Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Analisis SWOT dan Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan

Pengertian Analisis SWOT atau SWOT Analisis merupakan kepanjangan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). 

Dengan menggunakan analisis SWOT untuk meriset suatu usaha, Anda akan mengetahui apakah usaha tersebut layak untuk dijalankan. Lihat bagaimana cara menganalisis peluang usaha dengan SWOT agar Anda bisa mendapatkan jenis usaha yang layak untuk dijalankan. 

Analisis SWOT dibagi menjadi dua jenis yaitu faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar). Faktor internal termasuk (Streangth dan Weaknes) sedangkan faktor eksternal termasuk (Oppotunities dan Threats).

Pengertian Analisis SWOT


Pengertian SWOT Analisis atau Analisis SWOT merupakan kepanjangan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Memahami Maksud Dari Analisis SWOT


Analisis SWOT memiliki 4 unsur penting dan memiliki pengertian atau maksud masing-masing. pahami unsur penting dalam analisis swot dibawah ini;
  1. Strength atau kekuatan adalah karakteristik organisasi ataupun proyek yang memberikan kelebihan / keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
  2. Weakness atau Kelemahan adalah karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.
  3. Opportunities atau peluang adalah peluang yang dapat dimanfaatkan bagi organisasi ataupun proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.
  4. Threats atau ancaman adalah ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi ataupun proyek yang dapat menghambat  perkembangannya.

Contoh Analisis SWOT Produk Makanan Ringan (Keripik Singkong) 


Nah, dibawah ini adalah contoh analisis Swot produk makanan ringan yaitu keripik singkong. Silahkan disimak baik-baik.

KEKUATAN
  • Tidak mudah basi.
  • Harga terjangkau.
  • Bahan baku yang tidak terlalu mahal.
KELEMAHAN
  • Modal terbatas.
  • Pemasaran belum meluas.
  • Tidak memiliki label.
  • Varian rasa yang kurang variatif.
  • Kurangnya SDM.
PELUANG
  • Penjualan produk di situs online.
  • Menambah varian rasa baru.
ANCAMAN
  • Bersaing dengan produk ternama.
  • Bahan baku musiman.
  • Produk yang mudah ditiru.

Bagaimana, tidak sulit ‘kan menggunakan analisis SWOT? Setelah membaca tulisan diatas saya yakin Anda sudah bisa melakukan analisis terhaddap bisnis yang akan atau sedang dijalankan.