Kumpulan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil [Update 2020]

- 7/13/2020

Memiliki usaha rumahan hampir menjadi impian semua orang. Selain praktis karena hanya dikerjakan dari rumah, juga bisa menghasilakan keuntungan yang besar. Apakah Anda selama ini bingung untuk mencari usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang minim? So... jangan khawatir, karena dalam postingan kali ini kalian akan menemukan kumpulan peluang usaha rumahan modal kecil yang bisa kalian coba

Kumpulan Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Berdasarkan ulasan dari laman kolomsatu.com, ada banyak peluang usaha rumahan modal kecil dengan keuntungan yang cukup besar.

Usaha rumahan modal kecil yang dimaksud termasuk usaha kelontong, dropship, laundry, katering, menjahit, makanan ringan, kursus masakan, cuci motor, affiliate marketing, game, rental band, ikan hias dan masih banyak lagi contoh usaha rumahan lainnya.

Lalu, berapakah modal yang dibutuhkan dan berapa besar keuntungan yang diperoleh dari masing-masing usaha rumahan tersebut? Simak ulasan lengkapnya yang ada dibawah ini:

1. Dropshipper


Dropshipper merupakan usaha yang bisa dikerjakan dari rumah. Usaha ini hanya bermodalkan akses internet menggunakan hp atau komputer dengan estimasi keuntungan sebesar 1,5 juta perBulan.

2. Jasa Laundry Kiloan


Laundry kiloan merupakan usaha yang juga bisa dikerjakan dari rumah. Lokasi strategis yang sangat cocok untuk usaha ini tepat berada ditengah pemukiman yang padat. Modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha laundry kiloan sebesar 4-5 juta dengan estimasi keuntungan sebesar 6,3 juta perBulan.

3. Katering Harian


Katering harian adalah usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Bermodalkan 5 juta rupiah, usaha katering harian sudah bisa dijalankan dengan estimasi keuntungan sebesar 15 juta perBulan.

4. Menjahit Pakaian


Usaha menjahit pakaian merupakan usaha yang bisa dikerjakan dari rumah. Dengan investasi modal sebesar 2,3 juta rupiah saja, usaha ini memiliki potensi penghasilan sebesar 2 juta perBulannya.

5. Cuci Motor


Usaha cuci motor merupakan usaha yang bisa dijalankan di depan rumah. Bermodalkan 3 juta  rupiah untuk membeli mesin bekas, usaha ini bisa memperoleh keuntungan sebesar 3 juta perBulan, terlebih jika musim penghujan tiba, usaha cuci motor akan laris manis.

6.  Cemilan


Usaha cemilan juga merupakan usaha rumahan yang menjanjikan. Dengan modal yang kecil, Anda sudah bisa memproduksi makanan ringan seperti "kerupuk" yang bisa dilakukan dalam rumah. Keuntungan yang diperoleh dari usaha makanan ringan ini juga lumayan besar.

7. Membuka Kursus Masakan


Dengan memiliki skill memasak yang baik, Anda bisa membuka kursus masakan yang bisa dimulai dari rumah. Bermodalkan skill yang dimiliki, Anda bisa memperoleh penghasilan iuran bulanan dari peserta.

8. Affiliate


Affiliate merupakan bisnis online yang bisa dijalankan dimana saja. Dengan bermodalkan akses internet dan smartphone, Anda sudah bisa menjalankan bisnis Affiliate ini. Keuntungan yang diperoleh dari selisih harga barang yang berhasil terjual.

9. Rental Game PS 2


Rental game PS 2 adalah usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Untuk memulai usaha ini, Anda harus menyiapkan modal sebesar 1 juta rupiah untuk membeli 1 unit game playstation 2 bekas dan 1 unit tv tabung bekas.

Pada umumnya tarif rental game ps 2 berada diangka 2-3 ribu perjam. Estimasi penghasilan dari rental game PS 2 sebesar 900 ribu perBulan. Sangat menjanjikan bukan?

10. Rental Band


Usaha rental band bisa Anda bangun jika memiliki ruangan yang tida terpakai dalam rumah. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar jika membeli peralatan band yang bekas.

Estimasi keuntungan yang diperoleh dari usaha rental band sebesar 30-50 ribu per jam. Jika rental band disewa selama 10 jam setiap hari, maka penghasilan yang akan diperoleh minimal 9 juta perBulan.

11. Menjual Ikan Hias


Usaha menjual ikan hias merupakan peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Dengan memiliki lokasi yang cukup luas, sangat berpotensi untuk mengembangkan usaha ini hingga berskala besar.

Untuk memulai berjualan ikan hias, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 500 rb untuk keperluan pembelian bahan pembuatan kolam atau juga bisa membeli aquarium mini dan sepasang indukan ikan hias.

Jika usaha ini berhasil Anda kembangkan hingga skala besar, maka yakinlah usaha ini memiliki potensi keuntungan yang sangat besar

12. Design Grafis


Bagi Anda yang memiliki skill design grafis, cobalah untuk membuka jasa design grafis. Anda bisa memasang spanduk promosi depan rumah atau bisa melakukan promosi online.

Ada banyak jenis jasa design grafis yang bisa Anda tawarkan diantaranya design logo, design kartu nama hingga design rumah. Dari usaha ini, Anda bisa memperoleh penghasilan jutaan rupiah khususnya untuk jasa design rumah.

13. Konter Pulsa


Usaha konter pulsa diyakini bisa memperoleh keuntungan yang sangat menjanjikan. Jadi jangan heran jika usaha yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah. Usaha konter pulsa bisa Anda jalankan dirumah karena sistemnya berbasis online yang hanya memerlukan koneksi internet dan smartphone.

Ketahui rincian modal dan keuntungan yang diperoleh dari usaha konter pulsa dan temukan tips sukses berjualan pulsa pada postingan sebelumnya.

14. Freelancer


Freelancer merupakan salah satu bisnis online yang bisa Anda coba jalankan jika memiliki skill tertentu. Jika Anda memiliki skill yang baik menulis artikel, segeralah membuka jasa tulis artikel untuk website.

Ada dua jenis artikel yang bisa Anda tawarkan kepada pemilik website yaitu jasa tulis artikel bahasa Indonesia dan Inggris. Tarif harga perartikel ini bervariasi, untuk artikel bahasa Indonesia (300 kata) dihargai sebesar 10-35 ribu, dan untuk artikel berbahasa Inggris (300 kata) sebesar 20-45 perArtikel. Sangat menjanjikan bukan?

Bayangkan jika Anda mendapatkan masing-masing 10 orderan artikel bahasa Indonesia dan Inggris setiap harinya, sudah berapa banyaka penghasilan yang bisa diperoleh? Silahkan hitung sendiri ya!

15. Youtuber


Menjadi seorang youtuber di era digital ini sangat menjanjikan, Pasalnya, Anda hanya upload video ke Youtube dan video Anda ditonton oleh jutaan pengguna youtube, maka Anda memiliki potensi penghasilan yang sangat besar.

Faktanya, sudah banyak youtuber yang memperoleh penghasilan hingga miliyran rupiah termasuk Atta Halilintar dan Ria Ricis. Lihat berapa besar penghasilan youtuber ini sebagai motivasi Anda untuk menekuni profesi ini.

16. Jasa Service Elektronik


Jasa service elektronik merupakan usaha dibidang jasa yang bisa dikerjakan dari rumah. Buat kalian yang memiliki pengetahuan untuk memperbaiki alat-alat elektronik, maka usaha ini sangat cocok untuk Anda.

Penghasilan yang diperoleh dari jasa service elektronik ini juga tidak main-main. Anda bisa menetapkan tarif hingga ratusan ribu rupiah untuk satu perangkat elektronik yang berhasil diperbaiki.

17. Guru Les Private


Menjadi seorang guru les private rumahan adalah pilihan terbaik untuk Anda bagi yang menyukai anak-anak. Banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya dikantor sehingga tidak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.

Kebanyakan orang tua yang super sibuk menyewa guru private untuk membimbing anak-anak mereka. Tentu ini menjadi kesempatan yang sangat baik baik Anda yang benar-benar punya kamauan untuk menjadi seorang guru les private.

18. Jasa Konsultasi SEO Website


Jika Anda memiliki pengetahuan SEO (Search Engine Optimation) yang mumpuni Anda bisa membuka jasa konsultasi SEO untuk website dan blog. Ada banyak pemilik website atau blog sangat sulit masuk dihalaman pertama search engine untuk mendapatkan visitor sebab mereka tidak paham akan pentingnya menerapkan SEO untuk website mereka.

Ini adalah kesempatan yang bagus untuk Anda. Selain usaha jasa konsultasi SEO ini bisa kerjakan dirumah, modalnya pun juga sangat kecil karena hanya membutuhkan koneksi internet dan smartphone sebagai alat promosi jasa Anda.

19. Jasa Dekorasi Rumahan


Buat Anda yang memiliki jiwa seni, sebaiknya membuka jasa dekorasi untuk acara rumahan misalnya acara ulang tahun anak-anak.

Anda memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan dengan menawarkan jasa dekorasi kepada orang tua yang akan membuat acara ualang tahun untuk anaknya.

20. Air Minum Isi Ulang


Masyarakat modern saat ini lebih memilih mengkomsumsi air minum isi ulang, terutama masyarakat perkotaan. Selain praktis, air minum isi ulang juga dikenal steril dari kuman karena menggunakan mesin khusus.

Usaha air minum isi ulang ini bisa Anda jalankan dari rumah. Meski modal yang dibutuhkan tidak kecil namun potensi keuntungan yang diperoleh sangat besar. Ketahui rincian modal dan keuntungan usaha air minum isi ulang pada postingan sebelumnya.

21. Agen PPOB


Usaha Agen PPOB merupakan usaha rumahan yang menguntungkan. Anda hanya mengeluarkan sedikit modal untuk menerima pembayaran tagihan dari pelanggan PLN, PDAM, Internet hingga tiket pesawat. 

22. Jasa Potong Rambut


Jasa potong rambut merupakan usaha modal kecil untung besar. Setiap pelanggan yang membutuhkan jasa potong rambut Anda, Anda akan memperoleh penghasilan sebesar 5-10 ribu perSatu pelanggan.

Bayangkan jika Anda mendapatkan 10 pelanggan setiap hari, maka potensi penghasilan dari jasa potong rambut minimal 1,5 juta perBulan.

23. Jasa Pembuatan Website


Banyak pelaku usahanya membutuhkan website memperkenalkan usahanya melalui Internet. Ini merupakan sebuah peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki skill dalam membuat website.

Anda bisa mendatangi pemilik usaha atau menawarkan jasa pembuatan website melalui internet. Penghasilan jasa pembuatan internet ini sangat menjanjikan dan bervariasi.

Contohnya: Anda mendapatkan pemilik usaha yang meminta Anda untuk membuat toko online, Anda boleh menentukan tarif sesuai keinginan. Namun pada umumnya, biaya pembuatan website sebesar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Biaya pembuatan toko online juga bergantung pada fasilitas yang ada pada toko online tersebut. Semakin canggih fasilitasnya maka semakin besar pula biaya yang dibayar oleh pelanggan.

24. Budidaya Ternak Kroto


Ternak kroto merupakan usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Kroto adalah jenis serangga kecil, dimana telur dari seranggan ini memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan mengeluarkan modal kecil untuk membuat kandang kroto dan berhasil membudidayakannya maka Anda akan memiliki potensi penghasilan yang sangat besar.

Pemilik hobi macing sangat senang menggunakan telur kroto sebagai umpan. Telur kroto juga digunakan sebagai pakan burung peliharaan.

Harga telur kroto saat ini sebesar 120 ribu perKilo. Bayangkan jika kroto dapat memproduksi 10 kilo telur perminggu, maka omzet yang dihasilkan sebesar 4,8 juta perBulan.

25. Membangun Toko Online


Membangun toko online sebaga wadah untuk menawarkan produk yang kita miliki secara online juga merupakan usaha rumahan yang sangat menjanjikan. Gaya hidup masyarakat modern saat ini dalam urusan belanja lebih memilih secara online karena sangat praktis dan tak perlu keluar rumah.

Jika Anda memiliki produk yang selama ini berjualan secara offline, segeralah untuk membangun toko online untuk meningkatkan omzet penjualan. Modal yang dibutuhkan juga kecil, Anda hanya menyewa hosting, domain dan membeli template toko online dengan biaya sebesar

26. Service Hp


Jasa service Hp merupakan usaha rumahan yang menguntungkan. Jika Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki hp, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka jasa service hp. Agar tidak membutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat, cobalah mulai dari rumah terlebih dahulu.

Hampir semua orang memiliki Hp sebagai alat komunikasi, dan tidak sedikit dari mereka yang membutuhkan jasa service hp karena ingin memperbaiki kerusakan pada hp yang mereka miliki. Dan ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan.

27. Warnet


Warnet merupakan salah satu usaha rumahan yang juga memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Oleh sebab itu, Anda tak perlu heran jika Anda dapat menemukan warnet dimana-mana.

Sebenarnya untuk memulai usaha ini membuthkan modal yang tidak kecil, namun untuk menekan biaya, mualailah menjalankan usaha ini dengan membeli 2 perangkat unit komputer bekas dan pilihlah paket langganan internet yang paling murah.

Potensi penghasilan dari usaha warnet juga cukup menjanjikan. Anda boleh mentepkan tarif sewa sebesar 3 ribu rupiah perJam. Jika Anda memiliki 10 pelanggan perhari yang menyewa warnet masing-masing 1 jam, maka omzet yang dihasilkan sebesar 900 ribu perBulan.

28. Menjadi Reseller Baju Muslim


Menjadi Reseller merupakan salah satu bisnis online juga sangat diminati dan bisa dikerjakan kapan dan dimana saja. Usaha rumahan yang satu ini juga cukup menjanjikan terlebih jika menjadi Reseller baju muslim.

Penduduk Indonesia mayoritas muslim dan ini adalah peluang yang sangat baik bagi seorang Reseller baju muslim. Seorang Reseller bisa menawarkan jualannya di media social. Potensi keuntungan yang akan didapatkan dari selisih harga beli barang.

Menjadi seorang Reseller baju muslim tentu akan mendapatkan harga yang lebih murah dari pelanggan biasa.

29. Pertamini


Usah Pertamini (berjualan bahan bakar eceran) merupakan usaha rumahan yang saat ini juga sudah menjamur. Anda bisa memulai usaha ini dengan cara menyimpan alat pertamini di depan rumah dan mualailah berjualan bensin atau pertralite.

Pertamini memiki banyak macam dan harganya pun bervariasi. Meskipun membutuhkan sebesar 7,5 juta untuk memulai usaha pertamini, namun memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar. Itulah sebabnya mengapa banyak pelaku usaha yang memilih untuk menjalankan usaha ini.

30. Jasa Manajemen Medsos


Membuka jasa manajemen sosial ini cukup mudah. Hanya Hanya membutuhkan perangkat komputer biasa dan akses internet, jasa ini sudah bisa dijalankan dari rumah.

Anda tentu sering melihat iklan digital dan fanspage bisnis di media sosial. Kegiatan tersebut ternyata membutuhkan manajemen yang baik agar bisnis yang mereka promosikan mampu tepat sasaran. Itulah alasan mengapa jasa manajemen media sosial dibutuhkan saat ini.

31. Jasa Service Elektronik


Jasa service elektronik merupakan usaha rumahan yang cocok bagi anda yang memiliki kemampuan barang elektronik seperti, Televisi, Kulkas, Laptop dan perangkat elektronik lainnya.

Dengan membuka jasa elektronik tentu modal yang disiapkan cukup kecil. Bermodalkan skill dan alat sejenis obeng, Anda sudah bisa mulai dan mendapatkan penghasilan dari barang elektronik yang berhasil Anda perbaiki.

32. Berjualan Es Krim


Dengan berjualan es krim dirumah, Anda memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan yang menjanjikan. Pasalnya es krim disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk menjalankan usaha jualan es krim cukup membutuhkan modal kecil untuk keperluan bahan membuat es krim.

Anda dapat menjadi pengusaha es krim yang sukses jika berani untuk berinovasi dari segi penjualan hingga variasi es krim.

33. Berjualan Roti Bakar


Memiliki banyak varian rasa membuat roti bakar menjadi jajanan yang saat ini juga sangat disukai oleh masyarkat. Usaha berjualan roti bakar umumnya menggunakan gerobak, tetapi bagi seorang pemula, usaha ini dapat dimulai dijalankan dari rumah.

Sama halnya dengan usaha rumahan lainnya, untuk berjualan roti bakar hanya membutuhkan modal yang kecil namun potensi keuntungan yang akan dihasilkan cukup besar. Usaha kuliner seperti ini sebenarnya merupakan usaha yang akan terus tumbuh dari waktu ke waktu. Semakin banyak jumlah penduduk, maka semakin besar pula peluang yang ada.

34. Berjualan Bubur Ayam


Bubur ayam merupakan usaha sebenarnya bisa dijalankan dari rumah meskipun pada umumnya usaha ini sebenarnya membutuhkan gerobak, tujuannya agar dengan mudah mencari lokasi yang strategis untuk berjualan.

Jika Anda hanya memiliki modal kecil namun punya keinginan besar untuk berjualan bubur ayam, mulailah mencoba untuk menjalankan usaha ini dirumah. Bisa kok...

Kunci keberhasilan usaha makanan bukan hanya faktor lokasi tetapi juga dari segi rasa dan pelayanan. Semakin baik kualitas layanan dan produk Anda, maka sudah dapat dipastikan akan laris manis.

35. Toko Kelontong


Toko kelontong merupakan usaha rumahan sejuta ummat dan sangat digemari. Dengan menginvestasikan modal sebesar 5 juta rupiah, isi toko Anda sudah lengkap, mulai dari kebutuhan makanan, minuman, cemilan hingga kebutuhan dapur pelanggan.

Pelajari analisa usaha toko kelontong untuk mendapatkan rincian modal dan keuntungan yang diperoleh dari usaha rumahan yang satu ini.

36. Berjualan Nasi Uduk


Di kota-kota besar seperti jakarta dan surabaya, nasi uduk biasanya dijajakan pada malam hari. Meskipun demikian, berjualan nasi uduk tetap bisa dijalankan dengan membuka warung nasi uduk di depan rumah Anda.

Ada berbagai jenis lauk pauk yang bisa disajikan bersama nasi uduk, misalkan ayam goreng, ikan lele, ikan nila dan lain sebagainya. Biasanya nasi uduk yang dicari oleh pelanggan tidak lain adalah rasa sambal. Jadi, buatlah sambal nasi uduk Anda se enak mungkin agar kebanjiran order.

37. Warung Angkringan


Dengan pasaran yang luas dan terus bertambah, angkringan merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Untuk memulai usaha angkringan, Anda membutuhkan modal sebesar 5 juta dengan estimasi keuntungan yang menjanjikan.

Pelajari analisa usaha angkringan untuk mendapatkan informasi tentang rincian modal dan keuntungan yang akan diperoleh.

38. Berjualan Aneka Kue Kering


Dengan modal sebesar 300 ribu saja, Anda sudah menjalankan usaha rumahan yang satu ini. Banyak orang yang mencari kue kering sebagai santapan di pagi hari sebelum berangkat bekerja. Itulah sebabnya usaha aneka kue kering memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar.

Aneka kue kering yang paling banyak dicari termasuk risoles, roti goreng, putu ayu dll. Berbagai macam resep kue kering bisa Anda temukan di Internet. So, tunggu apa lagi? mulailah dari sekrang belajar untuk membuat kue kering.

39. Berjualan Bakso


Bakso merupakan kuliner yang sangat disukai oleh masyarakat, jadi jangan heran apabila banyak orang yang berani menginvestasikan modalnya untuk mulai menjalankan usaha bakso.

Jika berbicara masalah modal, usaha bakso memang membutuhkan modal yang tidak kecil untuk membeli menyewa tempat, perlengkapan dan bahan-bahannya, namun seimbang dengan penghasilan cukup besar.

Jika hanya memiliki modal kecil, usaha bakso tetap bisa dijalankan mulai dari rumah. pelajari cara mengembangkan usaha bakso pada artikel sebelumnya.

Jika Anda berhasil mengembangkan usaha ini, mulailah melebarkan sayap dengan mencari lokasi dan tempat yang strategis untuk berjualan bakso.

40. Kerajinan Tangan


Kerajinan tangan saat ini terus diburu, terutama bagi turis mancanegara. Usaha rumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang hobi seni, ulet dan tekun.

Bagi Anda yang hobi dibidang kerajinan, usaha ini bisa dijalankan dari rumah. Yang terpenting adalah pelajari dan kuasai teknik marketing, baik secara ofline maupun online untuk menjaga peminat yang lebih luas.

41. Berjualan Thai Tea


Thai Tea merupakan minuman yang berasal dari negeri Thailand ini juga sangat disukai oleh masyarakat kita. Semenjak kehadirannya di Indonesia, minuman ini langsung hits karena rasanya yang khas.

Berjualan Thai Tea termasuk usaha rumahan. Anda bisa menjajakan Thai Tea depan rumah menggunakan gerobak khusus. Ada banyak paket Franchise Thai Tea yang ditawarkan melalui internet dengan harga yang bervariasi.

Karena ramai dengan peminat,berjualan Thai Tea memiliki potensi keuntungan yang sangat menggiurkan.

Fakta Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Untuk membuktikan apakah usaha rumahan dengan modal kecil bisa memperoleh keuntungan yangcukup besar, disini saya beri satu contoh yaitu usaha kelontong.

Berdasarkan pendapat yang saya kutip dari laman economy.okezone.com bahwa usaha kelontong diperkirakan hanya membutuhkan modal sebesar 2,3 juta dengan estimasi keuntungan perbulan sebesar 2,4 juta. Luar biasa bukan ?

Usaha rumahan jenis ini akan laris manis apabila berada tepat di lokasi pemukiman yang padat atau di pasar yang ramai dengan pengunjung.

Nah, dari sekian banyaknya peluang usaha yang bisa Anda coba, beberapa diantaranya bisa memperoleh keuntungan yang sangat menggirukan. Dengan menginvestasikan modal yang cukup kecil, Anda sudah bisa memiliki usaha rumahan yang membanggakan. Selamat mencoba ya!
 

Start typing and press Enter to search