Cara Mengenal 30 Karakter Pelanggan Dan Cara Melayani Pelanggan

- 1/28/2020

Mengenal karakteristik pelanggan akan memudahkan pemilik jasa atau perusahaan untuk mencapai target penjualan. Secara umum, pelanggan bisa diartikan sebagai konsumen, pembeli atau orang yang menggunakan jasa dan melakukan kegiatan pembelian maupun menggunakan  jasa secara berulang-ulang karena kepuasan yang didapatkan perusahaan atau si penyedia jasa. 

Perusahaan, pebisnis maupun penyedia jasa sudah pasti membutuhkan pelanggan untuk menjamin keberlangsungan usahanya serta sangat berpengaruh terhadap keuntungan yang akan didapat. Oleh sebab itu,  tanpa pelanggan yang tetap, maka bisnis yang dijalankan cenderung terombang-ambing dan lebih beresiko.

Agar penjualan mencapai target serta kredibilitas perusahaan atau jasa layanan dikenali oleh banyak orang, pelayanan yang baik saja belum bisa menjadi faktor pendukung jika tidak dibarengi dengan pengenalan tipe dan karakter pelanggan. 

Oleh sebab itu, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang mengenal 30+ karakteristik pelanggan dan tipe pelanggan yang wajib diketahui oleh perusahaan maupun penyedia jasa.

| KARAKTER PELANGGAN PRIA

Tipe pelanggan pertama adalah pria. Pria pada umumnya memiliki karakter yang kurang sabar dan tidak bertele-tele jika ingin membeli barang. Karakter lain yang dimiliki oleh pelanggan pria sebagai berikut:

1. Jika memasuki toko tanpa membeli barang, pria cenderung merasa kurang enak
2. Sangat mudah terpengaruh terhadap argumen yang objectif
3. Mudah terbujuk
4. Mudah tertipu karena kurang kesabaran
5. Tidak bertele-tele 

Cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan pria disaat berbelanja adalah dengan sapa serta menjelaskan manfaat atau kelebihan yang dimiliki barang pilihannya. Dengan begitu, pelanggan pria akan mudah tertarik untuk membeli barang yang anda tawarkan. 

| KARAKTER PELANGGAN WANITA

Tipe pelanggan yang kedua adalah wanita. Kebanyakan pelanggan wanita memiliki cenderung memiliki karakter yang mengutamakan status sosialnya sehingga sangat bertele-tele jika ingin membeli barang. Karakter lain yang dimiliki oleh pelanggan wanita sebagai berikut:

6. Lebih menyukai sesuatu yang sifatnya romantis
7. Lebih tertarik pada motif, bentuk dan warna saat memilih barang
8. Kebanyakan mencari model yang lagi trend
10. Kurang suka dengan sesuatu yang bersifat teknis
11. Sering bertanya dan meminta pendapat orang lain
12. Status social lebih diutamakan
13. Bertele-tele dalam hala memilih sesuatu atau barang
14. Modis
15. Mengutamakan penampilan ketimbang manfaat barang

Cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan wanita dengan menawarkan banyak pilihan atau model kekinian saat berbelanja. Karena memiliki karakteristik yang mengutamakan penampilan, maka dengan cara tersebut, pelanggan wanita akan mudah membeli barang yang Anda tawarkan.

| KARAKTER PELANGGAN REMAJA

Tipe pelanggan selanjutnya yaitu remaja. Karena usianya yang masih sangat mudah, pelanggan remaja umumnya memiliki karakter mudah terpengaruh serta sering berpoya-poya. Karakter lain yang dimiliki oleh pelanggan remaja sebagai berikut:

16. Memiliki selera tinggi ketika memilih barang
17. Mengikuti trend 
18. Mudah terbujuk atau terpengaruh
19. Boros saat berbelanja
20. Kurang cerdas mengelola keuangan

Menawarkan barang kekinian adalah cara terbaik melayani pelanggan remaja. Dengan karakteristik yang dimiliki seorang remaja yang suka boros, maka dengan cara itu akan lebih mudah terpengaruh untuk membei barang yang ditawarkan kepada mereka.

| KARAKTER PELANGGAN USIA LANJUT

Pelanggan yang sudah berusia lanjut memiliki karakter yang mudah terpengaruh oleh bujukan dan kurang mengikuti perkembangan zaman. Karakteristik lain yang dimiliki oleh pelanggan usia lanjut adalah sebagai berikut:

21. Umumnya suka berlama-lama 
22. Bersikap ramah terhadap banyak orang termasuk kepada petugas
23. Menganggap diri  lebih berpengalaman ketimbang yang mudah
24. Sering menanyakan barang yang tempo dulu
25. Tidak mengikuti perkembangan zaman
26. Mudah terpengaruh terhadap bujukan petugas atau orang lain
27. Mudah menentukan pilihan

| KARAKTER PELANGGAN ANAK-ANAK

Tipe pelanggan yang terakhir adalah anak-anak. Tipe pelanggan yang satu ini sulit untuk diajak konfromi dalam memilih barang. Karakter lain yang dimiliki oleh pelanggan anak-anak adalah sebagai berikut: 

28. Lebih suka bermain ketimbang memilih barang
29. Barang kesukaan adalah mainan
30. Sulit untuk diam atau diajak konfromi

Cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan anak-anak adalah menghadapinya dengan penuh rasa sabar dan ikhlas karena Allah ta'ala. 

Kesimpulannya adalah setelah mengenal karakteristik pelanggan dan tipe pelanggan yang telah dijelaskan diatas, tentu pihak perusahaan atau pemilik jasa tak lagi kesulitan untuk memberikan pelayanan terbaiknya dengan harapan memiliki pelanggan yang setia serta dapat meningkatkan penjualan yang diproduksi. 
 

Start typing and press Enter to search