Peluang Usaha Ternak / Budidaya Semut Jepang - Penghasilan 10 Juta Perbulan

- 7/12/2020

Peluang usaha ternak semut jepang - Apakah Anda termasuk pencinta serangga? Jika iya, maka ini merupakan kabar baik untuk Anda. Salah satu jenis serangga yang dapat mendatangkan penghasilan hingga 10 juta per bulan yaitu semut jepang.

Anda pasti mungkin kaget dan bertanya seperti ini, bagaimana mungkin semut jepang bisa mendatangkan penghasilan sebanyak itu?

Tentu bisalah sobat! Tapi bukan serangganya sobat yang membawa langsung uangnya kepada Anda namun dengan cara berternak semut jepang agar dapat berkembang biak dan semut jepang-nya dijual kembali.

Sebelum membahas lebih jauh soal peluang usaha ternak semut jepang, mari kita simak terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini.

10 Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan Manusia

Yang membuat harga semut jepang melambung tinggi dipasaran disebabkan karena semut jepang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menjaga kadar gula dalam darah
  2. Menurunkan kadar kolesterol
  3. Membantu mengobati penyakit jantung
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menambah vitalitas untuk pria dan wanita
  6. Mencegah penyakit kanker
  7. Mengobati penyakit liver
  8. Mengatasi penyakit asam urat
  9. Mencegah penyakit anemia
  10. Meningkatkan metabolisme tubuh
Sebelum mengetahui seberapa besar peluang usaha semut jepang, saya akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan salah satu pelakua usaha semut jepang.

Artikel rekomendasi: ketahui beberapa manfaat mengkomsumsi ayam bagi kesehatan tubuh!

Pelaku Usaha Ternak Semut Jepang Yang Sukses

Sebagai inpirasi dan motivasi, saya akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan salah satu pelaku usaha ternak semut jepang yang telah sukses meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

Dikutip dari laman bisnis kompas[dot]com, Riyanto Ibrahim dari Mojokerto. Pria yang berumur 38 tahun telah sukses meraup untung hingga puluhan juta rupiah per bulan. Beliau telah berternak semut jepang sejak 7 tahun lalu hingga sekarang.

Jadi pada intinya, siapapun bisa menjalankan usaha ini asalakan punya kemauan dan ulet agar bisa mengikuti jejak kesuksesan yang dialami oleh Bapak Riyanto Ibrahim.

Artikel rekomendasi: cari tahu pelaku usaha tusuk sate yang meraup omset puluhan juta per bulan.

Peluang Usaha Ternak Semut Jepang

Dari sekian banyak usaha peternakan, berternak semut jepang termasuk salah satu jenis usaha yang memiliki peluang yang sangat baik dan cerah. Pasalnya, semut jepang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga harga semut jepang sangat mahal.

Karena harga semut jepang yang mahal, tentunya ini menjadi peluang yang sangat baik bagi siapa saja yang inigin menghasilkan pendapatan hingga puluhan juta rupiah.

Artikel rekomendasi:  peluang usaha ternak ular kobra yang menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Cara Berternak Semut Jepang

Berternak semut jepang sebenarnya tidak sulit, kita hanya butuh toples plastik dan media kapas untuk sarang semut Jepang. Pakan semut Jepang adalah ragi tape yang mudah didapatkan di pasar tradisional. Adapun peralatan lainnya yang akan digunakan, bisa dilihat dibagian bawah.

Artikel rekomendasi: cara berternak ayam negeri agar usaha bisa sukses.

Analisa Modal Usaha Ternak Semut Jepang

Agar usaha bisa berjalan, ternak semut jepang membutuhkan analisa yang baik agar bisa diketahui berapa modal yang akan dibutuhkan.

Modal Investasi

Untuk menjalankan usaha ternak semut jepang membutuhkan modal sebesar 4-5 juta untuk keperluan pembelian alat seperti toples, bibit seemut jepang, baskom, kandang semut, pembersih, serbet, dan peralatan lainnya dengan jumlah total sebesar Rp.4.071.750.-

Biaya Operasional dan Variabel

Sedangkan untuk biaya operasional dan variabel sebesar Rp.7.066.035.-

Artikel rekomendasi: cari tahu modal usaha ternak cacing dari analisa usahanya.

Estimasi Keuntungan Ternak Semut Jepang

Untuk menghitung penghasilan dan keuntungan dari ternak semut jepang dengan asumsi 10.000 ekor semut jepang, dimana harga semut jepang sebesar Rp.1.000,- per Ekor, maka hasil yang akan didapatkan sebagai berikut:

Penghasilan (omset) perBulan

10.000 x 1.000 = 10.000.000.-

Keuntungan perBulan

Rp.10.000.000 - Rp.7.066.35 = Rp.2.933.965

Jadi, keuntungan bersih yang akan diperoleh dari ternak semut  jepang sebesar Rp.2.933.965,-

Artikel rekomendasi: Analisa keuntungan ternak jangkrik yang sangat menjanjikan.

Kesimpulan

Dengan omset sebesar Rp.10.000.000,- perbulan dan keuntungan sebanyak Rp.2.933.965 perbulan dari ternak semut jepang, maka siapa lagi yang tidak mau menjalankan usaha yang satu ini? Selamat mencoba ya sobat!
 

Start typing and press Enter to search