Analisa Usaha Fitness Center  -Tak hanya di perkotaan, usaha fitness center atau tempat gym (pusat kebugaran tubuh) tampaknya juga sudah mulai menjamur ditingkat daerah. Pasalnya, pada era modern saat ini, masyarakat luas sudah mulai paham akan pentingnya menjaga gaya hidup sehat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, tak cukup hanya dengan memperbaiki pola makan sehat tetapi harus dibarengi dengan olahraga yang rutin.

Peluang Usaha Fitness Center


Seiring berjalannya waktu, semakin banyak saja orang yang mendatangi tempat gym atau fitness center. Jadi tak heran jika fitness center kian menjamur dan termasuk salah satu usaha yang memiliki peluang untuk medatangkan keuntungan yang cukup besar.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha yang satu ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu untuk mengetahui analisa usaha fitness center yang ada dibawah ini agar Anda bisa mengetahui berapa besar modal dan keuntungan yang akan diperoleh.

Analisa Modal Usaha Fitness Center


Untuk mengetahui besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha fitness center, maka dapat dihitung dari biaya pembelian perlatan dan pengeluaran setiap bulannya.

Pembelian Peralatan

Diasumsikan untuk biaya pembelian peralatan fitness, papan nama usaha dan perlengkapan lainnya sebesar Rp. 99.300.000.-

Pengeluaran (perbulan)

Diasumsikan pengeluaran usaha fitness center untuk upah pegawai instruktur senam,supervisor, staff, kasir, listrik, air, telepon, dan sewa tempat sebesar Rp. 7.375.000.-

Potensi Pendapatan Dan Keuntungan Usaha Fitness Center


Pendapatan Usaha Fitness Center

Diasumsikan untuk iuran bulanan untuk 50 orang, iuran bulan pertama, walk in guest 20 orang, termasuk juga penjualan cemilan dan sejenisnya, maka usaha fitness center berpotensi menghasilkan pendapatan perbulan sebesar Rp. 15.475.000.-

Keuntungan Usaha Fitness Center

Untuk menghitung keuntungan yang diperoleh dari usaha fitness center maka menggunakan rumus sebagai berikut: (Potensi pendapatan sebesar Rp.15.475.000 - pengeluaran perbulan sebesar Rp.7.375.000 = keuntungan perbulan sebesar Rp.8.100.000)

Dengan keuntungan sebesar Rp.8.100.000 (perBulan), maka usaha fitness center akan balik modal kurang dari 1 - 1,6 tahun.

Catatan: perhitungan diatas berdasarkan dari referensi terpercaya. Jika ingin mengetahui penjelasan lebih detail, silahkan kunjungi link ini.

Tips Sukses Usaha Fitness Center


Agar usaha fitness center tidak merugi, ada beberapa tips yang perlu anda

1. Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat untuk adalah salah satu faktor penentu kesuksesan dari usaha fitness center. Carilah lokasi diperkotaan yang tidak jauh dari pemukiman padat penduduk atau perkantoran agar mudah dijangkau oleh calon pelanggan.

2. Pemilihan Alat

Usahakan membeli alat fitness yang berkualitas tinggi. Memang harganya cukup mahal akan tetapi akan memberikan dampak yang cukup baik terhadap penilaian pelanggan ketimbang menggunakan alat home use.

3. Penataan Ruangan

Sebisa mungkin peralatan fitness tertata rapi agar pelanggan betah berlama-lama dalam ruangan. Dan sebaiknya juga memasang cermin diberbagai sudut ruangan agar terlihat lebih berdimensi. Selain itu, cermin juga sangat dibutuhkan oleh pelanggan untuk melihat dan mengukur hasil dari latihan mereka.

4. Promosi

Faktor penting untuk menentukan kesuksesan suatu usaha adalah dengan promosi. Gunakanlah strategi promosi yang tepat, Anda bisa memanfaatkan social media sebagai tempat promosi secara gratis.

5. Jam Operasional

Terapkan jam operasional sesuai kebutuhan pelanggan. Pada umumnya, jam operasional dari usaha fitness center terdiri dari 2 shift. mulai dari jam 7:00 - 14:00 dan 14:00 - 21:00.

Bagaimana sobat, apakah anda tertarik untuk menjalankan usaha fitness center? jangan sia-siakan peluang usaha yang satu ini jika Anda sudah memiliki modal yang lebih ya !!!