Peluang Bisnis Tusuk Sate Dan Analisa Usahanya - Omset Mencapai 56 Juta Perbulan

- 7/11/2020

Pernahkah Anda memakan sate? Rasanya pasti enak kan? Tapi pernahkah Anda kepikiran bahwa dibalik kenikmatan sate yang Anda makan itu ternyata terdapat peluang bisnis yang sangat menggiurkan! Ya... Peluang itu adalah bisnis tusuk sate.

Bisnis tusuk sate memang menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Bahannya yang terbuat dari bambu sehingga tidak sulit mendapatkannya. 

Sebelum membahas lebih jauh soal peluang bisnis tusuk sate dan analisa usahanya, saya akan mengajak Anda berkenalan dengan pelaku bisnis tusuk sate yang telah sukses. 

Pelaku Bisnis Tusuk Sate Yang Sukses

Namanya Andi Febrianto yang berumur 32 tahun dan berasal dari Malang, Jawa Timur. Beliau adalah pelaku bisnis tusuk sejak 5 tahun silam dan hingga kini telah meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah. 

Berdasarkan penuturan dari beliau, dia sanggup memproduksi tusuk sate sebanyak 1,5 ton perMinggu. Tusuk sate yang diproduksinya memiliki 2 jenis yaitu tusuk sate kambing dan tusuk sate ayam. Ukuran dan harga kedua jenis tusuk sate tersebut juga berbeda. 

Tusuk sate kambing berukuran 3mm dengan harga kisaran 11ribu perkilo, sedangkan untuk tusuk sate ayam berukuran 2,5mm dijual dengan harga kisaran 12 ribu perkilonya.

Andi mengakui bahwa dalam satu bulan saja beliau bisa menghasilkan omset sebesar 50 juta rupiah dan keuntungan bersih yang diperoleh sebanyak 20% dari total omset yang dihasilkan. 

Pelaku bisnis tusuk sate lainnya yang telah sukses yaitu Syaiful Ulum dari Sidoarjo, Jawa Timur. Syaiful mengakui jika omset yang dihasilkan mencapai 56 juta rupiah perBulan dan keuntungan bersihnya sebesar 7% dari total omset yang dihasilkan.

Peluang Usaha Bisnis Tusuk Sate

Selama masyarakat masih gemar memakan sate maka, bisnis tusuk sate tidak akan pernah mati. Itu berarti peluang bisnis tusuk sate akan terus bersinar. Jadi tak heran jika banyak pelaku bisnis tusuk sate baru yang bermunuclan.

Baca juga: peluang usaha minuman bubble drink

Analisa Modal Usaha Bisnis Tusuk Sate

Setelah menyimak kisah sukses pelaku bisnis tusuk sate yang ada diatas, saya yakin Andapun mau mengikuti jejak mereka. Namun sebelum memulai bisnis ini, alangkah bijaksananya jika Anda menyimak analisa usahanya terlebih dahulu, tujuannya adalah agar Anda tahu berapa modal dan keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis tusuk sate ini.

Modal Investasi 

Untuk memulai bisnis tusuk sate, Anda memerlukan modal investasi sebesar 24 juta rupiah untuk keperluan pembelian alat yang ada di bawah ini:
  • Mesin Pemotong Bambu Rp 8.500.000
  • Mesin Pengirat Bambu Rp 7.000.000
  • Mesin Penyerut Bambu Rp 4.500.000
  • Mesin Peruncing Tusuk Sate Rp 4000.000
  • Total Modal awal: Rp 24.000.000

Modal per bulan

Untuk biaya perBulannnya, bisnis tusuk sate membutukan modal kisaran 33 juta rupiah untuk keperluan yang ada di bawah ini:

  • Bambu Rp 150.000 @30 hari Rp 4.500.000
  • Kemasan Rp 40.000 @30 hari Rp 1.200.000
  • Listrik Rp 150.000
  • Biaya tak teduga Rp 3000.000
  • Total modal per bulan: 8.850.000
  • Total modal awal + modal per bulan = 32.850.000

Estimasi Keuntungan Bisnis Tusuk Sate

Jika dalam satu hari mesin menghasilkan 135 kemasan tusuk sate yang dijual dengan harga per kemasan @10.000, makan total penjualan per hari adalah Rp 1.350.000. Omset kotor per bulan adalah Rp 1.350.000 x 30 = Rp 40.500.000.

Omset bersih perbulan anda selanjutnya jika sudah dikurangi oleh modal awal dan modal per bulan kurang lebih mencapai Rp 30.000.000.

Pelaku bisnis tusuk sate bisa memperoleh keuntungan bersih sebesar 7% - 20% dari total omset yang dihaslkan selama satu bulan.

Sistem Pemasaran Tusuk Sate

Untuk memasarkan produksi tusuk sate bisa dilakukan dengan berbagai macam cara termasuk mendatangi langsung penjual sate dan menawarkan kepada mereka. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan media social untuk memasarkannya.

Selain menerapkan sistem pemasaran yang baik, tidak ada salahnya untuk belajar cara meriset pasar untuk membantu mencapai target pelanggan bisnis Anda.

Tips Sukses Bisnis Tusuk Sate

Agar usaha tidak sia-sia, Anda harus menyimak tips yang ada dibawah ini supaya bisnis tusuk sate yang nantinya akan Anda jalankan bisa sukses.

Mencari Pelanggan

Hal utama yang perlu dilakukan adalah mencari pelanggan. Pelanggan yang dimaksud disini tentunya adalah penjual sate. Anda bisa mendatangi langsung penjual sate untuk menawarkan tusuk sate produksi Anda.

Jalin Silaturahmi Yang Baik

Setelah Anda mendapatkan pelanggan, tentu Anda tidak mau jika pelanggan tersebut hanya sekali membeli produksi tusuk sate Anda bukan?

Itu sebabnya, salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan tetap adalah dengan menjalin silaturahmi yang baik. Contohnya, datangi tempat usaha pelanggan Anda jika memiliki waktu luang agar hubungan silaturahmi tetap terjaga dengan baik dan tentu Anda akan semakin dekat dan akrab dengan pelanggan Anda.

Harga

Masalah harga bukan lagi menjadi rahasia umum bagi pelaku bisnis. Dengan mematok harga yang kompetitif, Anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan yang setia.

Menjaga Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk tusuk sate sangat penting, tujuannya agar Anda tidak kehilangan kepercayaan dari pelanggan terhadap kualitas produk yang dimiliki.


Kesimpulan

Setelah menyimak analisa usaha bisnis tusuk sate yang ada diatas pasti Anda sudah yakin jika bisnis ini sangat menjanjikan dan memiliki peluang yang sangat besar untuk sukses. Selain itu, Andapun juga sudah tahu berapa modal, penghasilan, dan estimasi keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis tusuk sate. Terima kasih...
 

Start typing and press Enter to search