Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Analisa Usaha Bisnis Bakso Ayam Goreng ~ Omset 9 Juta Rupiah Perbulan

UPDATE : Jika sebelumnya saya membahas bisnis bakso goreng, namun kali ini sedikit berbeda dan dari jenis makanan yang sama. Kali ini saya kembali memberikan ulasan soal analisa usaha bakso ayam goreng tujuannya agar Anda mendapatkan rincian modal, omset dan keuntungan dari bisnis bakso ayam goreng ini. 

Anda tentu tahu jika bakso ayam goreng memiliki rasa yang sangat enak dan nikmat sehingga makanan ini sangat disukai oleh banyak  konsumen dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bakso memang memiliki banyak varian termasuk bakso ayam gorang dan merupakan kuliner yang memang sangat populer dan bisa Anda temukan di setiap wilayah Indonesia. Saking populernya, bakso juga sangat terkenal di luar negeri lo. 

Peluang Usaha Bisnis Bakso Ayam Goreng


Karena rasanya yang enak dan dan memiliki konsumen dari semua kalangan membuat bisnis bakso ayam goreng ini memiliki peluang yang sangat cemerlang untuk masa yang akan datang. Terbukti, semakin banyaknya pebisnis mulai membuka bisnis bakso ayam goreng. 

Keunggulan Bisnis Bakso Ayam Goreng 


Usaha bakso ayam goreng termasuk salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Dari analisa usaha yang ada dibawah, bisnis bakso ayam goreng mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp.6.500.000,- perbulan. 

Dengan keuntungan sebesar itu, siapapun pasti ingin mencobanya bukan? Namun sebelum itu, sebaiknya simak terlebih dahulu analisa usaha bisnis bakso ayam goreng yang akan saya ulas secara lengkap dalam postingan ini.

Kelemahan Bisnis Bakso Ayam Goreng


Setelah menyimak keunggulannya, berikut kelemahan bisnis bakso ayam goreng yang perlu Anda ketahui;
  • produk maximal hanya bisa bertahan 2 hari  dr hari produksi dikarenakan tidak memakai bahan pengawet
  • harga bahan yang kadang kadang naik turun tdk terkontrol
  • sudah banyak nya pesaing di produk yang sama

Analisa Usaha Bisnis Bakso Ayam Goreng

Analisa Usaha Bisnis Bakso Ayam Goreng

Sebagai referensi sebelum memulai bisnis bakso ayam goreng ini, Anda boleh menyimak ulasan lengkap soal analisa usaha bisnis bakso ayam goreng dibawah ini untuk mengetahui rincian modal, omset, dan keuntungan yang dihasilkan selama sebulan. 

Modal


Untuk membuka bisnis bakso ayam goreng ini membutuhkan modal sebesar Rp.8.500.000 untuk keperluan membeli peralatan usaha seperti mesin cetak bakso, rombong, wajan, mesin giling daging, piring, dan peralatan lainnya.

Biaya Variabel dan Operasional


Biaya variabel dan biaya operasional membutuhkan biaya sebesar Rp.2.500.000 untuk keperluan membeli bahan baku seperti daging ayam, tepung, minak goreng, saus, dan bahan lainnya serta untuk biaya sewa tempat, listrik.

Omset


Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, asumsi penjualan bakso ayam goreng mencapai 50 porsi perhari dan dijual seharga Rp.6000 perporsi.Dengan begitu maka, omset yang dihasilkan sebesar Rp.300,000,- perhari

Hitung : Rp.300.000 x 30 = Rp.9.000.000 perbulan

Dari hasil perhitungan diatas maka, potensi omset penjualan yang dihasilkan dari bisnis bakso ayam goreng sebesar 9 juta rupiah perbulan.

Keuntungan


Untuk menghitung keuntungan dari bisnis bakso ayam goreng selama 1 bulan maka bisa menggunakan rumus berikut : Omset penjualan - Biaya operasional = Keuntungan

Hitung : Rp.9.000.000 - Rp.2.500.000 = Rp.6.500.000,- 

Dari perhitungan diatas maka, bisnis bakso ayam goreng mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp.6.500.000,- perbulan

Balik Modal


Berdasarkan keutunga yang diperoleh dari bisnis bakso ayam goreng sebesar Rp.6,500,000,- maka dibutuhkan waktu selama 1 bulan saja untuk balik modal.Bahkan masih ada selisih keuntungan yang diperoleh selama usaha ini berjalan dibulan pertama.


Resep Bakso Ayam Goreng Sederhana Yang Enak


Sebelum memulai bisnis bakso ayam goreng, Anda tentu harus memahami bagaimana membuat bakso goreng yang enak agar disukai oleh banyak pelanggan. 

Sebagai bahan rekomendasi, berikut kami sajikan contoh resep bakso ayam goreng sederhana namun rasanya maknyussss dilansir dari halaman haibunda.com.

Bahan :
  • 175 gram dada ayam fillet, cincang halus
  • 175 gram udang kupas, giling halus
  • 2 sdm udang kupas, giling halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt baking powder
  • 2 butir telur
  • 1 sdt merica bubuk
  • 50 ml minyak goreng
  • 1 sdt bumbu ngohiong
  • 250 gram tepung tapioka

Bahan biang :
  • 15 gram tepung tapioka
  • 25 ml air dingin
  • 75 ml air mendidih, seduh ke air sagu

Cara membuat :
  • Campur semua bahan biang, lalu aduk rata hingga kental.
  • Aduk semua bahan kecuali tepung tapioka dengan food processor sampai tercampur rata dan halus.
  • Pindahkan adonan bakso ke dalam wadah, lalu campurkan dengan tepung tapioka. Aduk adonan sambil terus dibanting-banting sampai adonan terasa ringan.
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat selayaknya bakso. Panaskan minyak, lalu goreng bakso hingga terapung dan matang. Angkat, dan tiriskan. Sajikan bakso selagi hangat.
  • 5. Bakso ayam goreng siap disantap!

Langkah Awal Memulai Bisnis Bakso Goreng Hingga Sukses


Setelah memahami beberapa hal penting diatas, Anda tentu sudah tahu seluk beluk dari bisnis ini. Jika Anda ingin memulainya, simak beberapa langkah penting yang perlu Anda ketahui jika ingin memulai bisnis bakso goreng, sebagai berikut;
  1. Persiapkan modal awal.
  2. Survei lokasi yang strategis.
  3. Pastikan bahan baku lengkap.
  4. Siapakan karyawan (bila perlu).
  5. Tentukan target pasar.
  6. Tentukan harga jual. Pelajari bagaimana cara menentukan harga jual produk makanan yang benar menggunakan metode yang tepat.
  7. Lakukan kegiatan promosi.
  8. Lakukan evaluasi secara berkala.
  9. Terus berinovasi.
  10. Kembangkan hingga sukses

Langkah-langkah diatas juga merupakan tips bagaimana memulai bisnis bakso goreng dari awal hingga ke tahap pengembangan bisnis bakso goreng hingga sukses.


Kesimpulan  


Setelah menyimak analisa usaha yang ada diatas, Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa tak ada salahnya untuk mencoba bisnis bakso ayam goreng ini karena omset dan keuntungan yang diperoleh sangat menggirukan. Selamat mencoba ...

Post a comment for "Analisa Usaha Bisnis Bakso Ayam Goreng ~ Omset 9 Juta Rupiah Perbulan"