Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Alasan Memilih Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

Alasan Memilih Asuransi Kesehatan

Berbagai alasan memilih asuransi kesehatan tampaknya penting diketahui oleh setiap masyarakat khususnya, para calon nasabah yang hendak menggunakan jasa asuransi kesehatan terbaik sebagai upaya dalam menjamin kesehatan.

Di tengah banyaknya produk asuransi kesehatan, tentu ada pertimbangan mendasar sebelum Anda memutuskan untuk memilihnya. Bukan tak ada alasan sama sekali, banyaknya penawaran yang sekarang mulai beredar, sudah barang tentu memerlukan beberapa pertimbangan mendalam sebelum memastikan dan mempercayakan kepada asuransi kesehatan terbaik.

Kondisi ini tidak bisa dilepaskan pula dari berbagai layanan yang kini mulai bervariasi. Mengingat, setiap layanan seperti ini sudah barang tentu mempunyai kelebihan serta tanggungan premi yang tidak sama dari setiap perusahaan sehingga, tak ayal bila dengan banyaknya penawaran jasa jaminan kesehatan tersebut dengan berbagai layanan membuat sebagian orang bingung.

Disinilah letak pentingnya pertimbangan secara matang terkait beberapa poin utama sebelum memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan. Diantara beberapa poin mendasar yang patut jadi pertimbangan tak hanya melulu soal besaran nominal premi saja melainkan juga layanan apa saja yang akan dijamin oleh pihak asuransi tersebut.

Tak sampai di situ, tentu ada aspek lain yang patut diperhitungkan pula sebelum memutuskan untuk memilih layanan mana yang paling pas bagi Anda. Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya.

Alasan Memilih Asuransi Kesehatan Dan Manfaatnya Untuk Nasabah


Keberadaan perusahaan asuransi sangat membantu dalam melindungi kesehatan kita. Alasan memilih asuransi kesehatan karena memberikan banyak manfaat, diantarnya;
  1. Asuransi kesehatan melindungi hal-hal yang penting bagi kesehatan Anda sehingga memungkinkan Anda terhindar dari sakit maupun kecelakaan ringan hingga berat
  2. Asuransi kesehatan melindungi seseorang dari ongkos medis tak terduga yang membengkak
  3. Dengan tergabung pada asuransi kesehatan, maka Anda cukup membayar biaya lebih rendah dari seharusnya yang dikeluarkan saat harus menjalani tindakan medis
  4. Asuransi kesehatan memungkinkan pesertanya untuk mendapatkan tindakan pencegahan secara gratis seperti pemberian vaksi, screening, pemeriksaan medis rutin meskipun Anda belum terkena penyakit sekalipun
  5. Asuransi kesehatan memungkinkan pesertanya untuk dirawat terlebih dahulu jika yang bersangkutan atau salah satu dari anggota keluarganya sakit atau didiagnosa mengalami sakit
  6. Sejumlah perusahaan yang bekerja sama dengan asuransi kesehatan memberlakukan biaya melahirkan yang gratis bagi istri pegawainya
  7. Asuransi kesehatan menawarkan jaringan layanan yang luas yang memungkinkan pengeluaran medis lebih rendah sehingga menguntungkan bagi para nasabahnya.


Hal Penting Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan


Nah, langkah penting guna memastikan layanan asuransi kesehatan, Anda tak bisa melepaskan aspek-aspek saling berkaitan sebagai informasi pertimbangan supaya ke depan Anda bisa menentukan mana layanan yang cocok. 

Sebelum memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan, pertimbangkan beberapa hal berikut ini;

1. Pertimbangkan dan Prioritaskan Asuransi yang Mencakup Keluarga


Sebagai produk layanan, sudah jelas ada berbagai macam jasa pelayanan berupa manfaat jaminan atas kesehatan setiap orang.

Dimana, setiap produk memiliki penawaran berbeda, termasuk kewajiban pembayaran premi yang sudah jelas tak akan sama.

Sebelum sudah ada kepastian pembelian asuransi, dengan banyaknya pilihan tersebut, Anda harus bisa menyelaraskan dengan kebutuhan.

Dalam artian, bila nasabah sudah memiliki tanggungan, misalnya sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka pertimbangkan memakai layanan insurance yang mampu mencakup untuk seluruh anggota keluarga.

Dengan begitu maka Anda pun nantinya bisa lebih berhemat dalam membayarkan biaya tanggungan setiap bulan atau waktu tertentu.

Di satu sisi, pertimbangan menyesuaikan kebutuhan ini juga mengikat pada produk yang memberikan kemudahan klaim ganda atau double claim.

Pengajuan klaim pun juga bisa dilakukan meskipun hanya cukup menggunakan kuitansi yang telah dilegalisir.

Sedangkan, kuitansi yang asli nantinya bisa digunakan kembali bila ada niatan untuk mengklaim ke pihak perusahaan asuransi yang lain.

2. Jangan Mudah Tergiur dengan Penawaran Asuransi Cash Plan


Bukan hal yang asing lagi, memang terbilang tidak sedikit jenis asuransi kesehatan yang kini ditawarkan di publik. Diantaranya seperti produk insurance cash plan.

Jaminan yang dipastikan oleh tipe asuransi cash plan sendiri akan menjamin berupa pencairan dana yang disebut reimburse.

Yang dalam prakteknya, bila nasabah menderita penyakit tertentu dan diwajibkan untuk menjalani perawatan inap di rumah sakit maka akan mendapatkan dana sesuai besaran biaya rawat inapnya.

Dalam artian, bila Anda atau anggota keluarga menderita sakit dan harus menjalani rawat inap selama 5 hari dengan biaya per harinya Rp 4 juta. Maka, pihak pemegang polis pun akan menerima dana reimburse Rp 4 juta dikalikan 5 hari.

Tetapi, biaya yang menjadi tanggungan pun hanya mencakup tagihan kamarnya saja. Sedangkan, untuk biaya lain, seperti jasa dokter, obat-obatan, hasil lab, dan biaya lain tidak ikut ditanggung.

Maka dari itu, jika ada wacana untuk memakai jasa cash plan seperti ini, tentu harus mempertimbangkan biaya-biaya lain yang mungkin saja bisa lebih mahal dari biaya tagihan kamar rawat inap.

3. Menyesuaikan Kondisi Finansial


Dalam menentukan layanan apa yang terbaik sebagai penjamin kesehatan di masa mendatang, sangat perlu mempertimbangkan budget yang tersedia.

Kenapa demikian? Sebab, akan ada premi tiap bulan yang harus ditanggung sebagai tagihan wajib. Dimana, nominal premi yang wajib dibayar tergantung dengan layanan yang diberikan.

Pada umumnya, semakin mahal biaya premi yang wajib ditanggung maka akan banyak layanan yang ditawarkan.

Pertimbangan soal biaya premi sudah jelas sangat perlu mendapat perhatian agar nantinya Anda tidak terbebani dengan sejumlah dana yang harus dikeluarkan untuk biaya premi setiap bulannya.

4. Hindari Penawaran Produk Asuransi yang Tidak Jelas


Pertimbangan lain yang sangat perlu mendapat perhatian, yaitu soal kredibilitas dan profesionalisme yang dimiliki pihak penyedia jaminan itu.

Artinya, Anda jangan terburu-buru. Pastikan betul bahwa perusahaan tersebut memiliki track record positif sebelum Anda yakin untuk menggunakannya sebagai tabungan asuransi.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa oknum-oknum berkedok penyedia jasa penjamin kesehatan yang menawarkan produk jaminan kesehatan dengan berbagai embel-embel layanan unggulan.

Biasanya, penipuan seperti ini memberikan penawaran berupa layanan dan besaran biaya premi yang tidak masuk akal.

Maka, akan lebih utama lagi mempertimbangkan perusahaan yang sudah terkenal dan memiliki kredibilitas tinggi guna meminimalisir resiko yang tak diinginkan.

Sudah jadi poin utama, aspek ini sangat penting untuk diperhatikan mendalam. Carilah informasi sedetail mungkin bagaimana profil dan penawaran manfaat dari asuransi ternama guna dijadikan perbandingan mana yang cocok.

Tips & Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat


Sekarang Anda memahami beberapa pertimbangan dan alasan memilih asuransi kesehatan guna memastikan layanan jaminan pengobatan jika sewaktu-waktu sakit. 

Setelah menyimak tips dibawah ini, Anda tidak akan lagi bingung mengenai cara memilih asuransi kesehatan berdasarkan beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan asuransi kesehatan terbaik.

1. Memberikan Manfaat Rawat Inap yang Lengkap


Saat menentukan jenis asuransi terbaik, tentu saja pertimbangan yang harus diperhitungkan adalah kriteria pelayanan rawat inap yang diberikan.

Sudah umum jika biaya perawatan rawat inap pastinya memerlukan biaya yang sangat besar.

Maka dari itu, saat Anda akan memutuskan menjadi nasabah, pilih yang menawarkan layanan rawat inap lengkap.

Tak hanya biaya tagihan kamar saja melainkan juga termasuk biaya rawat jalan, jasa dokter, laboratorium, dan obat-obatan yang diperlukan.

2. Menawarkan Jaminan Perlindungan dari Berbagai Penyakit


Memastikan pilihan asuransi kesehatan juga harus mempertimbangkan cakupan perlindungan yang lebih luas.

Maksudnya, kategori mutu pelayanan yang Anda pilih harus mampu menawarkan jaminan perlindungan berupa tanggungan terhadap berbagai macam penyakit.

Maka dari itu, hendaknya Anda mencari perusahaan yang memiliki daftar tanggungan berbagai macam penyakit. Termasuk penyakit berat yang umumnya membutuhkan biaya pemeriksaan dan perawatan mahal.

Jika penawaran yang diberikan memang mencakup segala jenis penyakit maka asuransi tersebut menjadi rekomendasi untuk Anda pilih.

Oleh sebab itu, daftar resiko penyakit yang ditanggung oleh pihak penyedia jaminan tersebut, sudah barang tentu perlu untuk Anda cermati.

3. Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Lebih Luas


Tak hanya sekedar mampu menjamin perlindungan terhadap berbagai macam penyakit saja, tetapi Anda juga harus mengenal asuransi dengan akses jaringan rumah sakit luas.

Karena, ada beberapa perusahaan yang menawarkan jaminan perlindungan dari beragam penyakit namun pihak penyedia jaminan tersebut hanya diterima di beberapa rumah sakit saja.

Kondisi ini nantinya akan mempersulit para nasabah ketika diharuskan rawat inap. Mengingat, tidak semua rumah sakit menerima klaim asuransi. 

Aspek pada bagian ini sudah jelas menjadi sisi yang patut dipikirkan secara matang-matang agar nantinya Anda dan keluarga lebih mudah berobat.

4. Pilih Asuransi dengan Manfaat yang Fleksibel


Disisi lain, pemanfaatan jasa asuransi, disarankan untuk memakai yang memiliki prosedur layanan fleksibel.

Dalam hal ini, asuransi yang memberikan peluang kepada para nasabah untuk mengalihkan manfaat maupun besaran biaya premi yang mana disesuaikan dengan kebutuhan.

Fleksibilitas yang sederhana, jelas bakal mempermudah Anda dalam menggunakan hak asuransi. Misalnya akan meng-upgrade layanan tanpa perlu mencari layanan di perusahaan lain.

Dengan layanan polis kesehatan yang fleksibel tentu saja akan memberikan peluang lebih besar kepada para nasabah dalam menjamin kesehatannya melalui pemanfaatan layanan yang bisa diubah sesuai rencana dan kebutuhan yang dinamis.

5. Memiliki Waiting Period yang Singkat


Sebagai informasi bahwa umumnya, hampir semua penyedia layanan insurance tentu memiliki prosedur waiting period atau masa tunggu pada beberapa penyakit yang diderita oleh pihak nasabah.

Masa tunggu yang dimaksud adalah tenggang waktu sampai klaim biaya bisa dipakai sejak pendaftaran awal.

Dimana, umumnya masa tunggu ini diberlakukan selama 6 bulan atau ada juga yang hingga 1 tahun untuk bisa diaktifkan.

Untuk itu, akan lebih efektif jika Anda memilih perusahaan dengan masa tunggu aktif yang singkat. Sehingga, dengan begitu maka manfaat dari asuransi kesehatan pun bisa lebih cepat digunakan.

6. Pastikan Memakai Produk Asuransi dengan Prosedur Klaim yang Mudah


Sebagai bahan pertimbangan, salah satu aspek yang perlu Anda perhitungkan saat akan mempercayakan kepada asuransi jaminan kesehatan adalah soal prosedur klaim.

Yang dalam soal ini, disarankan menggunakan asuransi yang menawarkan proses klaim secara sederhana.

Pemberlakuan proses klaim yang sederhana ini tentu akan mempermudah Anda dalam mencairkan dana.

Prosedur klaim yang mudah biasanya Anda hanya cukup mengisi formulir, tanda tangan, serta melengkapi beberapa dokumen saja.

Bahkan, carilah yang memungkinan nasabah untuk melakukan klaim secara online sehingga tak akan banyak membuang waktu.

Pertimbangan seperti ini memang bukan menjadi bagian yang paling penting. Hanya saja, dengan pemberlakuan prosedur yang mudah sudah barang tentu akan membuat para nasabah lebih fleksibel.

7. Menyediakan Proses Ketersediaan Cashless atau Non Tunai


Aspek penting yang juga turut perlu mendapat perhatian adalah soal kemudahan dalam mendapatkan manfaat dari layanan yang diberikan.

Salah satu aspek yang patut diperhatikan sebelum memilih asuransi adalah adanya fasilitas cashless atau non tunai.

Fasilitas seperti ini tentu saja akan membuat para nasabah menjadi lebih tenang meski berada dalam kondisi yang sulit.

Contohnya saja, ada salah satu anggota keluarga Anda mengalami sakit dan harus menjalani rawat jalan atau rawat inap.

Namun, pada saat yang bersamaan, Anda tidak membawa atau memiliki uang sama sekali di rekening bank.

Nah, dengan adanya layanan cashless ini, tentunya akan mempermudah. para pemegang polis sesegera mungkin menjalani rawat inap tanpa harus membayar terlebih dahulu.

Dengan kata lain, nasabah akan diberikan pinjaman terlebih dahulu dari pihak perusahaan asuransi untuk nantinya digunakan sebagai biaya membayar tagihan rawat inap.

Namun, hanya saja yang disayangkan bahwa fasilitas berupa layanan cashless seperti ini tentu saja hanya bisa diberlakukan pada beberapa rumah sakit yang tentunya sudah menjadi rekanan atau menjalin kerjasama sejak lama.

8. Menawarkan Manfaat Tambahan khusus untuk Beberapa Penyakit Kritis


Dalam beberapa kasus, tentu saja Anda juga perlu untuk mempertimbangkan akses perlindungan layanan yang lebih luas.

Tentu saja, pertimbangan yang dimaksud adalah soal resiko penyakit kritis atau penyakit berat yang dimungkinkan diderita oleh para nasabah.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa pada umumnya, penyakit kritis ini membutuhkan biaya medis yang lebih besar.

Maka dari itu, carilah asuransi yang memenuhi kriteria terbaik dalam soal perlindungan jaminan terhadap penyakit kritis.

Namun, memang tidak semua perusahaan asuransi memberikan jaminan untuk penyakit kritis. Tapi, setidaknya Anda bisa mempertimbangkannya jika memang ada riwayat penyakit kritis dan berat yang pernah diderita.

9. Beli Asuransi Sewaktu Sehat


Dalam upaya untuk menjamin perlindungan atas kesehatan di masa depan, sebaiknya Anda membeli asuransi sewaktu masih sehat.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda menderita penyakit dan harus menjalani rawat inap.

Apalagi, yang namanya penyakit semua orang tidak bisa mengetahui kapan datangnya.

Karena, bila pengajuan asuransi dilakukan bersamaan pada saat terserang penyakit berat maka Anda belum tentu bisa mengklaim asuransi.

Mengingat, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang umumnya tidak bisa serta merta Anda langsung mengklaim di saat penyakit datang menghampiri.

Maka dari itu, sebagai tindakan persiapan maka disarankan untuk segera menentukan polis asuransi pada saat masih dalam keadaan sehat.

Sehingga, bila ada penyakit yang datang Anda sudah memiliki jaminan biaya perawatan atau pemeriksaan.

10. Hindari Memilih Asuransi yang Disertai Layanan Investasi


Satu hal lain yang patut untuk dicermati saat menentukan pilihan, Anda harus memastikan layanan yang ditawarkan tidak disertai dengan embel-embel lain. Seperti menawarkan investasi misalnya.

Bukan tanpa alasan mengingat jenis asuransi ini, meski bisa dipercaya namun Anda harus membayar premi yang lebih mahal dibandingkan asuransi murni.

Jika Anda memiliki niatan untuk investasi, sebaiknya gunakan platform investasi lain. Karena, perusahaan yang menawarkan asuransi + investasi, selain mematok biaya premi yang mahal, kemungkinan juga memiliki banyak prosedur yang diberlakukan.

Maka dari itu, pilihlah produk yang memang sudah jelas murni mampu memberikan jaminan kesehatan. Dengan demikian Anda akan jauh lebih terfokus pada pembayaran premi yang khusus untuk menjamin kesehatan.

11. Pertimbangkan Layanan yang Memberikan Jaminan Kesehatan Terpadu


Maksudnya, dalam menentukan pilihan asuransi terbaik maka pertimbangan terpenting adalah layanan yang diberikan memiliki cakupan yang luas.

Dalam arti kata lain, pihak perusahaan akan menjamin beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para nasabah yang mana manfaat tersebut hadir dalam satu pilihan.

Seperti layanan asuransi yang untuk keluarga sehingga akan lebih efektif dan lebih mampu menghemat biaya premi yang harus dibayarkan.

Jadi, dari beberapa pilihan tersebut, setidaknya Anda mampu menjamin kebutuhan keluarga akan jaminan kesehatan secara terpadu dan sederhana.

12. Memilih Asuransi Terbaik Berdasar Kebutuhan


Menggunakan asuransi kesehatan, sudah jelas menjadi prioritas utama bagi sebagian orang untuk memberikan akses jaminan kesehatan terbaik di masa depan.

Namun, dalam menentukan pilihan, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketersediaan secara finansial.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa premi asuransi kesehatan memang tergolong memiliki biaya yang cukup mahal untuk beberapa kategori.

Jadi, untuk meminimalisir pengeluaran finansial, Anda bisa menggunakan layanan yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan namun juga tak banyak membebani dengan biaya premi tinggi.

Ini termasuk pertimbangan mendasar yang tentunya perlu mendapat perhatian penuh bagi Anda yang hendak menggunakan asuransi kesehatan.

Daftar Perusahaan Dengan Produk Asuransi Kesehatan Terbaik di 2021


Saat ini, memang banyak perusahaan yang menawarkan jasa asuransi kesehatan. Namun, dari sekian perusahaan tersebut, tentunya ada beberapa rekomendasi asuransi kesehatan terbaik yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Asuransi Kesehatan Allianz


Rekomendasi pertama adalah Allianz yang hadir sebagai perusahaan asuransi multinasional dengan berbagai macam produk jaminan kesehatan.

Produk yang ditawarkan Allianz sendiri dikenal ada 4 macam yang mana memiliki keunggulan dan manfaat berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon nasabah. Selengkapnya, baca artikel berikut: 4 produk asuransi kesehatan Allianz 

2. Asuransi Kesehatan Manulife


Selain itu, ada juga Manulife Insurance yang memang menjadi pilihan asuransi kesehatan terbaik dan sangat direkomendasikan.

Mengingat, Manulife sendiri menawarkan berbagai produk layanan asuransi yang sangat bermanfaat, terutama bagi nasabah yang harus menjalani pengobatan rawat inap.

Bukan tanpa sebab mengingat jaminan yang diberikan bagi para nasabah didasarkan dari total keseluruhan tagihan rumah sakit.

Di sisi lain, batas umur yang bisa ditanggung oleh Manulife sendiri dimulai dari umur 18 tahun hingga 70 tahun dengan limit tanggungan biaya kamar Rp 3 juta per harinya.

Perusahaan Manulife Insurance ini tentu bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin mendapatkan kemudahan dalam soal penggantian jaminan biaya perawatan di rumah sakit, khususnya perawatan medis rawat inap.

3. Asuransi Kesehatan AXA


Pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah AXA sebagai perusahaan asuransi kesehatan yang sudah berkiprah lebih dari 90 tahun.

Produk yang ditawarkan AXA memang benar-benar memberikan jaminan dan manfaat yang langsung bisa dirasakan oleh nasabahnya.

Bahkan, AXA juga menawarkan premi pembayaran dari bulanan hingga tahunan yang mana tidak ada batas per kondisi atau inner limit.

Salah satu yang cukup diunggulkan dari AXA ini adalah manfaatnya yang memberikan layanan terhadap kondisi penyakit yang sebelumnya pernah diderita dengan ketentuan waiting period.

Asuransi ini bisa Anda jadikan pilihan jika sebelumnya Anda pernah menggunakan asuransi lain dengan riwayat penyakit tertentu.

4. Asuransi Kesehatan Astra Life


Astra Life juga jadi rekomendasi asuransi kesehatan terbaik dengan berbagai macam penawaran manfaat jaminan kesehatan disertai prosedur yang mudah dan aman.

Di antara beberapa keunggulannya yakni soal fleksibilitas dalam menentukan premi dan juga manfaat.

Penawaran seperti ini memang jauh lebih efisien dan efektif. Sebab, para nasabah tentunya sudah tak perlu lagi untuk mencari asuransi kesehatan lain yang sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, dengan Astra Life, nasabah yang tergabung bisa melakukan downgrade maupun upgrade layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sehingga, tak hanya jaminan kesehatan saja yang terjamin, bahkan biaya yang wajib dikeluarkan untuk membayar preminya pun juga bisa diubah sesuai kebutuhan dan kategori layanan yang dipilih. 

Empat perusahaan asuransi diatas adalah yang terbaik dengan layanan dan kredibilitas jaminan mutu yang sudah terbukti. Namun Sebenarnya masih banyak lagi perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan jasa asuransi kesehatan yang bagus, Seperti;
  • Asuransi Kesehatan Prudential
  • Asuransi Kesehatan Sinarmas
  • Asuransi Kesehatan BNI Life
  • Asuransi Kesehatan Lippo Insurance
  • Asuransi Kesehatan AIA
  • Asuransi Kesehatan Cigna
  • Asuransi Kesehatan AXA
  • Asuransi Kesehatan Takaful
  • Asuransi Kesehatan Bumiputera
  • Asuransi Kesehatan Avrist
  • Asuransi Kesehatan Chubb
  • Asuransi Kesehatan Jagadiri
  • Asuransi Kesehatan Adira
  • Asuransi Kesehatan Equity
  • Asuransi Kesehatan MAG
  • Asuransi Kesehatan Tokio Marine
  • Asuransi Kesehatan CAR

Nah, tentu saja rangkuman di atas yang dimulai dari alasan memilih asuransi kesehatan, hal penting sebelum menentukan pilihan, cara memilih asuransi yang tepat, dan pilihan asuransi kesehatan terbaik, semuanya bisa menjadi patokan Anda sebagai salah satu tips memilih asuransi kesehatan yang tepat dan terbaik. Semoga bermanfaat.