Analisa usaha ini bertujuan untuk mengetahui rincian modal, omset, dan keuntungan yang diperoleh dari bisnis bakso goreng. Seiring berjalannya waktu, bakso goreng sudah memiliki banyak varian rasa sehingga menarik minat konsumen untuk mencicipinya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bisnis bakso goreng kian menjamur saja. Bakso goreng merupakan salah satu makanan olahan daging yang digoreng. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bakso goreng kerap dicari sebagai camilan atau pelengkap makanan berkuah.

Peluang Bisnis Bakso Goreng 


Karena rasanya yang gurih dan lezat membuat bakso goreng ini sangat disukai oleh masyarakat sehingga peluang bisnis bakso goreng sangat berpotensi untuk sukses dan menghasilkan keuntungan Rp.2.425.000,- perbulan berdasarkan analisa usaha yang ada dibawah ini.

Analisa Usaha Bakso Goreng


Bagi Anda yang berkeinginan ingin memulai bisnis bakso goreng, pastikan Anda menyimak analisa usaha bisnis bakso goreng dibawah ini;

Modal Awal 


Untuk memulai bisnis bakso goreng membutuhkan modal sebesar Rp.5.520.000,- untuk membeli berbagai macam keperluan seperti gerobak, alat masak, alat makanan, meja, kursi, dll.

Biaya Variabel dan Operasional Bulanan


Bisnis bakso goreng membutuhkan biaya varabel dan biaya operasional bulanan sebesar Rp.8.075.000,-

Biaya tersebut digunakan untuk membeli berbagai macam bahan termasuk daging ayam, minyak goreng, udang, bahan bumbu, kompor, gas, sewa tempat, dan biaya penyusutan lainnya.

Omset Penjualan


Diasumsikan bahwa bakso goreng mampu terjual sebanyak 25 posri/hari dan dijual dengan harga Rp.14.000,- perporsi selama 30 hari.

Hitung : 25 x Rp.14.000 x 30 = Rp.10.500.000,-

Jadi, omset penjualan yang dihasilkan dari bisnis bakso goreng sebesar Rp.10.500.000,- perbulan

Keuntungan


Setelah mengetahui biaya operasional dan omset penjualannya maka, untuk menghitung keuntungan bisnis bakso goreng bisa menggunakan rumus berikut : Omset penjualan - Biaya operasional = Keuntungan 

Hitung : Rp.10.500.000 - Rp.8.075.000 = Rp.2.425.000,-

Jadi, dari hasil perhitungan menggunakan rumus diatas maka, keuntugan yang diperoleh dari bisnis bakso goreng sebesar Rp.2.425.000,- perbulan 

Balik Modal 


Karena modal awal untuk memulai bisnis bakso goreng sebesar Rp.5.520.000,- maka hanya dengan dalm waktu 3 bulan saja, pemilik bisnis bakso goreng akan kembali modal. 

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba bisnis cireng yang berpotensi menghasilkan omset penjualan sebesar 4,2 juta perbulan berdasarkan analisa usahanya.

Kesimpulan 


Setelah menyimak analisa usaha diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa bisnis bakso goreng merupakan salah satu bisnis yang memang menguntungkan dan memiliki peluang yang besar untuk bisa sukses dikemudian hari jika serius menjalankannya. Selamat mencoba...