Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Analisa Usaha Budidaya Ikan Hias Dan Peluang Usahanya


Budidaya atau beternak ikan hias merupakan salah satu usaha atau bisnis yang cukup menjanjikan, mengingat usaha ikan hias tidak pernah sepi konsumen. Peluang usaha ikan hias sangat cerah. Berbekal pengetahuan dan hobi, seorang pemula dapat memulai usaha ikan hias modal kecil cukup mudah untuk bisa sukses. 

Ada beberapa jenis ikan hias favorit dan terlaris serta menjadi buruan konsumen yang bisa dibudidayakan atau diternakkan, termasuk ikan hias guppy, ikan cupang, ikan arwana, ikan koi, ikan mas, ikan oscar, ikan manvis dan jenis ikan hias lainnya.

Perawatan ikan hias juga tidak sulit, begitu pula dengan modal usaha yang dibutuhkan cukup kecil. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis ikan hias dari sekarang. 

Target Pemasaran Ikan Hias


Target pemasaran ikan hias sangat luas karena menyasar semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua suka memelihara ikan hias karena warna dan bentuknya yang cantik dan lucu.

Harga Ikan Hias


Berdasarkan hasil survei yang telah kami lakukan beberapa minggu yang lalu, harga ikan hias yang laris terjual dipasaran mulai Rp.15.000 - Rp.200.000 per-ekor.

Persiapan Memulai Usaha Ikan Hias


Memulai usaha ternak ikan hias tentu memerlukan persiapan yang matang, tujuannya agar usaha dapat berjalan lancar dan sukses. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelumnya, yaitu;

Modal usaha

Ya, modal merupakan salah satu faktor penggerak dalam setiap usaha. Jadi, siapkan modal yang cukup untuk memulai usaha ikan hias ini.

Lokasi

Selain modal usaha, lokasi usaha juga perlu dipertimbangkan. Pemilihan lokasi yang strategis sangat dibutuhkan agar mudak dijangkau oleh konsumen.

Peralatan Usaha

Pastikan peralatan seperti aquarium, air, sikat, serokan dan sebagainya disiapkan demi kelancaran usaha. 

Pengetahuan

Sebelum memulai usaha ikan hias, sebaiknya memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara beternak ikan hias dengan benar, cara merawat ikan hias hingga pemasaran ikan hias. 


Asumsi Usaha Ikan Usaha


Dalam usaha ikan hias ini diasumsikan dari jenis ikan hias guppy, ikan cupang, arwana, koi, mas, oscar, manvis dan jenis ikan lainnya. Demikian pula harga jual ikan mulai dari kisaran Rp.15 ribu sampai Rp.200 ribu rupiah. Sedangkan masa penggunaan alat selama 5 tahun.

Analisa Usaha Budidaya Ikan Hias


Analisis usaha ikan hias perlu dilakukan untuk mengetahui berapa besar modal yang dibutuhkan, estimasi omset dan keuntungan yang akan dihasilkan. 

Agar tidak bingung, berikut contoh analisa usaha ikan hias yang perlu Anda simak;

Modal Awal

Untuk memulai usaha ikan hias membutuhkan modal awal sebesar Rp.13.500.00,- untuk kebutuhan pengadaan peralatan usaha seperti biaya pembuatan kolam pemeliharaan, aquarium, jaring, pompa air, selang, wadah, penyaring oksigen, tabung oksigen, terpal, timba, dan perlatan pendukung lainnya. 

Biaya Operasional

Setiap usaha pasti membutuhkan biaya operasional tak tekecuali usaha ikan hias. Biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 44.250.000,- (sudah termasuk biaya variabel).

Omset Penjualan 

Dalam 30 hari masa panen, estimasi omset yang akan dihasilkan dari usaha ikan hias ini mencapai Rp.52.750.000,-

Keuntungan Bersih

Berdasarkan omset yang dihasilkan, maka keuntungan bersih yang akan diperoleh dari usaha ikan hias mencapai Rp.8.500.000,- perbulan (30 hari).

Kembali Modal

Dengan keuntungan bersih sebesar Rp.8.500.000,- maka pemilik usaha ikan hias akan kembali modal setelah usaha ini berjalan 2 bulan saja. 


Teknik Promosi Ikan Hias


Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa konsumen ikan hias ini cukup banyak dan menyasar semua kalangan, jadi tidak perlu teknik promosi khusus hanya saja memastikan lokasi usaha mudah diakses oleh konsumen.

Nah, itulah sekelumit informasi dalam memulai usaha ternak ikan hias. Semoga ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha ikan hias hingga sukses.

Post a comment for "Analisa Usaha Budidaya Ikan Hias Dan Peluang Usahanya"