-->

Analisa Usaha Tanaman Bunga Kenanga Dan Peluang Bisnisnya Yang Cemerlang

- August 17, 2020
Analisa usaha tanaman bunga kenanga sangat penting dilakukan jika ingin baru memulainya agar bisa mengetahui berapa modal yang dibutuhkan, estimasi penghasilan dan keuntungan yang akan didapatkan serta bagaimana cara budidaya tanaman bunga kenanga yang benar agar bisa sukses.

Peluang bisnis dari tanaman bunga kenanga memang sangat cemerlang dan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin menekuninya. Bayangkan saja, bila pelaku bisnis dapat memanen bunga kenanga segar 100 kg perhari sedangankan harganya Rp.5000 perkg, maka pelaku bisnis ini dapat menghasilkan omzet sebesar  Rp.500.000,- perhari. Wooow sangat menggiurkan bukan? Terlebih jika bungan kenanga disuling menjadi minyak atsiri, maka harganya bisa melonjak semakin tinggi.

Meskipun banyak orang yang menganggap usaha tanaman bunga kenangan sebagai bisnis sampingan, namun sebenarnya bisa ditingkatkan lagi menjadi penyulingan minyak kenanga agar memberikan keuntungan yang maksimal.

Analisa Usaha Tanaman Kenanga Dan Peluang Bisnis

Itulah sebabnya, sangat penting melakukan analisa usahanya agar bisnis tanaman bunga kenanga bisa berkembang agar setiap pelaku bisnis bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Namun sebelum saya membahas secara lengkap soal analisa usaha tanaman bunga kenanga, tidak ada salahnya jika kita simak penjelasan tentang apa itu bunga kenanga dan manfaatnya.

Mengenal Tanaman Bunga Kenanga

Menurut wikipedia, Tanaman Kenanga (Cananga odorata) adalah nama bagi sejenis bunga dan pohon. Ada 2 kelompok utama kenanga yang dibudidayakan yaitu kelompok Cananga (forma marcophylla Steeins) dan Ylang-ylang (forma genuina Steeins).

Ada perbedaaan dari kedua kelompok tanaman bunga kenanga ini yaitu kenangan dari kelompok cananga memiliki cabang tegak lurus terhadap batang sedangkan dari kelompok Ylang-ylang memiliki cabang yang terkulai dan daun cenderung lebih kecil.

Selain kedua kelompok tanaman kenanga tersebut itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

Manfaat tanaman Bungan kenanga

Ada banyak orang yang mencari tanaman kenanga karena memiliki manfaat yang dapat menghasilkan wewangian. Selain itu bunga dari tanaman kenanga juga sering dimanfaatkan dalam upacara khusus termasuk upacara perkawainan.

Tanaman bunga kenanga dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Salah satu produk yang sangat terkenal di Indonesia yang menggunakan olahan dari tanaman kenanga yaitu seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Siapa Yang Dapat Menjalankan Bisnis Budidaya Bunga Kenanga

Bisnis budidaya bunga kenanga ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya bunga kenanga ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Atau bagi Anda yang mencari bisnis sejenis ini, saya merekomendasikan untuk mencoba bisnis tanaman porang yang bisa Anda pelajari pada postingan sebelumnya.

Cara Budidaya Tanaman Bunga Kenanga Dalam Pot

Selain menggunakan lahan yang khusus, tanaman bunga kenanga juga bisa dibudidayakan dalam pot. Budidaya tanaman bunga kenanga dalam pot sangat cocok dilakukan oleh pelaku bisnis pemula sambil belajar bagaimana cara budidaya tanaman bunga kenanga yang baik sebagai berikut;
  • Mengisi pot dengan arang kayu, pecahan genting dan tanah yang diberi pupuk kandang.
  • Tanam bibit dengan posisi tegak pada bagian tengah pot
  • Lakukan penyiraman hingga air keluar dari media pot
  • Gunakan pupuk NPK pada saat pemupukan pada saat tanaman berumur 3 bulan
  • Berikan pupuk sebanyak setengah sendok teh per pot
  • Ulangi pemupukan seperti itu hingga tanaman 6 bulan

Apabila budidaya dilakukan dengan benar maka mendapatkan hasil bahkan melebihi dari ekspektasi yaitu tanaman bunga kenanga akan rajin berbunga.

Analisa Usaha Tanaman Bunga Kenanga

Telah saya sampaikan diawal postingan ini bahwa jika ingin memulai bisnis tanaman bunga kenanga sebaiknya lakukan analisa usaha terlebih dahulu. Analisa usaha memang sangat penting agar bisa mengetahui besaran modal, alat apa yang digunakan, estimasi penghasilan dan keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis tanaman bunga kenanga ini.

Modal 

Untuk memulai bisnis tanaman bunga kenanga membutuhkan modal sebesar Rp.4.861.360,- untuk keperluan membeli alat beserta perlengkapan lainnya seperti pembukaan lahan, pengadaan bibit tanaman, pompa air, mesin semprot, terpal,cangkul, gerobak, golok, dll.

Biaya Operasional Bulanan

Setiap usaha pasti membutuhkan biaya operasional bulan tidak terkecuali bisnis tanaman bunga kenanga yang membutuhkan biaya sebesar Rp.1.167.019,- sedangkan untuk biaya variabel sebesar Rp.5.395.500,-

Jadi, total biaya operasional bulanan dari bisnis tanaman kenanga sebesar Rp.7.074.519,- perBulan.

Setiap bisnis yang membutuhkan biaya yang cukup besar pasti berbanding lurus dengan keuntungan yang akan diperoleh. mari kita buktikan

Estimasi Penghasilan

Saat ini harga tanaman bunga kenanga terbilang cukup tinggi. Jadi diestimasikan harga Rp.14.500,- dan pelaku bisnis dapat memproduksi 140 pot perPanen.

Rumus menghitung penghasilan perpanen dari tanaman bunga kenangan sebagai berikut;

140 pot x Rp. 14.500 = Rp. 2.030.000
Rp. 2.030.000 x      5 hr = Rp. 10.150.000

Keuntungan per Bulan

Sedangkan untuk menghitung keuntungan dari bisnis tanaman bunga kenanga bisa menggunakan rumus sebagai berikut;

 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    10.150.000 7.074.519 = Rp.      3.075.481

Sebenarnya, bukan hanya tanaman bunga kenanga yang dapat memperoleh keuntungan yang menggiurkan, namun ada tanaman wewangian lainnya juga sangat berpotensi untuk memperoleh keuntungan yang besar yaitu tanaman akar wangi.

Jika Anda berminat, saya rekomendasikan untuk membaca postingan ini : Analisa peluang bisnis tanaman akar wangi untuk mengetahui modal, keuntungan, beserta langkah-langkahnya.

Sistem Pemasaran Tanaman Bunga Kenanga

Dalam berjualan budidaya bunga kenanga, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar atau langsung ke pengepul. Serta juga bisa memasarkan bunga kenanga ke pecinta bunga hias ini agar lebih menguntungkan.

Dari analisa usaha tanaman bunga kenanga yang ada diatas, kita sudah dapat menyimpulkan bahwa  Rp 4.861.360 dengan kentungan per bulan Rp 3.075.481 maka balik modal hanya membutuhkan waktu 2  bulan. Selamat mencoba...
 

Start typing and press Enter to search