Tips Sukses Bisnis Jual Beli Cabe

- 7/24/2020
bisnis Jual beli cabe

Bisnis jual beli cabe tidak pantas dipandang sebelah mata sebab bisnis yang satu ini menjanjikan omset hingga jutaan rupiah perbulan. Anda mungkin bisa membayangkan jika harga beli cabe Rp 9 ribu rupiah perKG dan di jual kembali dengan harga Rp 20 ribu rupiah perKG maka keuntungan yang akan didapat mencapai 120% atau Rp 11 ribu rupiah. Jika dalam sehari cabe mampu terjual hingga 100 Kg X Rp 11ribu, maka keuntungannya  sebesar Rp 1,1 juta rupiah perHari. Luar biasa bukan? Jadi jangan heran apabila banyak penjual cabe sukses menjalankan bisnis ini.

Kesuksesan yang diraih oleh pemilik bisnis jual beli cabe tidak terjadi begitu saja, ada proses panjang yang harus dilalui untuk menggapai itu semua.

Sebelum saya membagikan beberapa tips sukses bisnis memulai jual beli cabe , saya akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan salah satu pelaku bisnis cabe yang sukses meraup omzet hingga milyaran rupiah perbulan.

Inspirasi Sukses Bisnis Cabe

Namanya Sumarna, beliau dulunya kuli panggul sayur-mayur di pasar senen. Sumarna bekerja sambil mempelajari cara berbisnis sayur mayur termasuk cabe. Dari hasil keringat beliau, ia memberanikan diri untuk membuka lapak sebagai langkah awal untuk mulai bisnis cabe. Tak butuh waktu lama, usahanya dari berjualan cabe merah, cabe rawit, serta tomat di pasar induk makin berkibar.

Seiring berjalannya waktu, dari kios kecilnya yang ia beri nama "Murah Rezeki" yang berada di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Sumarna mampu menjual 1,5 ton cabai merah, 2,5 ton cabai rawit, dan 6 ton bawang per hari. Saat ini harga cabai merah sekitar Rp 25.000 per kilogram (kg), cabai rawit Rp 12.000 per kg, dan tomat Rp 4.500 per kg.

Singkat cerita ...

Hingga saat ini, Sumarna mampu melayani penjualan sekitar 1,5 ton cabai merah, 2,5 ton cabai rawit, dan 6 ton tomat per hari. Dari penjualan sebanyak itu, omzet mengalir ke kantongnya mencapai Rp 107 juta per hari atau Rp 3 miliar dalam sebulan.  Luar biasa bukan ?

Cara Memulai Bisnis Jual Beli Cabe 

Menjadi pebisnis  cabe memang sangat menguntungkan, apalagi harga cabe yang selalu naik turun. Membuat bisnis ini banyak di lirik oleh para pebisnis.Jika Anda punya keinginan untuk mencoba, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan yaitu:

1. Menyiapkan Modal

Untuk memulai suatu bisnis pasti membutuhkan modal. Sebagai langkah awal, modal yang perlu disiapkan untuk bisnis ini cukup 1 juta rupiah. Modal sebesar itu cukup untuk kebutuhan diawal.

2. Menyiapkan Tempat

Tempat yang sempurna untuk menjual cabe tentu di pasar. Karena sebagaian masyarakat akan membeli cabe dipasar

3. Menentukan Jenis Cabe Yang Akan Dijual

Anda perlu menentukan jenis cabe yang akan dijual. Sebaiknya, menjual cabe yang banyak dicari oleh dimasyarakat yaitu cabe rawit dan cabe merah

4. Mencari Rekan Bisnis

Rekan bisnis yang saya maksud disini adalah petani cabe. Anda bisa mendapatkan harga beli cabe yang murah dengan cara mendatangi langsung petani cabe untuk melakukan negosiasi harga dan Anda ajak kerja sama.

Tips Sukses Bisnis Jual Beli Cabe 

Untuk menjadi seorang pebisnis cabe yang sukses tidaklah mudah, Ada banyak rintangan yang akan dihadapi saat menjalankan bisnis ini. Oleh sebab itu, untuk menggapai kesuksesan nyata, simaklah beberapa tips yang ada dibawah ini:

1. Mencari Tempat Yang Strategis

Tempat yang strategis adalah salah satu faktor untuk mendapatkan banyak pelanggan dan menaikkan omzet penjualan. Tempat yang sangat cocok untuk menjual cabe yaitu di pasar tradisional yang ramai pengunjung.

2.  Persiapkan Stock Cabe

Karena cabe selalu dibutuhkan dan banyak dicari oleh masyarakat, usahakan memiliki stock cabe yang banyak agar pelanggan tidak kecewa saat mereka mau membeli.

3. Harga Murah

Agar jualan cabe laris manis, usahakan jangan mematok harga yang terlalu mahal. Jika harga beli cabe sebesar Rp 10 ribu perKg, Anda bisa menjualnya kembali sebesar Rp 12 ribu. Dengan begitu, pelanggan akan berbondong-bondong untuk membeli cabe ditempat Anda.

4. Jalin Silaturahmi Dengan Pelanggan

Agar pelanggan senang berbelanja cabe ditempat Anda, usahakan jalin silaturahmi dengan mereka minimal Anda ramah dan banyak senyum di hadapan mereka.

5. Kembangkan Bisnis

Jika sudah memiliki banyak pelanggan tetap, sudah saatnya untuk memperbanyak jenis cabe yang dijual. Jika awalnya hanya berjualan cabe rawit, tidak ada salahnya jika Anda menjual cabe merah, cabe hijau, dan jenis cabe lainnya. Dengan begitu, keuntungan yang akan didapat semakin bertambah.

Setelah menyimak ulasan diatas, Anda tentu sudah punya gambaran jika jual beli cabe itu adalah salah satu bisnis pada bidang pertanian sangat pantas untuk dijalankan. Selamat mencoba...
 

Start typing and press Enter to search