Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tempat Terbaik Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Memiliki usaha sendiri adalah impian bagi setiap orang. Anda bisa menyalurkan ide-ide produk untuk diperjualkan. Namun tentunya memulai atau mengembangkan sebuah usaha bukanlah hal yang mudah untuk dijalani, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan salah satunya adalah modal usaha. 

Ketika ingin memulai berbisnis Anda akan dituntut untuk lebih kritis dalam mengambil resiko, keputusan dan perencanaan. 

Selain itu, Anda juga harus menciptakan produk yang menarik, segmentasi pasar yang tepat dan pemasaran produk yang kreatif untuk memikat para calon konsumen. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan perkembangan usaha Anda.

Seorang pebisnis perlu perencanaan yang matang sebelum memutuskan untuk memulai usaha. Salah satu pertimbangan utama saat ingin memulai berbisnis adalah modal usaha. 

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda akan menemukan solusinya dalam postingan ini.


Tempat Sebagai Sumber Untuk Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha. Caranya mudah kok!

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha
image by jelajahweb

Untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, caranya cukup mudah. Kami rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat dibawah ini sebagai sumber pemberi pinjaman untuk pemilik usaha atau bisnis.

1. Bank BRI


Semua orang tahu bahwa Bank merupakan tempat  utama sebagai sumber pemberi pinjaman uang untuk modal usaha kepada pebisnis (orang yang memiliki usaha). 

Salah satu Bank favorit yang bisa Anda tempati untuk mendapatkan pinjman modal usaha yaitu Bank BRI. 

Jenis pinjaman yang cocok untuk pemilik usaha yaitu KUR (Mikro) alias Kredit Usaha Rakyat. Namun sebelum Anda mengajukan pinjaman KUR BRI, beberapa syarat yang wajib Anda ketahui, sebagai berikut;

Syarat pengajuan KUR BRI [Terbaru 2020-2021]
  • Individu atau perorangan yang memiliki usaha produktif yang layak
  • Telah menjalankan usahanya secara aktif minimal selama 6 bulan
  • Tidak sedang dalam proses penerimaan kredit dari perbankan lain kecuali kredit konsumtif seperti KKB, Kartu kredit, dan KPR.
  • Persyaratan administrasi berupa identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Ijin Usaha, dan Kartu Keluarga (KK).
Cara pengajuan KUR BRI [Terbaru 2020-2021]
  • Langkah pertama untuk mengajukan pinjaman atau kredit KUR yaitu calon debitur mendatangi salah satu kantor bank BRI terdekat.
  • Calon debitur dimohon untuk mengisi form aplikasi dan berkas yang kredit yang diperlukan. Dokumen yang diminta adalah: KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha dan jaminan (misalnya BPKB jika jaminan kendaraan).
  • Calon debitur diharapkan menyerahkan jaminan sesuai dengan kebijakan bank seperti BPKB, Sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB Mobil, dan lain sebagainya.
  • Pihak bank BRI akan memproses aplikasi dan melakukan uji kelayakan usaha calon debitur dengan cara survey ke lapangan. Apabila sesuai dan usaha yang dijalankan memenuhi uji kelayakan, maka bank BRI akan melakukan persetujuan pemberian kredit pinjaman.
  • Calon debitur melakukan penandatangan kontrak perjanjian kredit pinjaman dengan bank BRI.
  • Pihak bank BRI akan mencairkan dana kredit pinjaman yang biasanya langsung dikirimkan ke rekening peminjam.
  • Setelah menerima dana pinjaman, debitur harus melakukan angsuran setiap bulan dengan jumlah pokok angsuran beserta bunga yang telah disepakati di awal perjanjian.
  • Berapa lama proses pengajuan KUR di BRI ? Secara umum proses pencairan membutuhkan waktu 7 hari sampai 14 hari kerja sejak survei dilakukan oleh pihak BRI.

Jika Anda mencari alternatif KUR, Anda bisa memilih untuk mengajukan kredit tanpa agunan atau dikenal dengan KTA. 

KTA menawarkan prosedur pinjaman yang lebih mudah dan cepat, dimana Anda tidak perlu memberikan pengajuan jaminan apapun. Akan tetapi, bunga dibebankan lebih besar dengan jumlah pinjaman yang didapatkan juga lebih kecil dan jangka waktu angsuran jauh lebih pendek. 

Namun KTA cukup beresiko bagi Anda yang saat ini memiliki usaha yang masih belum stabil. Dan perlu Anda ketahui ketika mengajukan permohonan KTA Anda harus menyiapkan argumen yang tepat dan jelas untuk menyakinkan pihak Bank dalam memberikan pinjaman kepada Anda. 

Anda bisa menjelaskan mengenai usaha yang ingin Anda bangun dan persentasikan kepada Bank bila Anda berpotensi untuk menjalankan bisnis Anda dengan sukses, kemudian berikan jawaban yang memuaskan bila pihak Bank mengajukan pertanyaan seputar bisnis Anda.

Bila hal tersebut Anda tidak lakukan, siap-siap saja pengajuan KTA Anda akan ditolak. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, saya menyarankan untuk membaca artikel berikut » Tips bermanfaat untuk mengatasi pengajuajuan KTA ditolak oleh pihak Bank.

2. Peer-to-peer (P2P Lending)


Pinjaman peer-to-peer merupakan salah satu pinjaman berbasis online dengan proses yang jauh lebih mudah tanpa mengajukan jaminan sama sekali serta jangka waktu persetujuan pinjaman diproses lebih cepat. 

Anda bisa memilih peer-to-peer terpercaya yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK untuk menghindari kerugian di masa yang akan datang. 

Untuk melakukan pinjaman di peer-to-peer Anda hanya perlu menggunakan gadget dengan koneksi internet kemudian mengisi from identitas seperti buku tabungan dan salinan KTP dan sebagainya.

Hal penting yang perlu Anda ketahui yaitu bahwa dana pinjaman di P2P relative lebih kecil di bandingkan lembaga pinjaman lainnya.

3. Kartu Kredit


Disaat ini, kartu kredit merupakan salah satu produk Bank yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Kartu kredit bisa menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan modal usaha, namun dana yang diterima akan disesuaikan dengan limit kartu kredit Anda. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu melewati proses rumit untuk melakukan pengajuan pinjaman ke Bank, Anda hanya perlu menggesek di ATM dan langsung mendapatkan dana yang diinginkan. 

Pinjaman menggunakan kartu kredit tersebut dapat dilunasi dengan cara cicilan dimana tenor akan disesuaikan. Biasanya mulai dari 3,6 dan 12 bulan. Kemudian Anda akan dikenakan bunga sesuai dengan ketentuan pihak Bank.

4. Perusahaan E-commerce


Jika Anda saat ini mempunyai bisnis di perusahaan e-commerce, tidak ada salahnya untuk mencoba mengajukan pinjaman kepada mereka. Umumnya, perusahaan e-commerce melakukan kerja sama dengan penyedia pinjaman. 

Perusahaan e-commerce tentunya tidak akan langsung memberikan pinjaman secara cuma-cuma, mereka akan memperhatikan perilaku marchant yang ada di platformnya. Jika merchant tersebut dapat memenuhi persyaratan, maka perusahaan e-commerce akan memberikan pinjaman sesuai kebutuhan usahan Anda.

5. Paylater


Paylater atau yang sering disebut dengan kredit online, merupakan salah satu produk fintech yang sangat populer saat ini. Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk berbelanja secara kredit tanpa kartu kredit. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur paylater untuk mengajukan pinjaman sebagai modal usaha Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai cara mendapatkan pinjaman modal usaha. Semoga dengan adanya informasi diatas bisa memberikan solusi bagi Anda yang saat ini masih bingung kemana harus mendapatkan pinjaman uang untuk modal usaha. 

Post a comment for "5 Tempat Terbaik Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha "