Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jelaskan Tujuan Dibuatnya Analisis Usaha?

Jelaskan Tujuan Dibuatnya Analisis Usaha

Jelaskan tujuan dibuatnya analisis usaha - Selain untuk mendukung kesuksesan usaha, ternyata analisis usaha perlu dilakukan sebelum membangun sebuah usaha. Tidak sedikit wirausahawan ragu ketika ingin memulai sebuah bisnis karena banyak hambatan yang akan dilaluinya seperti disaat mendefinisikan produk yang ingin dijual. 

Oleh sebab itu, jika kegiatan analisis usaha ini diterapkan, maka bisnis atau usahapun dapat meminimalisir kendala yang akan dihadapi. Lalu, bagaimana cara menganalisis peluang usaha? Anda bisa melakukannya dengan metode SWOT Analisis.

Untuk menyusun sebuah strategi bisnis, strategi penjualan maupun strategi promosi produk, peranan analisis usaha sangat diperlukan demi terjaminnya keberlangsungan bisnis pada masa yang akan datang. 

Tujuan Analisis Usaha Untuk Wirausaha / Perusahaan


Ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika melakukan analisis terhadap bisnis/usaha yang ingin geluti. Inilah tujuan dibuatnya analisis usaha yang bermanfaat bagi wirausaha atau perusahaan.

1. Mencegah Kerugian / Kebangkrutan


Dengan analisis yang baik akan meminimalisir kerugian / kebangkrutan yang keungkinan akan dialami oleh pemilik usaha atau perusahaan. 

2. Mengetahui Kondisi Pasar


Dengan analisis usaha, wirausahawan / perusahaan akan mengetahui kondisi pasar terhadap produk maupun jasa yang dibutuhkan konsumen. 

3. Mengetahui Minat Pelanggan 


Melalui analisis usaha bertujuan untuk mengetahui minat pelanggan yang ada dilapangan agar penjualan produk dapat ditingkatkan.

4. Mengetahui Rugi Laba


Agar dapat mengontrol keadaan keuangan perusahaan/bisnis, sangat penting dilakukan analisis usaha. Tujuannya agar keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari sebuah bisnis dapat dikethaui.

5. Teknik Pemasaran


Teknik pemasaran perlu diterapkan oleh pemilik usaha/bisnis/perusahaan. Menetapakan teknik pemasaran yang tepat sangat erat kaitannya dengan kegiatan analisis peluang usaha. 

Selain itu, melalui analisis usaha juga bertujuan untuk mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan, dan apakah usaha tersebut memang layan untuk bisa dijalankan. 

Tujuan Analisis Usaha Menurut Azhardevan (Brainly)


Menurut Azhardevan (salah satu user Brainly) mengatakan bahwa, tujuan dibuatnya analisis usaha karena enam hal penting yang dapat menunjang kesuksesan sebuah usaha. Sebagai berikut;
  1. Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam satu periode tertentu, baik harta, kewajiban, modal maupun hasil usaha yang telah dicapai untuk beberapa periode.
  2. Untuk mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yang menjadi kekeurangan perusahaan
  3. Untuk mengetahui kekuatan-kekuatan yang dimiliki
  4. Untuk mengetahui langkah-langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan ke depan yang berkaitan dengan posisi keuangan perusahaan saat ini
  5. Untuk melakukan penilaian kinerja manajemen ke depan apakah perlu penyegaran atau tidak karena sudah dianggap berhasil atau gagal
  6. dapat juga digunakan sebagai pembanding dengan perusahaan sejenis tentang hasil yang mereka capai

Contoh Analisis Usaha


Melalui analisis usaha tantu akan dapat mengetahui peluang yang dimiliki oleh usaha yang ingin dijalankan. Lalu, bagaimana cara analisis peluang usaha. Mari belajar cara menganalisis usaha melalui artikel berikut: 30+ contoh analisis usaha makanan, minuman, jasa, dll

Setelah membaca ulasan diatas, Anda tentu sudah mengetahui tujuan dibuatnya analisis usaha, cara menganalisis usaha, dan contoh analisis usaha. Apapun kebutuhan Anda untuk membangun sebuah usaha/bisnis, semoga dengan ini bisa mempersipkan segala sesuatunya. Semoga bermanfaat

Post a comment for "Jelaskan Tujuan Dibuatnya Analisis Usaha?"