10 Cara Sukses Membangun Bisnis Online Dari Nol

- 7/25/2020

Sekarang kita sudah berada di era digital moderen, teknologi internet pun semakin berkembang. Bisa dibilang, hampir semua aktivitas bisnis dilakukan secara online. Selain fleksibel, jangkauan pelanggan pun semakin luas sehingga sangat berpotensi meningkatkan omzet penjualan. Itulah sebabnya, mengapa banyak orang yang mempelajari cara sukses membangun bisnis online.

Bila Anda seorang yang aktif menggunakan jaringan social media seperti fb, Anda tentu sering melihat postingan user yang berisi penawaran barang atau jasa, mereka itulah yang disebut  pelaku bisnis online. Dengan memanfaatkan social media sebagai wadah untuk menggelar dagangan, banyak pemiliki bisnis online yang mengaku mampu mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya.

Anda kurang yakin atau Anda tidak percaya sama sekali?...

Ok,  supaya saya bisa meyakinkan Anda bahwa itu benar adanya, Saya akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan orang yang sudah sukses membangun bisnis online dari nol.

Pemilik Bisnis Online Yang Sukses

Namanya Indah kumalasari. beliau berhasil menjadi seorang pengusaha bisnis online yang sukses. Ibu indah adalah seorang ibu dari 2 anak yang dulunya sering berjualan baju di pasar tradisional. Hasil dari percakapan saya dengan beliau ia mengaku bahwa selama 2 tahun berjualan pakaian, ibu indah hanya mampu menjual 5-10 helai pakaian dalam seminggu, bahkan biasanya lebih sedikit.

Berkat teman seprofesinya, ibu Indah mulai mengenal bisnis online dan beliau memberanikan diri untuk mencoba. Seiring berjalannya waktu, ia terus belajar hingga merasakan adanya perbedaan yang sangat signifikan dari segi omset penjualan dan penghasilan.

Jika dulunya hanya mampu menjual 1-10 helai pakaian, Ibu Indah kini mampu menjual hingga 200 helai pakaian setiap bulannya dari bisnis online. Dari hasil bisnis onlinenya itu, beliau mampu mendapatkan omset penghasilan sebesar Rp 15 juta rupiah.

Woooow Amazing bukan?...

Dan sekarang Anda sudah mulai yakin kan, bahwa bisnis online itu merupakan salah satu model bisnis yang memiliki peluang yang sangat besar untuk sukses.

Namun, kesuksesan yang berhasil diraih oleh Ibu Indah kumalasari ini tidak instan, melainkan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Selain itu, beliau juga memiliki strategi bisnis yang sangat baik.

Sebenarnya, bukan hanya Ibu Indah yang bisa sukses, saya, Anda, atau siapapun bisa menjadi pemiliki online yang sukses asalkan tahu caranya.

Contoh Bisnis Online YangMemiliki Peluang Besar Untuk Sukses

Berjualan pakaian secara online adalah salah satu contoh bisnis online yang paling sukses, namun bukan berarti berbisnis pakaian online menjadi satu-satunya jalan untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis online. Ketahui 15 ide bisnis online tanpa modal yang bisa anda coba.

Ada banyak contoh bisnis online yang bisa Anda coba kembangkan dengan mudah hingga sukses meski tidak membutuhkan modal yang banyak. yaitu:

1. Menjadi Afiiliate Marketing

Bagi seorang pemula yang baru mengenal bisnis online pasti mereka akan bertanya seperti ini, Apa sih yang dimaksud dengan Affiliate Marketing? dan bagaimana cara kerja Affiliate Marketing itu?

Baik, saya akan menjawab kedua pertanyaan itu secara detail agar bisa Anda pahami dengan mudah!!!

Affiliate marketing itu sebenarnya adalah makelar atau perantara (bila didunia nyata). model bisnis yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang sekarang tampak canggih. Cuma Affilate marketing itu bekerjanya secara online menggunakan Smartphone atau PC.

Sampai disini sudah paham kan sobat?

Cara Kerja Affiliate Markering

Oke. Kalau begitu, mari kita lihat sama-sama cara kerja Affiliate marketing yang ada dibawah ini...

Sederhananya saya bisa jelaskan seperti ini. Tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko.

Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant / toko tersebut.

2. Menjadi Creator Video Youtuber

Creator video youtube atau lebih dikenal dengan youtuber adalah salah bisnis online yang sangat menggiurkan. Bila Anda seorang yang sering menonton video di Youtube.com, Anda mungkin tahu siapa youtuber paling sukses  di Indonesia?

Ya betul, Atta Halilintar, Ria Ricis, dan Raditya Dika!

Tiga youtuber sukses asal Indonesia ini mampu menghasilkan pendapatan hingga milyaran rupiah lo sobat. Untuk mengetahui rincian penghasilan yang sebenarnya, baca selanjutnya...

Cara Kerja Youtuber

Cara kerja seorang youtuber ini sangatlah mudah. Anda hanya membuat video yang bermanfaat atau menghibur, lalu Youtube.com. Selanjtunya, bila video ditonton hingga jutaan kali maka, Anda akan berpotensi menghasilkan uang dalam jumlah yang banyak.

Akan tetapi, sebelum itu semua terjadi Anda harus memenuhi persayratan terbaru dari youtube sebelum video dimonetize. Yaitu dengan memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam jangka waktu 12 bulan.

3. Menjadi Pengembang Aplikasi Android

Seorang pengembang aplikasi android bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta rupiah dari model bisnis online yang satu ini. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki latar belakang pemrograman. Karna saat ini, siapapun bisa membuat aplikasi android tanpa coding dan semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan Hp / Smartphone.

Jika Anda ingin belajar membuat aplikasi android mulai dari awal dengan mudah. Saya menyarankan untuk mengunjungi blog bikinapkandroid[dot]blogspot.com.

Cara Kerja Pengembang Aplikasi Android

Para pengembang aplikasi android yang sukses menghasilkan uang dari iklan admob yang tayang di aplikasi mereka. Jumlahnya pun tidak sedikit karena menyetuh angka puluhan juta rupiah sobat.

Bagaimana cara mendapatkan iklan admob?

Untuk mendapatkan iklan admob, caranya sangat mudah. Anda bisa pelajari semua hal ini pada blog yang telah saya sebutkan diatas.

4. Membuka Jasa Penulis Artikel Online

Membuka jasa penulis artikel online adalah salah satu bisnis online yang cocok bagi Anda yang memiliki hobi menulis. Banyak pemilik website atau perusahaan yang mencari jasa penulis artikel yang berkualitas dan mereka sanggup membayar jasa penulis dengan harga yang tinggi.

Jenis artikel yang mereka inginkan adalah jenis artikel berbahasa indonesia / inggris yang teroptimasi dengan SEO.

Oleh sebab itu, jika ingin menjadi penulis artikel online yang sukses, Anda harus banyak belajar soal SEO. Caranya bisa kalian temukan dilaman pencarian search engine google dengan megetikkan kata "cara menjadi penulis artikel seo profesional".

5. Berjualan Di Marketplace Ternama Indonesia

Jika Anda memiliki produk yang bagus namun tidak memiliki sarana untuk memasarkannya, cobalah membuka toko online di Marketplace ternama Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya.

Jika Anda berjualan di Marketplace yang telah saya sebutkan diatas, tidak tertutup kemungkinan Anda akan meraih kesuksesan dari sana.

Cara Berjualan Di Marketplace 

Membuka toko online di marketplace tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Anda hanya tinggal upload produk dan menunggu adanya orderan yang masuk. Sangat mudah kan sobat?

Dari kelima contoh bisnis online yang ada diatas sangat cocok untuk kamu yang pemula, karena hanya dengan bermodalkan hp / smartphone yang terkoneksi  internet, bisnis online sudah bisa berjalan. Terkait dengan masalah sukses atau tidaknya, itu tergantung dari tekad dan usaha yang dilakukan.

Lihat juga contoh bisnis online terbaru tanpa modal di tahun 2020.

10 Cara Sukses Membangun Bisnis Online Dari Nol

Tahukah Anda sobat bahwa dari tahun ke tahun bisnis online terus berkembang. Pelaku bisnis online baru pun terus bermunculan, bahkan tak sedikit dari mereka yang sudah menikmati keuntungan dari hasil bisnis onlinenya itu.

Berikut adalah 10 cara sukses membangun bisnis online yang bisa kalian lakukan mulai dari nol:

1. Miliki Pengetahuan Dasar Bisnis Online

Banyak orang yang terjun ke bisnis online tanpa pengetahuan yang mumpuni soal bisnis online, dan pada akhirnya banyak diantara mereka tidak menghasilkan apa2, bahkan ada yang berhenti ditengah jalan. Semua disebabkan karena minimnya pengetahuan akan bisnis online.

Pemilik bisnis online yang sukses rata-rata memiliki ilmu bisnis online yang luar biasa. Namun bagi seorang pemula, cukup belajar dasar-dasarnya dulu. seperti:
  • Mengenali mekanisme bisnis secara online
  • Persiapan mental
  • Mengenali kebutuhan pasar
  • Menentukan jenis produk yang akan dijual
  • Membuat nama brand 
  • Membuat toko online
  • Mengatur strategi pemasaran.


2. Persiapkan Modal Bisnis

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah Modal. Semua orang tahu bahwa modal adalah salah satu faktor penting dalam membangun sebuah bisnis. Meskipun ada beberapa bisnis online yang tidak memerlukan modal yang cukup untuk memulai, namun dengan memiliki modal yang cukup, Anda dengan mudah mengembangkan bisnis online ini.

Selain modal, beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mulai membangun bisnis online, yaitu:
  • Komputer / Smartphone
  • Jaringan Internet
  • Transportasi

3. Miliki Produk Yang Berkualitas

Dengan memiliki produk yang berkualitas, saya berani jamin jualan Anda pasti laris manis dan akan banyak dicari orang. Masyarakat saat ini sudah menyadari bahwa membeli barang / produk dengan harga yang cukup mahal akan berbanding lurus dengan kualitas barang yang akan didapat.

Ada pepatah yang mengatakan "Ada harga Ada kualitas", dan pepatah ini sudah banyak dipegang oleh orang yang terbiasa berbelanja secara online.

Jadi jangan takut mematok harga yang tinggi bila memang kualitas produk yang Anda miliki berkualitas sangat baik. Ini juga merupakankesempatan yang sangat baik untuk meraih kesuksesan dari bisnis online.

4. Bangun Brand Bisnis Sendiri

Jika bisnis online Anda sudah memiliki banyak pelanggan tetap, segeralah membuat brand produk anda sendiri. Dengan memiliki brand tersendiri, tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan, namun juga bisnis online yang Anda kelola terlihat profesional.

5. Miliki Toko Online

Setelah memiliki brand produk sendiri, tidak ada salahnya untuk membuat toko online sendiri. Tujuannya agar, mempermudah pelanggan untuk melihat semua jenis produk yang Anda miliki.

Pelaku bisnis online yang sudah memiliki toko online sendiri adalah salah satu ciri kesuksesan yang sudah mereka raih.

Banyaknya fasilitas yang terdapat di toko online akan mempermudah pemilik bisnis online dalam mengelola stock produk dan keuangan bisnis.

6. Buat Promosi

Kegiatan promosi adalah salah satu faktor penentu suksesnya sebuah bisnis online. Tanp melakukan promosi, produk Anda tidak akan dikenal oleh konsumen. Namun sebaliknya, dengan mengadakan kegiatan promosi Anda dengan akan dengan mudah menjangkau konsumen lebih banyak.

Ada banyak cara untuk melakukan kegiatan promosi, baik secara gratis ataupun berbayar.

Kegiatan Promosi Secara Gratis

Jika Anda memilih untuk melakukan promosi secara gratis, Anda bisa memanfaatkan social media seperti FB. Disana Anda akan mudah mendapatkan calon pembeli hanya dengan membuat postingan/status yang berisi konten penawaran barang.

Tapi Anda harus ingat sobat, disaat Anda membuat postingan penawaran produk, pastikan Anda menggunakan kalimat atau kata kata promosi yang tepat untuk menarik perhatian konsumen, tujuannya adalah agar mereka tak ragu untuk membeli barang yang Anda tawarkan.

Kegiatan Promosi Berbayar

Jika Anda sebagai pemiliki bisnis online yang memiliki budget yang lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan kegiatan promosi berbayar dengan cara memasang iklan produk secara online. Ada banyak kelebihan promosi berbayar ketimbang promosi secara gratis, salah satunya adalah Anda akan mendapatkan pelanggan yang tertarget.

Ada banyak penyedia jasa promosi iklan terbaik yang siap melayani Anda, salah satunya adalah Google Ads Indonesia (Dulu dikenal dengan Adwords).

Anda tak perlu ragu menggunakan jasa periklanan yang satu ini. Karena Google Ads Indonesia  merupakan salah satu layanan jasa promosi iklan terbaik didunia yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Cara pemasangan iklannya pun sangat mudah. Pelajari lebih banyak soal pengoptimalan iklan di google ads agar mendapatkan banyak pelanggan yang tertarget.

7. Tingkatkan Pelayanan

Ingat, pembeli itu adalah Raja. Jadi jangan pernah abaikan soal pelayanan. Melayani pelanggan dengan baik, akan membuat mereka merasa dihargai, dihormati dan pada akhirnya mereka memilih berbelanja dibisnis online Anda.

Pelayanan yang baik termasuk menawarkan produk dengan kualitas yang baik, menanggapi pertanyaan dari pelanggan, bersikap ramah kepada pelanggan, memproses dan mengirim pesanan pelanggan tepat waktu, dan sikap positif lainnya

8. Rekrut Karyawan

Kegiatan ini berlaku bila Anda merasa bisnis online yang Anda kelola mulai berkembang. Merekrut beberapa karyawan akan membuat pekerjaan cepat selesai. Mereka akan menjadi partner kerja yang baik dan melakukan pekerjaan berdasarkan masing-masing tugas yang Anda berikan.

9. Perluas Jaringan Bisnis

Sebagai pemilik bisnis online yang ingin sukses tidak berhenti disaat mereka sudah memiliki banyak pelanggan. Sebaiknya, Anda mencari jaringan bisnis lain yang mampu diajak kerjasama. Tujuannya, adalah agar bisnis yang anda kelola bisa berkembang dan tidak hanya terbatas dengan menjual  1 jenis barang tapi berbagai macam produk.

Dengan memiliki banyak jenis produk yang dijual, tentu ini akan meningkatkan omset penghasilan.

10. Banyak Berdoa

Kesuksesan dalam bisnis online akan mudah diraih jika Anda bekerja dengan maksimal yang dibarengi dengan doa. Kekuatan doa sangatlah Ampuh untuk mengantarkan Anda menuju jalan kesuksesan.

Kesimpulan

Poin penting yang perlu Anda catat jika jika ingin mulai membangun bisnis online yaitu banyak belajar dan persiapkan modal yang cukup. Setelah kedua hal tersebut sudah dipersipkan dengan matang, selanjutnya Anda tinggal mengatur strategi dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan agar mereka tetap setia berbelanja ditempat Anda. Terima kasih
 

Start typing and press Enter to search