Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Hasil Panen Melimpah

5 Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Hasil Panen Melimpah

Cara menanam tomat dalam polybag - Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. 

Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Tanaman tomat bisa tumbuh baik di berbagai media seperti lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau polybag.

Sama halnya dalam budidaya cabe rawit, cara menanam tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

Nah, meskipun tomat bisa ditanam diberbagai media namun tampaknya menanam tomat dalam polybag / pot cukup banyak diminati oleh masyarakat. 

Persiapan Menanam Tomat


Karena media yang kita gunakan menanam tomat adalah polybag maka hal pertama yang menjadi perhatian pertama yaitu menyiapkan polybag. Ada berbagai jenis dan ukuran polybag yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, juga persiapkan 
  • Tanah + pasir + pupuk kandang (perbandingan 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1).
  • Tanah + sekam + pupuk kandang (perbandingan 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1).
  • Tanah + pupuk kandang (perbandingan 1 : 1)ulu. Tujuannya agar air siraman tidak menggenang di dalam pot/polybag.

Bagaimana Menanam Tomat Yang Benar? Inilah 5 Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Dengan Hasil Panen Yang Melimpah


Jika Anda mencari referensi mencari referensi untuk belajar cara menanam tomat di polybag, Anda sudah datang ditempat yang tepat, sebab dikesempatan ini akan membahas secara lengkap mengenai cara menanam tomat dalam polybag agar hasil panen buah tomatnya melimpah.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menanam tomat di polybag dengan benar.

1. Memilih Benih Tomat Yang Tepat


Memilih benih yang tepat akan sangat berpengaruh untuk untuk tumbuh kembangya. Selain itu, Pemilihan  benih  ini  sangat  penting karena merupakan  awal  kehidupan dalam  bercocok  tanam.  Salah  memilih  benih  akan  mempengaruhi  hasil bercocok  tanam. Untuk hasil yang memuaskan,  gunakan varietas hibrida.

Varian tomat dapat dibedakan menjadi beberapa golongan;
  • Tomat buah atau tomat granola, bentuknya bulat dengan pangkal mendatar 
  • Tomat gondol, bentuknya lonjong biasa digunakan sebagai bahan baku saus
  •  omat sayur, teskturnya keras rasanya sedikit kecut
  • Tomat cherry, bentuknya kecil rasanya manis kecut.
Benih tomat hibrida tidak dapat diturunkan menjadi turunan kedua atau ketiga karena pada turunan kedua akan  diperoleh  variasi yang besar, baik dalam bentuk, ukuran, warna buah, dan ketahanan penyakit.

2. Benih Tomat Disemaikan


Benih  tomat  tidak langsung  ditanam  di dalam  pot  atau  polybag, melainkan  harus  disemai terlebih dahulu. Benih yang berupa biji harus disemaikan menjadi bibit tanaman. Langkah ini diperlukan karena benih yang baru tumbuh memerlukan perlakuan yang berbeda dengan tanaman yang telah tumbuh besar.

3. Memindahkan Benih Tomat Untuk Ditanam


Sebelum bibit dipindahkan, siapkan media tanam dan polybag. Isi polybag tersebut dengan tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Pilihlah polybag  yang  berdiameter  minimal  30  cm.  

Dasar  polybag  sebaiknya  diberi lubang terlebih dahulu. Tujuannya agar air siraman tidak menggenang di dalam polybag.

4. Perawatan / Pemeliharaan Pohon Tomat


Sanitasi  terhadap  daun-daun  yang  terserang  penyakit  harus  benar-benar dilakukan setiap saat dengan memetik dan dirombak. 

Tips: jika ada hama maka segera dieradikasi baik secara mekanik ataupun dengan pestisida. Namun,  diupayakan  untuk  menghindari  pengendalian  secara  kimiawi  karena hasil  tanaman  pot/polybag  biasanya  untuk  memenuhi  kebutuhan  keluarga.

5. Panen Tomat Melimpah


Panen merupakan tahap terakhir untuk mendapatkan hasil melimpah dari menanam tomat dipolybag. Tanaman tomat dalam polybag sudah bisa dipanen setelah 3 bulan, tergantung dari varietasnya. 

Waktu pemetikan yang paling baik pagi dan sore hari, ketika sinar matahari tidak terlalu terik. Demikian uraian singkat tenang cara menanam tomat dalam polybag.

Ciri ciri tomat yang siap dipanen sebagai berikut;
  • Tomat berubah warna dari hijau ke kuning-kuningan atau tepi daun terlihat kering dan batang menguning. Pemetikan dilakukan pada buah yang telah matang saja.
  • Buah tomat tidak matang secara serentak. Lakukan pemetikan setiap 2-3 hari sekali, jangan terlalu rapat untuk menghindari kerusakan tanaman. 

Kesimpulan


Untuk mendapatkan hasil yang melimpah dari hasil menanam tomat dipolybag, Anda tentu sudah memiliki ilmunya setelah menyimak tips atau hal penting yang ada diatas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.