Peluang Usaha Ternak Bebek Petelur 50, 100 Ekor dan Analisa Usahanya

- 7/18/2020
analisa usaha ternak bebek petelur

Bebek petelur atau bebek pedaging adalah jenis unggas yang sama. Telur ataupun daging bebek tetap laku terjual dipasaran, harganyacukup lumayan mahal. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang sengaja ber-ternak bebek dari 50 ekor, 100 ekor, 200 ekor, 300 ekor, 500 ekor, bahkan ada yang 1000 ekor  hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari hasil penjualan telur dan daging bebek.

Peluang Usaha Ternak Bebek

Usaha ternak bebek memiliki peluang yang cukup cerah karena, daging dan telur bebek banyak dicari oleh masyarakat. Meskipun harganya lumayan mahal dari telur unggas lainnya, telur bebek tetap laris manis terjual.

Alasan utama masyarakat mengkomsumsi telur bebek karena memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. yaitu:
  1. Meningkatkan Kinerja Otak
  2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi
  3. Menjaga Kesehatan Mata
  4. Mencegah Penyakit Jantung
  5. Melancarkan Peredaran Darah dan Cegah Anemia
  6. Menurunkan Risiko Kanker
  7. Menambah Energi
  8. Menurunkan Berat Badan
  9. Menutrisi Kulit
  10. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Manfaatnya sangat banyak kan?, Tapi sayangnya, saya tidak bisa menjelaskan lebih detail manfaat telur yang ada diatas kerena saya akan fokus membahas soal analisa modal dan keuntungan ternak bebek petelur 50 ekor dan 100 ekor. Tapi beleum masuk kedalam inti pembahasan, Yuk, kita Simak hal-hal penting berikut ini.

Cara Ternak Bebek Yang Baik

Khusus untuk pemula, disini saya sampaikan bahwa berternak bebek tidak mesti dilakukan begitu saja, akan tetapi harus diternak dengan cara yang baik dan tepat agar menghasilkan telur yang berkualitas pula agar usaha ternak bebek bisa sukses.

Cara ternak bebek yang baik harus dimulai dari persiapan modal, pemilihan lokasi / lahan, membuat kandang yang bagus, memilih bebek petelur yang berkualitas serta memberikan pakan bebek yang berkualitas.

Analisa Usaha Ternak Bebek Petelur 50 Ekor dan 100 Ekor

Modal dan keuntungan yang diperoleh dalam usaha ternak bebek petelur 50 ekor tentu akan berbeda dengan usaha ternak bebek petelur 100 ekor. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan analisa usaha terlebih dahulu terutama bagi Anda yang punya keinginan untuk menjalankan usaha ini.

Analisa Modal Dan Keuntungan Ternak Bebek Petelur 50 Ekor


Modal Awal

Untuk memulai usaha ternak bebek petelur 50 ekor, modal yang harus dipersiapkan minimal 5,2 juta untuk kebutuhan pembelian bibit bebek 50 ekor, pembuatan kandang, pakan bebek, vaksin dan vitamin, tempat makan dan minum bebek, biaya listrik, biaya air, dan gaji karyawan.

Estimasi Keuntungan Perbulan

Kita asumsikan harga telur bebek dipasaran sebsesar Rp.2.000,-

Jika masing-masing bebek memproduksi 1 butir telur setiap hari, maka penghasilan yang didapatkan dalam sehari sebesar Rp 100 ribu rupiah. Jika dikalikan selama 30 hari, maka keuntungan yang akan diperoleh dari usaha bebek petelur 50 ekor sebesar Rp 3 juta rupiah perBulan. Lumayan besar bukan?

Analisa Modal dan KeuntunganTernak Bebek Petelur 100 Ekor 


Modal Awal

Untuk memulai usaha ternak bebek petelur 50 ekor, modal yang harus dipersiapkan sebesar 2 kali lipat dari modal ternak bebek 50 ekor yaitu 10,4 juta. Modal sebesar ini akan digunakan untuk kebutuhan pembelian bibit bebek 100 ekor, pembuatan kandang, pakan bebek, vaksin dan vitamin, tempat makan dan minum bebek, biaya listrik, biaya air, dan gaji karyawan.

Estimasi Keuntungan PerBulan

Kita asumsikan harga telur bebek dipasaran sebsesar Rp.2.000,-

Jika masing-masing bebek memproduksi 1 butir telur setiap hari, maka penghasilan yang didapatkan dalam sehari sebesar Rp 200 ribu rupiah. Jika dikalikan selama 30 hari, maka keuntungan yang akan diperoleh dari usaha bebek petelur 100 ekor sebesar Rp 6 juta rupiah perBulan.Usaha yang sangat menjanjikan bukan?

Untuk modal dan keuntungan dari ternak bebek petelur 200 ekor, 300 ekor, 500 ekor dan 1000 ekor, Tinggal dikali dua dari total biaya yang ada.

Sebagai bahan rekomendasi usaha peternakan lainnya, baca juga analisa usaha ternak ayam potong 100 ekor untuk mengetahui modal dan keuntungannya.

Sistem Pemasaran Telur Bebek

Agar penjualan telur bebek laris manis, pelaku usaha harus mengetahui sistem pemasaran telur yang tepat. Pada umumnya, telur bebek laris terjual di pasar atau swalayan. Selain itu, bisa juga mendatangi pengusaha telur untuk menawarkan telur dari hasil ternak bebek.

Kesimpulan

Setelah menyimak analisa usaha yang ada diatas, maka kita sudah dapat menarik kesimpulan jika ingin memulai usaha ternak bebek 50 ekor,  maka membutuhkan modal min 5,2 juta dengan estimasi penghasilan perbulan sebesar Rp.3.000.000,- sedangkan untuk usaha ternak bebek 100 ekor, membutuhkan modal kurang lebih 10,4 juta dengan estimasi keuntungan sebesar Rp.6.000.000.- perbulan.

Note: Postingan ini hanyalah sebagai referensi saja agar bisa mendapatkan gambaran tentang usaha ternak bebek. Kemungkinan besar modal dan keuntungan yang akan diperoleh akan berbeda disaat benar-benar menjalankan usaha ternak bebek petelur. Selamat mencoba...
 

Start typing and press Enter to search