Sukses Beternak Burung Puyuh Dengan 5 Tips Mudah

- 7/29/2020

Tips sukses beternak burung puyuh sangat penting untuk diketahui untuk pemula. Pasalnya, dalam ternak burung puyuh ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal-asalan sebab jenis hewan yang satu memerlukan tempat dan perawatan yang ekstra terlebih jika dalam jumlah yang banyak.

Mengenai potensi burung puyuh khususunya di Indonesia dianggap sebagai salah satu komoditas yang paling potensial. Pasarnya yang luas dan dibutuhkan setiap waktu (continue) juga menjadi salah satu alasan Anda bisa memulai usaha ternak puyuh Petelur.

Pada umumnya, budidaya burung puyuh memerlukan lokasi yang tepat, demikin pula dengan kandang dan pemilihan induk serta pemberian pakannya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui lebih jelasnya simak 5 tips sukses budidaya ternak burung puyuh petelur yang ada dibawah ini:

1. Pemilihan Lokasi Budidaya Ternak

Tips pertama yang perlu diperhatikan agar budidaya ternak burung puyuh petelur bisa sukses yaitu dengan memilih lokasi yang tepat yang jauh dari ancaman hama dan penyakit. Misalnya penyakit flu burung atau hama tikus, garangan, dan biawak.

2. Cara Memilih Induk Burung Puyuh Petelur

Pemilihan indukan burung puyuh petelur dengan tepat adalah faktor penting kesukesan. memilih induk buruh puyuh petelur sangat berbeda dalam memilih indu burung puyuh pedaging. Oleh sebab itulah, Anda disarankan untuk memilih indukan burung puyuh petelur dari jenis Coturnix coturnix japonica.

Coturnix coturnix japonica merupakan jenis burung puyuh yang biasa dijadikan sebagai hewan ternak. Puyuh jenis ini mampu menghasilkan telur sebanyak 250—300 butir per ekor untuk setiap tahunnya.

3. Ukuran Kandang

Perlu menyiapkan kandang bertingkat yang berukuran minimal 3x4 meter untuk menampung 1000 ekor burung puyuh. Selain itu, perhatikan juga sistem kandang burung puyuh yang mencakup suhu antara 20-25 derajat celsius. Kelembapan udara dan cahaya yang cukup juga salah satu faktor penentu kesuksesan.

4. Pakan Berkualitas

Untuk mencapai kesuksesan, memlih jenis pakan yang tepat dan berkualitas akan membantu perkembangan burung puyuh serta dapat merangsang burung puyuh untuk memproduksi telur dalam jumlah yang banyak. Kualitas telur burung puyuh juga sangat baik jika pakan yang diberikan memiliki kualitas yang baik pula.

5. Cara Pemberian Pakan

Tak cukup hanya sampai pemilihan pakan. Cara pemberian pakan kepada burung puyuh juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam budidaya ternak burung puyuh petelur.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan nafsu makan burung puyuh, Anda bisa juga menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak kedalam pakan ternak. Caranya adalah dengan mencapurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak kedalam pallet, remahan atau tepung dengan dosis 0,3 ml/ekor.

Baca juga: Tips sukses jual beli cabe untuk meraup keuntungan jutaan rupiah

Kesimpulan

Dari ulasan tips yang ada diatas, kita sudah dapat menarik kesimpulan bahwa jika ingin sukses dalam budidaya ternak burung puyuh petelur harus dimulai dari pemilihan lokasi yang tepat. Selain itu, pemilihan induk burung puyuh, ukuran kandang dan pemberian pakan burung puyuh yang baik juga menjadi faktor penentu kesuksesan. Selamat mencoba...
 

Start typing and press Enter to search