Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Dan Manfaat Deposito Untuk Nasabah

Cara menghitung bunga deposito Bank dan manfaatnya - sulit mengatur keuangan karena hanya punya satu rekening bank? Bukalah tabungan deposito. Sifatnya yang lebih kaku membuat Anda lebih sulit menarik dana. Hal ini cocok untuk menyimpan uang bagi tujuan jangka panjang, misalnya pendidikan, tabungan rumah, dan sebagainya. Walau penambahan bunganya cenderung lambat, keamanannya lebih terjamin.

Sebagai contoh, jika Anda sudah punya rencana seperti membayar uang masuk sekolah atau bepergian, dan sudah mengumpulkan dana cukup banyak, deposito bisa menjadi semacam program “penyimpanan uang”. 

Anda bisa membuka rekening deposito sesuai dengan periode yang dibutuhkan, lalu menyimpan uangnya di sana. Selain aman, Anda bisa mendapat keuntungan ekstra dari bunganya.

Dirangkum pada november 2020 oleh analisausaha.id, inilah cara menghitung bunga deposito bank dan manfaatnya bagi nasabah yang perlu anda ketahui.

{tocify} $title={Daftar isi}

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank

Bunga Deposito Bank

Setiap bank memiliki kebijakan tertentu terkait deposito serta bunganya, tetapi ada rumus mudah menghitung bunga deposito sebagai bahan pertimbangan Anda, yaitu:

(Jumlah dana x Bunga per tahun) x jumlah bulan tenor / 12 = bunga deposito)

Ilustrasi: Anda memiliki dana sebesar Rp50.000.000 dan ingin menyimpannya dalam tenor 24 bulan. Bank pilihan Anda menawarkan suku bunga 5% per tahun. Maka rumus perhitungan bunga depositonya adalah:

(50.000.000 x 5%) x 24 / 12 = Rp5.000.000

Setelah 24 bulan, dana Anda akan menjadi Rp50.000.000 + Rp5.000.000 = Rp55.000.000.

Manfaat Deposito untuk Nasabah Bank


Ulasan dibawah ini akan menjelaskan apa saja manfaat dan keuntungan deposito untuk nasabah bank lokal yang ada di Indonesia.

1. Resiko Rendah

Deposito merupakan pilihan investasi berisiko rendah dibandingkan pasar saham, misalnya. Anda bisa mengamankan uang dan mendapat bunga lebih tinggi dari tabungan biasa, tetapi tanpa risiko yang menyertai instrumen lainnya. Walau bunganya relatif rendah dibandingkan bentuk investasi lain yang lebih berisiko, Anda bisa mempertimbangkannya sebagai pilihan berisiko rendah yang tidak menuntut keahlian khusus.

2. Dana Aman

Dana deposito juga lebih aman karena ada jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), walau dengan beberapa syarat seperti bunga yang tidak melebihi standar batas LPS serta dana tersimpan di bawah dua miliar Rupiah. Jaminan ini akan menjaga keamanan dana Anda bahkan jika bank mengalami sesuatu, misalnya kebangkrutan.

3. Automatic Rollover

Keuntungan tambahan dari deposito adalah adanya pilihan Automatic Rollover. Anda bisa menginvestasikan ulang dana deposito sehingga menciptakan bunga majemuk yang semakin menambah keuntungan. Anda bisa mendiskusikan detailnya dengan pihak bank yang menawarkan layanan tersebut.

4. Banyak Pilihan Mata Uang

Ingin berinvestasi dalam mata uang asing? Banyak bank menawarkan pilihan deposito dengan mata uang asing. Umumnya, mata uang yang ditawarkan adalah Dolar Amerika (USD), Dolar Australia (AUD), Dolar Singapura (SGD), Dolar Kanada (CND), Yen (JPY), dan Poundsterling (GBP). Rincian ini bisa berbeda untuk setiap bank.

5. Penarikan Mudah

Ada kemudahan terkait penarikan dana dari bunga. Deposito mungkin bukan tipe tabungan yang bisa Anda akses setiap saat. Akan tetapi, berbagai bank sekarang memudahkan nasabah untuk mengambil dana dari bunga deposito tersebut (bukan dana utamanya). Hal ini tentu memudahkan bagi nasabah yang membutuhkan akses uang cepat tanpa mengusik dana deposito utama mereka.

Deposito memang lebih menguntungkan jika Anda bisa menabung dalam jumlah besar. Dana pokok deposito tidak dikenai biaya administrasi, karena yang akan dipotong hanya bunganya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir uang tabungan terus berkurang. Itulah ulasan lengkap mengenai cara menghitung bunga deposito bank dan Manfaatnya untuk nasabah. Semoga bermanfaat...

Post a comment for "Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Dan Manfaat Deposito Untuk Nasabah"