Saya menyajikan analisa usaha ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca yang ingin mengetahui rincian modal, omset, dan keuntungan bisnis keripik pisang coklat semakin populer sampai saat ini. 

Keripik pisang coklat termasuk makanan ringan yang sangat disukai oleh banyak orang. Taburan coklat diatasnya membuat rasanya semakin nikmat. 

Selain rasa coklat, keripik pisang juga bisa diinovasikan dalam berbagai macam varian rasa seperti rasa keju, stroberi, melon, moka, sapi panggang, balado, jagung bakar, asin, manis. Yang terbaru rasa sapi panggang.

Peluang Bisnis Keripik Pisang Coklat


Seperti yang telah sampaikan diawal artikel ini bahwa keripik coklat sangat disukai oleh banyak masyarakat, mulai dari kalangan orang dewasa hingga anak kecil sehingga bisnis ini memiliki peluang yang sangat cemerlang dan juga menguntungkan. 

Jika kita berpatokan pada analisa dibawah ini, keuntungan bisnis pisang coklat yang akan diperoleh mencapai Rp.3.500.000,- perbulan.

Dengan keuntungan sebesar itu, tentu anda juga berkeinginan untuk mencoba bisnis ini kan? Oleh sebab itu, simak ulasan ini sampai selesai ya!

Analisa Usaha Bisnis Keripik Pisang Coklat


Sebelum memulai bisnis keripik pisang coklat, sebaiknya menyimak analisa usaha bisnis keripik pisang coklat dibawah ini untuk mengetahui rincian rincian modal, omset, dan keuntungannya.

Modal Bisnis Keripik Pisang Coklat


Untuk memulai bisnis keripik pisang coklat, modal yang harus dipersiapkan sebesar Rp.4.700.000,- untuk keperluan membeli peralatan seperti etalase, kompor dan gas, wajan, mesin perajang pisang, spatula, baskom, wadah, pisau, peniris minyak, handsealer, spanduk dan peralatan lainnya.

Biaya Variabel dan Operasional Bulanan


Dalam bisnis keripik pisang cokelat, biaya variabel dan biaya operasional bulanan membutuhkan biaya sebesar Rp. 11.500.000,- untuk berbagai macam keperluan seperti biaya pembelian pisang, bubuk coklat, garam, air kapur sirih, gula halus, tepung maizena, minyak goreng, kemasan, biaya sewa tempat, biaya air, biaya listrik dan biaya variabel lainnya.

Omset Bisnis Keripik Pisang Coklat


Diasumsikan bahwa penjualan keripik pisang coklat perhari sebanyak 50 porsi dan dijual seharga Rp.10.000,- perporsi. 

Hitung : 50 x Rp.10.000 = Rp.500.000,- perhari

Hitung : Rp.500.000 x 1500 = Rp.15.000.000,- perbulan

Berdasarkan perhitungan diatas, omset penjualan yang dihasilkan oleh bisni keripik pisang coklat mencapai Rp.15.000.000,- perbulan

Keuntungan Bisnis Keripik Pisang Coklat


Untuk menghitung keuntungan perbulan dari bisnis keripik pisang coklat, bisa menggunakan rumus berikut : Omset penjalan - Biaya operasional = Keuntungan 

Hitung : Rp,15.000.000 - Rp.11.500.000 = Rp.3.500.000

Dari perhitungan diatas, keuntungan yang diperoleh dari bisnis pisang coklat mencapai Rp.3.500.000,- perbulan.

Lama Balik Modal 


Karena modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis pisang coklat sebesar Rp.4.700.000,- sedangkan keuntungannya sebesar Rp.3.500.000,- perbulan maka cukup membutuhkan waktu 2 bulan saja pemilik bisnis ini sudah kembali modal.


Tips Sukses Memulai Bisnis Keripik Pisang Coklat 


Agar usaha bisa sukses dan berjalan sesuai dengan ekpektasi, simak beberapa tips memulai bisnis keripik piasng coklat yang wajib Anda ketahui. Sebagai berikut :

Pilih Lokasi Yang Tepat 


Untuk menjangkau konsumen, pilihlah lokasi yang tepat sebelum memulai bisnis keripik pisang cokelat ini. Lokasi yang paling tepat seperti Tempat tersebut seperti di pasar, pinggir jalan ramai, kawasan sekolahan dan kampus.

Pilih Bahan Yang Berkualitas


Agar keripik pisang cokelat yang diproduksi memiliki rasa yang nikmat dan enak maka pilih dan gunakan bahan yang berkualitas. Beberapa bahan yang digunakan dalam membuat makanan ringan ini seperti pisang mengkal, gula halus, coklat bubuk, garam, tepung maizena, minyak serta air kapur sirih.

Siapkan Perlengkapan


Sebelum memulai bisnis keripik pisang cokelat, pastikan peralatan sudah Anda siapkan. Peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis ini termasuk pisau, talenan, wadah, perajang pisang, wajan, spatula, peniris minyak dan sebagainya.

Harga Yang Kompetitif


Jangan mematok harga jika ingin bisnis ini mencapai kesuksesan. Pada umumnya, keripik pisang coklat dijual mulai 10 ribu rupiah perporsi.

Promosi


Agar bisnis keripik coklat pisang Anda dikenal oleh banyak orang maka harus melakukan promosi secara online maupun offline. 

Tips ~ Anda bisa menggunakan kata kata promosi makanan yang tepat untuk mencuri perhatian konsumen. 


Kesimpulan 

Setelah menyimak analisa diatas, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa bisnis keripik pisang coklat patut untuk dicoba. Dengan modal sebesar Rp.4.700.000,- bisnis keripik pisang coklat mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp.3.500.000,- perbulan bila serius menjalankannya. Selamat mencoba....