Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Analisa Usaha Warung Coto Makassar dan Peluang Usahanya

Analisa Usaha Warung Coto Makassar dan Peluang Usahanya


Makassar memang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki banyak potensi bisnis yang cukup menjanjikan khususnya pada bidang kuliner. Salah satu bisnis kuliner paling menguntungkan di kota daeng itu tiada lain adalah bisnis atau usaha warung coto Makassar.

Coto Makassar memang salah satu kuliner lokal khas bugis Makassar, Sulawesi Selatan yang sudah terkenal dimana-mana. Rasanya yang enak dan lezat membuat siapa saja tergoda ingin mencicipinya. 

Tak hanya di kota Makassar saja, warung coto Makassar juga bisa Anda temukan di kota lain hingga ke pelosok daerah. 

Seperti halnya kuliner bakso goreng yang memiliki banyak konsumen. Antusiasme masyarakat lokal terhadap coto Makassar dari waktu ke waktu juga terus meningkat dan semakin banyak pengusaha mulai melirik bisnis ini.

Demikian halnya dengan bakso ayam goreng yang telah kami bahas sebelumnya, kuliner coto makassar juga kami sangat rekomendasikan jika Anda berencana memulai sebuah bisnis pada bidang kuliner.

Jangan khawatir bila Anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan akan bisnis yang satu ini karena pada postingan ini kami akan memberikan panduan lengkap memulai usaha warung coto makassar disertai dengan analisis keuangan usahanya yang mencakup modal, biaya produksi, omset, keuntungannya, hingga teknik promosi dan tips suksesnya.

Namun sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, beberapa informasi yang tak kalah penting untuk Anda simak sebagai berikut...

Inspirasi Sukses Bisnis Coto Makassar

Namanya Dg. Sikki yang kini sudah berumur 55 tahun. Saat berumur 27 tahun beliau sempat bekerja selama 7 tahun disalah satu warung coto Makassar pada saat itu. 

Sembari bekerja, beliau juga menimbah ilmu hingga pada akhirnya ia memutuskan berhenti dan memilih untuk memulai usaha coto makassar sendiri yang diberi nama warung coto Makassar Dg. Sikki.

Berkat pengalaman beliau, usaha coto makassar miliknya pun perlahan mengalami perkembangan, ia pun mulai mempekerjakan 2 karyawan untuk membantunya dalam melayani pelanggan. 

Berdasarkan penuturan beliau, omset penjualan yang dihasilkan setiap harinya mencapai 10 sampai 30 juta per-bulannya.

Singkat cerita...

Tiga tahun berlalu sejak beliau membuka usahanya itu, beliaupun mulai membuka 3 cabang lain di kota Makassar. 

Tidak berhenti sampai disitu, Dg. Sikki juga membuka beberapa cabang di beberapa kabupaten yang ada disekitar wilayah sulawesi selatan. 

Saat ini, total warung coto Makassar miliki Dg. Sikki sudah mencapai 17 warung. Berkat pengaman, kegigihan, dan keberanian beliau dalam memulai bisnis coto makassar ini, ia sudah menjadi seorang pengusaha sukses dengan omset penghasilan ratusan juta rupiah setiap bulan dari usaha coto Makassar.

Peluang Usaha Coto Makassar

Meskipun warung coto Makassar bisa ditemukan dengan mudah, bukan berarti pebisnis tidak memiliki kesempatan untuk menjajal bisnis ini. 

Peluang usaha coto Makassar masih terbuka lebar untuk semua orang yang ingin menjalankannya. Mengapa demikian? karena penikmat coto Makassar terus meningkat dari waktu ke waktu dan menyasar semua kalangan.  

Prospek Usaha Coto Makassar

Prospek usaha coto makassar tentunya sangat cerah. Selain memiliki jumlah konsumen yang cukup luas, modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini cukup terjangkau namun keuntungan yang akan diperoleh cukup menjanjikan. 

Kelebihan 

Salah satu kelebihan yang dimiliki bisnis ini karena coto Makassar yaitu memiliki cita rasa yang khas dan enak sehingga membuat konsumen ingin kembali untuk mencicipinya. 

Kekurangan

Coto Makassar merupakan makanan yang tidak tahan lama sehingga apabila kunjungan konsumen menurun bahan yang tersedia akan tersisa dan tidak bisa lagi digunakan pada keesokan harinya. Demikianlah kekurangan dalam bisnis ini.

Kendala atau Hambatan

Setiap usaha pasti memiliki kendala pada saat memulai atau mengembangkannya. Demikian pula dengan bisnis warung coto makassar ini, salah 

Kemudahan

Ada berbagai kemudahan yang akan didapat dalam bisnis coto Makassar salah satunya tidak perlu melakukan promosi sebab menu coto makassar sudah populer ditengah penikmat kuliner Indonesia sehingga tidak sulit mendapatkan pelanggan atau konsumen.

Analisis Usaha Coto Makassar

Sebelum memulai usaha warung coto Makassar, penting untuk disimak analisis keuangan dibawah ini agar mendapatkan gambaran besaran modal yang dibutuhkan, serta omset dan keuntungan yang akan diperoleh.

Modal Awal

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha coto makassar sebesar Rp.6.500.000,. Dana tersebut dialokasikan untuk keperluan sewa tempat dan pengadaan alat usaha seperti pisau, wajan, kompor, tabung gas, wadah, meja, kursi, panci dan alat pendukung lainnya.

Biaya Operasional 

Untuk kebutuhan operasional dan variabel dalam usaha coto makassar membutuhkan biaya sebesar Rp.24.000.000,- 

Dana tersebut digunakan untuk pembelian bahan-bahan seperti daging sapi, usus sapi, jantung sapi, limpa sapi, babat sapi, listrik, air, dan sebagainya.

Omset Penjualan

Diasumsikan bahwa harga menu coto makassar Rp.20.000,- per porsi. Sedangkan total penjualan menu coto dalam sehari sebanyak 50 porsi.

Hitung : 50 x Rp.20.000,- = Rp.1.000.000,-

Hitung : 30 x Rp.1.000.000,- = Rp.30.000,000,-

Jadi omset penjualan dari usaha coto Makassar dalam 30 hari mencapai Rp.30 juta rupiah

Keuntungan Bersih

Untuk menghitung keuntungan bersih, gunakan rumus berikut : (Omset penjualan - Biaya operasional dan Produksi).

Hitung : Rp.30.000.000 - Rp.24.000.000 = Rp.6.000.000,-

Dari hasil perhitungan diatas maka, keuntungan bersih yang diperoleh sebesar Rp.6 juta rupiah selama 30 hari. Selain itu, Andapun juga bisa menikmati penghasilan puluhan juta rupiah perbulan dari bisnis kuliner lainnya. Pelajari analisa modal dan keuntungan usaha ayam crispy dalam blog ini. 

Balik Modal

Dengan keuntungan sebesar Rp.6 juta rupiah per bulan maka usaha hanya berjalan 1-2 bulan saja pemilik usaha coto makassar sudah kembali modal. 

Teknik Promosi Bisnis Coto Makassar

Agar usaha coto Makassar yang dimiliki cepat terkenal dikalangan konsumen, ada dua teknik promosi yang disarankan, yaitu:

1. Promosi Online

Diera digital saat ini, semua orang sudah menggunakan gadget untuk mengakses informasi termasuk untuk mencari lokasi warung terdekat. Oleh sebab itu, Anda memerlukan media online seperti website sebagai teknik promosi yang tepat. 

2. Promosi Reguler

Promosi reguler  sebenarnya sudah ketinggalan zaman namun masih cukup efektif untuk saat ini diterpakan. Akan tetapi harus dengan cara yang tepat. 

Faktor Penting Dalam Usaha Coto Makassar

Ada beberapa faktor penting yang perlu menjadi perhatian serius bila ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis usaha coto Makassar yaitu modal usaha, penentuan lokasi usaha, manajamen keuangan, promosi yang tepat, pelayanan konsumen, keyakinan, keberanian dan doa.

Tips Sukses Memulai Usaha Coto Makassar

Jika Anda saat ini serius ingin menjajal bisnis ini, berikut beberapa tips sukses memulai usaha coto makassar yang wajib diketahui;

1. Persiapkan Modal Secukupnya

Modal usaha merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk memulai usaha. Dari analisis diatas, modal usaha untuk memulai usaha coto makassar sebesar 6,5 juta rupiah sedangkan biaya produksi dan operasionalnya sebesar 24 juta rupiah.

Nah, apabila mengingkan usaha ini berjalan lancar maka persiapkan dana kurang lebih 32 juta rupiah.

2. Lokasi & Tempat

Lokasi & tempat juga menjadi perhatian serius. Banyaknya konsumen yang ingin menikmati menu coto makassar mengharuskan pemilik usaha untuk menentukan lokasi yang mudah diakses oleh pengunjung. Selain itu, tempat atau warung juga harus memiliki kondisi yang layak dikunjungi.

3. Menu Makanan

Menikmati coto makassar tak lengkap rasanya bila tidak disertai dengan ketupat, telur atau kacang. selain itu, sambel yang enak juga akan menambah selera makanan konsumen. 

Paket lengkap tersebut usahakan semuanya tersedia untuk memenuhi permintaan setiap pelanggan usaha ini.

4. Pelayanan

Berikan pelayanan yang prima untuk mencuri perhatian konsumen agar dengan senang hati mereka akan berkunjung kembali untuk menikmati hidangan menu coto makassar ini.

5. Promosi

Lakukan kegiatan promosi baik dengan cara online maupun reguler agar usaha cepat dikenal oleh masyarakat.

Kesimpulan

Setelah menyimak ulasan diatas tentu kita sudah bisa menyimpulkan bahwa menjajal usaha warung coto makassar dapat memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan. Jumlah konsumen yang cukup luas membuat usaha ini memiliki prospek yang cukup cerah. 

Demikianlah informasi lengkap seputar usaha coto Makassar. Semoga postingan kali ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis kuliner ini. Terima kasih

Post a comment for "Analisa Usaha Warung Coto Makassar dan Peluang Usahanya"