-->

Analisa Usaha Tanaman Bunga Hias Dan Peluang Bisnisnya Yang Menguntungkan

- August 18, 2020
Usaha tanaman bunga hias memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan, namun sebelum memulainya Anda perlu melakukan analisa agar bisa mengetahui berapa modal yang akan dibutuhkan, keuntungan yang diperoleh dan begitu pula dengan cara budidaya tanaman hias agar bisnis bisa mencapai kesuksesan.

Ada banyak sekali jenis tanaman bunga hias yang dicari oleh banyak orang dan sangat laku dipasaran termasuk tanaman hias bunga mawar , Bogenville, Anggrek, geranium, teratai, Lotus, Lili Paris, Kemuning, lili, matahari, asoka dan masih banyak lagi.

Karena peluang bisnis tanaman bunga hias begitu cemerlang, tak sedikit pebisnis yang sudah mulai melirik usaha ini.

Analisa bisnis tanaman bunga hias

Kabar baiknya adalah Anda seorang pemula yang ingin mencoba menjalankan bisnis tanaman bunga hias, sebaiknya menyimak terlebih dahulu analisa usaha tanaman bunga hias yang saya akan bahas secara lengkap dalam postingan kali ini.

Namun sebelum itu, simak beberapa hal yang tak kalah pentingnya berikut ini;

Siapa Yang Dapat Menjalankan Usaha Tanaman Bunga Hias

Semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjalankan bisnis tanaman bunga hias ini namun akan lebih tepat bagi orang yang memang menyukai tanaman bunga hias.

Pada umumnya, yang banyak menjalankan bisnis tanaman bunga hias ini dari kalangan perempuan yang sebagian besar memang menyukai bunga hias. Tak sedikit juga dari mereka sukses menjalankan usaha tanaman hias.

Peluang Bisnis Tanaman Bunga Hias

Jika kita cermati dari pengalaman ibu Fitriani sudah dipastikan bahwa bisnis tanaman bunga hias memang sangat menguntungkan dan sangat cemerlang dalam beberapa tahun kedepan. Bermodalkan kreatifitas, ilmu dan modal lainnya sebagai penunjang aktifitas bisnis juga bisa mencapai kesuksesan.

Bila Anda mencari refrensi bisnis sejenis tanaman bunga hias yang menguntungkan, saya merekomendasikan untuk membaca postingan ini analisa usaha tanaman bunga kenanga dan peluang bisnisnya yang cemerlang.

Cara Budidaya Tanaman Bunga Hias Dalam Pot Dengan Benar

Budidaya tanaman bunga hias tidak boleh dilakukan sembarang melainkan harus dengan cara yang benar. Bila tidak, maka bunga hias bisa saja layu sebelum berkembang.

Oleh sebab itu, sebaiknya simak langkah-langkah atau cara budidaya tanaman bunga hias yang benar berikut ini:
  • Pilihan jenis tanaman yang memiliki potensi bisnis yang besar dan luas. Diantaranya adalah bunga Anggrek, Mawar, Geranium, dan sejenisnya.
  • Siapkan pot sesuai kebutuhan.dan pupuk kompos dan tanah.
  • Siapkan alat seperti sekop kecil dan semprotan air.
  • Pada proses penanaman, campurkan tanah dengan pupuk kompos agar tanah memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman bunga hias.
  • Tanam bibit tanaman bunga hias ke dalam media tanam sebagai langkah terakhir.

Pada proses perawatan, lakukan penyiraman tanaman secara rutin serta pupuk pompos. Untuk mencegah serangan hama pada tanaman bunga hias, perlu diberikan pestisida dan insektisida.

Analisa Usaha Tanaman Bunga Hias Yang Menguntungkan 

Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis ini, pelaku bisnis harus melakukan analisa usaha tanaman bunga hias terlebih dahulu dengan tujuan agar bisa mengetahui berapa modal yang perlu dipersipakan dan berapa estimasi penghaslan dan keuntungan yang aka diperoleh.

Dalam analisa ini, saya anggap kebun sebagai lokasi untuk bisnis tanaman bunga hias karena tidak tertutup kemungkinan bisnis ini akan berkembang semakin besar dan cepat.

Modal

Jadim untuk modal awal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha bisnis tanaman bunga hias sebesar Rp. 5.310.110.- untuk keperluan sewa lahan dan peralatan. Berikut rinciannya:
  • pembukaan kebun bunga hias Rp.1.265.000
  • pengadaan bibit bunga hias Rp.1.454.000
  • sewa lahan kebun bunga hias Rp.1.357.600
  • pompa air Rp.245.500
  • mesin semprot Rp.254.800
  • timba dan terpal Rp.105.550
  • cangkul Rp.76.700
  • selang air dan gunting Rp.120.700
  • gerobak dorong Rp.247.000
  • golok dan sabit Rp.85.760
  • Peralatan tambahan yang lainnya Rp.97.500
  • Total Rp.5.310.110

Sedangkan untuk biaya variabel dan operasional bulanan sebesar Rp.1.681.464 + Rp.6.083.700 = Rp. 7.765.164

Estimasi Penghasilan

Diasumsikan harga tanaman bunga hias per pot Rp.20.000,- Jadi untuk menghitung penghasilan tanaman bunga hias per panen bisa menggunakan rumus sebagai berikut:
  • 90 pot  x Rp.20.000 = Rp. 1.800.000
  • Rp. 1.800.000  x 6 hr =  Rp. 10.800.000

Keuntungan Per Bulan

Untuk menghitung keuntungan tanaman bunga hias per bulan bisa menggunakan rumus sebagai berikut:
  • Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
  • Rp. 10.800.000  – 7.765.164 = Rp. 3.034.836

Sistem Pemasaran Tanaman Bunga Hias 

Untuk sistem pemasaran tanaman bunga hias sangatlah mudah dan sederhana. Anda bisa  memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar atau langsung ke pengepul. Serta juga bisa memasarkan bunga hias ke pecinta bunga hias ini agar lebih menguntungkan.

Sebagai referensi bisnis sejenis ini, saya menyarankan untuk membaca artikel berikut: Analisa peluang bisnis tanaman akar wangi

Kesimpulan 

Dari ulasan analisa usaha tanaman bunga hias yang ada diatas tentu Anda sudah bisa menarik kesimpulan bahwa bisnis ini memang layak untuk dilirik karena keuntungan yang akan diperolah cukup menjanjikan. Bahkan hanya dalam kurung waktu beberapa bulan saja sudah balik modal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...
 

Start typing and press Enter to search