Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan dan Inap

Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan dan Inap

Mengenai asuransi kesehatan, wajar apabila seorang pemula merasa bingung dalam memilih asuransi rawat jalan dan inap terbaik. Maka dari itu, perhatikan tipsnya di sini agar tidak salah pilih.

Apakah Anda sedang memilih asuransi rawat jalan dan inap? Selamat, karena Anda telah selangkah lebih maju dalam merencanakan kehidupan yang berkualitas. Namun, tentu saja hadir kebingungan dalam diri Anda untuk memilih asuransi mana yang sesuai untuk Anda.

Pada dasarnya, asuransi kesehatan memang menawarkan dua jenis asuransi, yakni rawat jalan dan rawat inap. Keduanya sama-sama memiliki manfaat tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan pola hidup Anda. Kenali diri Anda dan penyakit apa yang berisiko menyerang Anda supaya dapat memilih jenis asuransi yang tepat.

Mana Asuransi yang Cocok untuk Anda?


Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda terlebih dahulu harus menengok rekam medis Anda beberapa tahun ke belakang. Perhatikan penyakit apa yang sering menjangkiti diri Anda. Catat pula berapa kali Anda diopname setiap tahunnya.

Anda juga bisa melakukan medical check-up untuk benar-benar mengetahui kondisi kesehatan Anda. Medical check-up menawarkan berbagai macam paket dengan harga yang beragam. Apabila tidak pernah ada keluhan penyakit serius, pilih paket yang paling murah.

Setelah itu, Anda bisa memastikan apakah Anda lebih layak memiliki asuransi rawat jalan atau rawat inap. Yang jelas, asuransi rawat jalan akan memberikan Anda manfaat untuk konsultasi dokter, terapi, dan treatment lain. Sementara itu, rawat inap sangat bermanfaat saat Anda harus diopname karena semua biaya kamar, operasi, tindakan, dan obat akan ditanggung. 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Rawat Jalan Atau Rawat Inap


Jika Anda adalah pemula dalam dunia investasi kesehatan, tentu Anda memerlukan beberapa tips dalam memilih asuransi yang tepat. Meskipun polis asuransi memang membingungkan bagi banyak orang, tetapi jika Anda melakukan langkah-langkah ini, Anda akan menemukan asuransi yang tak hanya tepat untuk kondisi kesehatan Anda, tetapi juga bujet Anda.

1. Perhatikan Setiap Manfaat Plafon Asuransi


Setiap produk asuransi memiliki tingkatan plafon yang berbeda dari segi pembayaran premi dan manfaat. Semakin mahal premi dari sebuah plafon, semakin besar manfaatnya dan semakin besar pula limit-nya.

Jika kondisi kesehatan Anda dan keluarga cukup prima, sebaiknya tidak perlu memilih plafon yang terlalu tinggi. Cukup pilih plafon dengan manfaat yang sering Anda pakai. Memilih plafon yang terlalu tinggi sedangkan Anda berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan usia muda justru akan membuat investasi ini menjadi sedikit boros.

2. Cek Limit Asuransi


Ada dua jenis batas atau limit pada asuransi, yakni limit per penyakit/tindakan dan limit per tahun. Saran kami, lebih baik pilih asuransi dengan batasan per tahun karena dengan begitu, Anda bisa lebih mudah merencanakan konsultasi dokter dan opname.

Sementara itu, batasan per penyakit justru merugikan karena biasanya, seseorang hanya mengidap penyakit tertentu atau malah memiliki badan dalam kondisi sehat. Anda mau tidak mau harus menanggung biaya sendiri apabila perawatan suatu penyakit telah mencapai batas tertentu, padahal, Anda tak bisa mengatur perawatan apa yang harus dilakukan oleh dokter.

3. Pilih Asuransi Cashless


Asuransi akan menanggung biaya rumah sakit, tetapi terdapat dua cara berbeda. Pertama adalah cara cashless dan kedua adalah reimbursement. Beberapa asuransi akan memberikan sistem cashless untuk rumah sakit jaringan mereka tetapi sistem reimbursement untuk rumah sakit di luar jaringan. Beberapa asuransi bahkan hanya memberikan sistem reimbursement.

Kami merekomendasikan asuransi yang memberikan sistem cashless untuk rumah sakit jaringan dan reimbursement untuk rumah sakit di luar jaringan, sehingga Anda tak perlu mempersiapkan dana terlebih dahulu saat sakit.

4. Cek Jaringan Rumah Sakit


Hal penting ini wajib diperhatikan pada saat Anda memilih sebuah asuransi. Jaringan rumah sakit yang luas akan memudahkan Anda untuk berobat bahkan opname saat di luar kota atau di luar negeri. Jadi, Anda bisa bepergian dengan lebih tenang dan tanpa kekhawatiran apa pun.

5. Pilih Asuransi dengan Paket Jika Diperlukan


Beberapa asuransi memberikan potongan harga yang besar untuk rawat jalan apabila Anda telah memilih paket rawat inap tertentu. Apabila Anda memiliki bujet berlebih, Anda bisa memilih opsi ini, sehingga keuntungan yang Anda rasakan pun menjadi dua kali lipat.

6. Tanyakan Penyakit Apa Saja yang Ditanggung


Tidak semua asuransi mau menanggung semua penyakit. Untuk itu, sebelum membubuhkan tanda tangan pada kontrak asuransi, pastikan bahwa Anda memang sudah bertanya mengenai penyakit apa saja yang ditanggung. Pastikan premi yang Anda pilih menanggung penyakit serius seperti kanker, ginjal, bahkan COVID-19. Jika dibutuhkan, pastikan bahwa ia juga menanggung persalinan baik secara normal atau pun caesar.

Kesimpulan


Itulah beberapa langkah mudah dalam memilih asuransi rawat jalan dan rawat inap yang terbaik dan optimal bagi kesehatan Anda. Jadi, sudahkah Anda memilih mana asuransi yang sesuai? Praktikkan dan jalani hidup tanpa kekhawatiran. Semoga bermanfaat

Post a comment for "6 Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan dan Inap"