukan target konsumen merupakan hal yang wajib dilakukan. Walaupun target pasar untuk sebuah bisnis bisa semua kalangan, namun ada baiknya bila target pasar dikategorikan berdasarkan rentang umur, pekerjaan, dan minat.

4. Manajemen Keuangan Bisnis


Manajemen keuangan yang baik sangat penting dalam sebuah bisnis untuk merencanakan anggaran dana yang dibutuhkan mulai dari proses produksi hingga barang sampai ke tangan pelanggan. Tak hanya itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan bahan baku, tenaga karyawan, pemasaran,biaya energi yang dibutuhkan seperti listrik, gas, kayu bakar, perlu juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

5. Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan


Dalam kegiatan analisis usaha perlu adanya perencanaan promosi untuk meningkatkan penjualan produk serta menaikkan nilai laba yang ditargetkan sebelumnya. Bila promosi dan pemasaran dilakukan tidak terarah dan tidak direncanakan dengan matang, maka akan menghasilkan hal yang sia-sia dan hanya menjadi pemborosan karan biaya yang dikeluarkan.

Apakah Anda Sudah Siap Untuk Melakukan Kegiatan Analisis Usaha?


Sebelum Anda benar-benar terjung ke lapangan untuk melakukan kegiatan analisis usaha, sebaiknya pelajari lebih banyak contoh analisa usaha yang telah kami tulis pada artikel sebelumnya agar Anda dapat menemukan potensi usaha yang cocok untuk Anda kembangkan.

Kesimpulan


Dari semua poin analisis usaha yang ada diatas, jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap bulannya. Evaluasi ini dilakukan mulai dari proses produksi, distribusi, pemasaran, dan penjualan. 

Tak lupa juga, evaluasi dari pelanggan berupa kritik dan saran yang membangun juga harus diperhatikan demi keberlangsungan usaha.

Evaluasi yang rutin setiap bulan akan menjadi tolak ukur seberapa efektifkah proses bisnis yang saat ini telah dilakukan. 

Hasil evaluasi dari bulan ke bulan akan menunjukkan hasil mengenai seberapa efektifkah cara-cara yang saat ini dipakai dalam sebuah proses bisnis.