Peluang Bisnis Tanaman Porang Dan Cara Budidaya

- 7/28/2020
budidaya tanaman porang

Peluang bisnis tanaman porang dan cara budidaya - merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek yang sangat cemerlang. Pasalnya permintaan porang dari beberapa negara sangat tinggi. Berdasarkan laporan dari Badan Karantina Pertanian Jawa Timur menyebutkan bahwa jumlah ekspor tanaman porang ke negara Australia, Vietnam, Tiongkok dan Jepang mencapai 254 Ton dan bernilai Rp 11,31 Milyar rupiah. Itulah sebabnya mengapa banyak petani yang di desa kepel sukses menjadi Miliader berkat dari bisnis tanaman porang.

Banyak orang yang belum tahu apa itu porang. Porang atau iles-iles merupakan Tanaman  dari jenis umbi umbian. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh tanaman Porang ini yaitu sebagai bahan penjernih air, kosmetik, jelly, tepung dan lem. Selain itu, yang membuat tanaman porang ini begitu istimewa karena juga memiliki manfaat sebagai bahan pembuatan part pesawat terbang. Luar biasa bukan?

Pelaku Bisnis Tanaman Porang Yang Sukses

Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa banyak petani yang sekaligus pelaku bisnis tanaman porang yang sudah sukses. Berdasarkan penuturan Maryatno sebagai ketua MPSDH menuturkan bahwa bisnis tanaman porang bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca juga: cara memulai bisnis cabe rawit di polybag

Cara Budidaya Tanaman Porang

Tanaman porang dapat tumbuh dan berkembang pada tanah yang memiliki ketinggian 0-700 mdpl. Hutan merupakan lokasi yang sangat cocok untuk melakukan budidaya tanaman porang. Bibit porang sangat mudah didapatkan pada batang umbi porang yang telah dipotong. Meskipun demikian, budidaya tanaman porang sangat memungkinkan juga dilakukan area terbuka yang berada dibawah naungan pohon.

Baca juga: cara budidaya jamur timur serta analisa modal dan keuntungannya.

Jika memilih budidaya tanaman porang diarea terbuka maka, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:
  • Persiapkan lahan setidaknya 1 hektar untuk menampung 6000 bibit tanaman porang. 
  • Menanam bibit porang pada musim hujan atau tepat pada bulan November - Desember.
  • Lakukan pemupukan secara berkala agar tanaman porang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Lakukan pemeliharaan tanaman porang dengan baik.
  • Kendalikan penyakit dan hama tanaman porang dengan cara rutin mengaplikasikan perpaduan GDM SAME, GDM Black Bos dan POC GDM yang mengandung unsur hara makro mikro lengkap sehingga tanaman tumbuh sehat karena antibodi tanaman meningkat. 

Cara Memulai Bisnis Tanaman Porang

Jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis tanaman porang, Anda harus memulai dengan memiliki lahan seluas 1 Hektar dengan estimasi bibit prang yang bisa ditanam sebanyak 6000 pohon dan harga tanaman porang sebesar Rp.2500 per KG.

Omset Penghasilan Bisnis Tanaman Porang

Luas lahan 1 Hektar diperkirakan mampu menghasilkan porang sebanyak 24 ton.  Berdasarkan estimasi diatas, harga porang berada diangka Rp 2500/kg, apabila dikalikan sebanyak 24 Ton dari hasil budidaya tanaman porang maka omset penghasilan mencapai Rp 60 juta rupiah per panen.

Baca juga: Tips sukses bisnis jual beli cabe yangmenggiurkan

Kesimpulan

Dari hasil analisa bisnis tanaman porang diatas sudah dapat disimpulkan bahwa bisnis tanaman porang ini memang memiliki peluang atau prospek yang sangat cemerlang dan menjanjikan. Hanya membutuhkan lahan 1 hektar dan bibit tanaman sebanyak 6000 maka akan berpotensi menghasilkan omset hingga puluhan juta sekali panen. Jadi Anda tak perlu heran jika banyak orang yang sudah mulai melirik bisnis yang satu ini dan bahkan ada yang sudah sukses menghasilkan hingga myliaran rupiah. Selamat mencoba....
 

Start typing and press Enter to search