Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Manfaat Asuransi Rawat Jalan Untuk Kesehatan Anda

7 Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Terdapat berbagai manfaat asuransi rawat jalan yang bisa Anda rasakan secara langsung. Apa sajakah itu? Mari simak berbagai manfaatnya di sini.

Siapa yang bisa menebak masa depan? Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk merencanakan kehidupan, salah satunya adalah dengan menggunakan asuransi rawat jalan. 

Memilih asuransi rawat jalan juga tidak boleh asal-asalan. Namun demikian, ada berbagai macam manfaat asuransi rawat jalan yang bisa Anda petik dikala Anda membutuhkan layanan kesehatan di masa mendatang.

Jika Anda masih ragu untuk memulai investasi kehidupan lewat asuransi rawat jalan, mari kita simak berbagai manfaat asuransi rawat jalan yang bisa Anda dapatkan sedini mungkin:

1. Pengobatan Rawat Jalan Lebih Sering Ketimbang Rawat Inap


Kebanyakan orang memilih untuk berlangganan asuransi rawat inap dan bukannya rawat jalan. Hal tersebut terjadi karena pada saat berpikir tentang kesehatan, kita cenderung berorientasi pada risiko diopname.

Hal tersebut memang tidak salah, tetapi seseorang akan lebih sering melakukan rawat jalan ketimbang rawat inap. Banyak orang tidak menyadari bahwa akumulasi biaya rawat jalan ternyata sangat besar dan cukup menguras dompet.

Asuransi rawat jalan biasanya akan menanggung biaya administrasi rumah sakit, biaya konsultasi dokter, dan biaya obat. Namun, agar tidak terjadi kesalahpahaman, tanyakan dengan cermat kepada agen asuransi kesehatan Anda mengenai apa saja hal-hal yang akan ditanggung oleh sebuah plafon asuransi rawat jalan.

2. Asuransi Rawat Jalan Membuat Anda Lebih Hemat di Musim Pandemi


Ada satu hal yang sedikit menyulitkan kita di musim pandemi ini, yakni kewajiban untuk melakukan rapid test/swab pada saat memeriksakan diri di beberapa klinik dan rumah sakit.

Biaya untuk melakukan rapid test atau swab test cukup mahal, bahkan bisa melebihi biaya konsultasi dokter. Dengan memilih asuransi rawat jalan, Anda dapat merasakan manfaat tanggungan rapid dan swab test. Namun, Anda harus selektif pada saat berlangganan asuransi karena tidak semua asuransi rawat jalan menyediakan tanggungan untuk tes COVID-19.

3. Asuransi Rawat Jalan Memastikan Anda Selalu Sehat


Apakah Anda enggan memeriksakan diri ke dokter setiap kali merasakan keluhan sakit? Pilihan ini sering diambil oleh banyak orang karena mereka malas membayar ratusan ribu hanya untuk memeriksakan sakit yang ternyata tidak parah. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk membeli obat generik tanpa resep dokter sama sekali.

Keputusan untuk membeli obat sendiri dapat berisiko jika Anda terus mengalami sakit yang sama secara rutin. Alih-alih sembuh, penyakit Anda bisa bertambah parah. Nah, jika Anda berlangganan asuransi rawat jalan, Anda bisa leluasa memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan hal yang tidak wajar di tubuh Anda. Tak perlu lagi merisaukan biaya administrasi dan biaya konsultasi yang harganya selangit.

4. Membuat Anda Lebih Nyaman Melalui Asuransi Rawat Jalan


Beberapa orang justru sembuh lebih lama jika mereka harus menginap di rumah sakit. Ada yang merasa tak nyaman berada di rumah sakit, ada pula yang imunnya justru menurun karena rumah sakit adalah sarang bagi banyak penyakit.

Tidak semua penyakit solusinya adalah opname. Jika Anda hanya merasakan sakit seperti diare atau demam, tentunya akan lebih nyaman jika berada di rumah sendiri. Memilih asuransi rawat jalan  memudahkan Anda untuk mengoptimalkan kesehatan dan mendeteksi penyakit berbahaya tanpa harus menginap di tempat yang asing. 

5. Tidak Menyita Waktu


Hal lain yang dibenci orang dari opname adalah waktu yang tersita. Mau tidak mau, mereka harus meninggalkan berbagai aktivitas rutin bahkan harus mengajukan cuti. Inilah yang seringkali terjadi pada mereka yang hanya menggunakan fasilitas asuransi rawat inap.

Jangan biarkan opname mengganggu aktivitas dan kinerja Anda. Mulai sekarang, gunakan asuransi rawat jalan dari perusahaan yang kredibel dan obati diri Anda tanpa harus menyita banyak waktu yang berharga. Karena seperti kesehatan, waktu juga sesuatu yang tak dapat diukur dengan uang.

6. Biaya Asuransi Rawat Jalan Sangat Terjangkau


Beberapa paket asuransi rawat jalan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau daripada asuransi rawat inap. Hal tersebut terjadi karena asuransi tak perlu menanggung biaya kamar dan perawatan selama opname.

Jika Anda menginginkan kesehatan yang terjamin dengan harga terjangkau, asuransi rawat jalan adalah opsi yang bersahabat bagi kantong Anda. Pilihlah premi asuransi yang sesuai dengan bujet dan kondisi kesehatan Anda supaya Anda bisa merasakan manfaat asuransi rawat jalan dengan maksimal.

7. Manfaat Asuransi Rawat Jalan Terbaik Untuk Perawatan Keluarga


Apakah Anda memiliki anak yang masih kecil? Anda akan merasakan manfaat asuransi rawat jalan dengan optimal. Anak kecil akan lebih sering ke dokter karena mereka rentan sakit dan harus melewati berbagai tahap imunisasi. Itulah alasan mengapa biaya kesehatan Anda akan membengkak saat baru memiliki anak.

Sejak kecil, jaminlah kesehatan anak dengan asuransi jenis plafon tertinggi. Anak akan mendapatkan perawatan terbaik dan mereka pun akan tumbuh dengan sehat.

Sekarang Anda sudah memahami berbagai manfaat asuransi rawat jalan untuk diri Anda. Segera lindungi diri Anda dengan memilih plafon asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga bujet Anda. Semoga bermanfaat...