Cek Disini Gaji / Penghasilan Youtuber Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika 2019 - 2020

- 1/12/2020

Pada bulan februari 2005, Youtube dibuat oleh 3 mantan karyawan paypal. Youtube merupakan web berbagi video yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Seiring perkembangannya, youtube tak lagi menjadi sarana hiburan semata, melainkan sebagai tempat untuk menghasilkan uang dengan cara menjadi creator video atau umumnya dikenal sebagai youtuber. 

Hingga saat ini, banyak sekali youtuber yang telah sukses berpenghasilan jutaan bahkan milyaran rupiah setiap bulannya. Tak heran jika banyak orang yang berlomba lomba untuk menjadi seorang youtuber. Bahkan artis tanah air pun sudah banyak menekuni profesi ini, diantaranya Deddy Corbuzier dan Baim Wong.

Di Youtube.com, kita bisa menemukan banyak konten video dalam berbagai macam kategori, seperti kategori pendidikan, hiburan, sains & teknologi hingga gaming. 

Dari Mana Youtuber Menghasilkan Uang?

Mungkin Anda bertanya, bagaimana caranya para youtuber menghasilkan uang dari Youtube? Disini saya akan berikan jawaban terkait masalah itu.

Youtube membayar para youtubernya "content creator youtube" dari iklan yang tampil di video mereka. Jika pengguna menonton melihat dan ngeklik iklan yang terselip dalam video, maka dari sanalah mereka dapat komisi. Setau saya, per 1000 view iklan tayang, mereka pun mendapatkan komisi. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Bagaimana Cara Menghitung Penghasilan Youtuber

Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana menghitung penghasilan para youtuber, setidaknya, ada 2 indikator yang bisa digunakan yaitu CPM (Cost Per Mile ) dan CPC (Cost Per Click).

CPM (Cost Per Mile ) sendiri adalah uang yang bakal didapatkan oleh para youtuber setiap 1000 penayangan iklan di seluruh video mereka. Di Indonesia sendiri besarnya komisi yang didapat perseribu tayang iklan sebesar 7000 Rupiah.

Sementara itu, CPC (Cost Per Click) adalah besaran komisi yang didapatkan para youtuber setiap 1 orang yang mengklik iklan yang tayang di video mereka  sekitar 5.000 - 12.000 Rupiah.

Gaji / Penghasilan Youtuber Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditia Dika (Indonesia) 2019 - 2020

Youtuber termasuk salah satu satu bisnis online paling diminati saat ini. Pasalnya, hanya dengan membuat konten video dan mengunggahnya ke youtube, maka kamu memungkinkan dapat menghasilkan uang.

Terbukti, dari banyaknya youtuber dari Indonesia termasuk Atta Halilintar, Ria Ricis dan Raditya Dika telah sukses berpenghasilan jutaan hingga milyaran rupiah Per Bulan. Berikut Penghasilan Youtuber Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditia Dika 2019 - 2020.

1. Gaji Atta Halilintar 2019 - 2020 | 5 Milyar Per Bulan

Kita pasti tahu youtuber asal Indonesia ini, siapa lagi kalau bukan Atta Halilintar. Atta Halilintar mulai berkarir di Youtube sejak 2015 lalu. Jumlah subscribers Atta Halilintar ini sudah mencapai 20 juta subscribers. Dengan jumlah subscribers yang begitu banyak, maka penghasilan Atta Halilintar 2019 - 2020 ditaksir mencapai Rp. 332 Juta Hingga Rp. 5 Milyar per Bulan.

2. Gaji Ria Ricis 2019 - 2020 | 3 Milyar Per Bulan

Salah satu youtuber yang sukses menjadi content creaator di youtube adalah Ria Ricis. Ria Ricis yang awalnya menyajikan konten video yang berisi tentang mainan squishy, tak heran viewers dan subcribers Ricis kebanyakan anak-anak yang juga menyukai squishy.

Ria Ricis mendapat julukan sebagai Queen of YouTube Indonesia. Pasalnya Ria Ricis sudah memiliki subscribers hingga tahun 2020 ini sudah mencapai 18 juta subscribers. Sedangkan, penghasilan Ria Ricis 2019 - 2020 ditaksir mencapai Rp. 300 Juta hingga Rp. 3 Milyar Per Bulan.

3. Gaji Raditya Dika 2019 - 2020 | 1,5 Milyar Per Bulan

Sebelum menjadi youtuber, Raditya Dika dikenal sebagai seorang penulis dan stand up komedian. Channel Raditya Dika terus mengalami perkembangan. Sampai tahun 2020 ini, channel Raditya Dika sudah mencapai 1,5 Juta subscribers. Penghasilan Raditya Dika 2019 - 2020 yang didapat dari youtube ditaksir mencapai Rp. 100 Juta Hingga Rp. 1,5 Milyar Per Bulan.

Bukan Atta Halilintar, Ria Ricis dan Raditya Dika saja yotuber asal dari Indonesia yang telah sukses berkarir di Youtube, namun ada banyak lagi youtuber asal Indonesia yang telah sukses berpenghasilan fantastis.

Penghasilan Youtuber Luar Negeri

Bukan hanya di Indonesia, youtuber asal luar negeri justru memiliki penghasilan yang tidak kalah fantastis. Lalu siapa dan berapa banyak penghasilan youtuber dari luar negeri?

1. PewDiePie | 6,5 juta Poundsterling (Rp. 112 Milyar) Per Bulan 

Felix Kjellberg youtuber laur negeri asal swedia dengan channel youtube-nya bernama PewDiePie telah berkembang pesat. Jumlah subscribers yang dimiliki hingga tahun 2020 sudah mencapai 102 juta subscribers. Video yang ada dalam channel PieDiePie kebanyakan bergenre gaming.

Dengan jumlah subscribers sebanyak itu, tak heran jika PieDiePie ditaksir berpenghasilan 6,5 Poundstrling atau sekitar Rp. 112 Milyar Per Bulan.

2. Dude Perfect | 2,8 Juta Poundsterling (Rp. 48 Milyar) Per Bulan

Dude perfect nama channel yang diprakarsai 5 youtuber asal luar negeri ini sukses memiliki susbcribers hingga 48 juta subscribers dengan penghasilan mencapai 2,8 juta poundsterling atau Rp. 112 Milyar Per Bulan.

3. VanossGaming | 2,1 Juta Poundsterling (Rp. 36 Milyar) Per Bulan

Sesuai dengan namanya, kebanyakan konten dalam channel ini bergendre game. Pada tahun 2020, youtuber gaming asal kanada ini  sudah memiliki hingga 25 juta subscribers. Penghasilan yang didapat oleh VanosGaming ditaksir mencapai 2,1 juta poundsterling atau Rp. 36 Miliyar Per Bulan. 

Cara Melihat Gaji / Penghasilan Youtubers

Buat kalian yang ingin cek melihat langsung gaji / penghasilan youtubers, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Kunjungi situs https://socialblade.com
  • Masukkan nama channel youtuber yang kalian tahu
  • Klik nama channelnya, maka kamu akan melihat gaji / penghasilan, jumlah subscriber dan jumlah penonton.

Bagaimana Cara Menjadi Youtuber (Content Creator Youtube)?

Untuk menjadi seorang youtuber atau content creator youtube, caranya cukup sederhana. Ikuti langkah-langkanya di bawah ini:

  • Pastikan kalian sudah memiliki akun email (gmail).
  • Kunjungi Youtube.com, lalu masuk menggunakan akun gmail kamu
  • Buat video (bisa menggunakan ponsel), lalu unggah ke dalam channel youtube kamu
  • Selesai

Cukup mudah bukan?...

Namun untuk mulai monetise video yang kalian unggah di Youtube agar bisa mendapatkan penghasilan, tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

5 Tips Menjadi Youtuber Sukses

Menjadi seorang youtuber rasanya cukup mudah, namun menjadi seorang youtuber sukses tidak segampang yang kalian pikirkan. Oleh sebab itu, disini saya memberikan beberapa tips agar kedepannya kalian bisa menjadi seorang youtuber sukses!
  1. Buatlah konten video yang unik, menghibur serta bermanfaat untuk penonton
  2. Usahakan kualitas video yang anda ungga berkualitas tinggi, minimal HD atau FHD 
  3. Usahakan durasi video dibuat lebih panjang, minimal 5 menit 
  4. Buatlah dan unggah video sebanyak mungkin
  5. Share dan promosikan channel youtube atau video kalian melalui jejaring social seperti fb, twitter dan IG 

Setelah mengetahui berapa banyak gaji / penghasilan youtuber sukses, saya yakin kalian pasti ingin  mencobanya agar bisa seperti mereka. Namun, ada satu pesan penting yang harus kalian ingat, jika ingin menjadi seorang youtuber sukses seperti Atta Halilintar, Ria Ricis dan Raditya Dika, buatlah konten atau video yang unik, menghibur serta bermanfaat bagi penonton. Selamat mencoba.
 

Start typing and press Enter to search