Benarkah Bisnis Online Bisa Dijalankan Tanpa Modal? Buktikan Disini

- 1/22/2020

Halo sobat, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana asal mula saya belajar menjalankan bisnis online dari titik nol hingga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup untuk saya pribadi. Saya mengajak teman-teman kembali ke tahun 2015, dimana pada saat itu saya kuliah sambil bekerja sebagai penjaga warnet. Saat itu saya iseng-iseng mencari informasi pada halaman search engine google tentang contoh bisnis online tanpa modal dan menghasilkan uang jutaan rupiah. Hasilnya, muncul beberapa situs yang merekomendasikan berbagai macam jenis bisnis online namun pada saat itu saya belum ada niat untuk menjalani satu dari beberapa bisnis online tersebut.

Dipenghujung tahun 2016, tak sengaja bertemu dan berkenalan dengan mahasiswi yang juga kuliah di kampus yang sama. Dia bercerita tentang masalah bisnis online yang selama ini dijalankannya bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. Dari perkenalan itulah saya mulai belajar dan memberanikan diri untuk menjalankan beberapa bisnis online tanpa modal yang ternyata memang betul bisa menghasilkan.


Singkat cerita. Dari tahun 2016 hingga sekarang tahun 2020 ini  saya masih menjalankan beberapa bisnis online yang menghasilkan hingga jutaan rupiah. Salah satunya dari google adsense (lihat screenshoot pembayaran terbaru dari google adsense).

Namun sebelum lanjut kedalam inti materi, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui terkait dengan bisnis online tanpa modal ini.

APA ITU BISNIS ONLINE?

Mungkin diantara kalian masih ada yang bertanya  apa itu bisnis online? Bisnis Online adalah aktivitas bisnis yang dilakukan secara online menggunakana jaringan internet. Aktivitas bisnis yang dimaksud disini meliputi jual beli online atau menyediakan jasa layanan secara online.

Agar lebih mudah kalian pahami, saya berikan satu contoh yaitu agen ticket online. Jika kalian ingin
berwisata ke luar kota dan membutuhkan ticket pesawat, kalian tak perlu lagi datang ke kantor agent travelnya, akan tetapi, kalian bisa memesan dan membayar ticket pesawat melalui ponsel yang terhubung internet.

PERSIAPAN MEMULAI BISNIS ONLINE

Memulai bisnis apapun termasuk bisnis online tentu harus ada persiapan terlebih dahulu agar bisnis online kedepannya bisa sukses. Persiapan awal yang dibutuhkan jika ingin menjalankan bisnis online sebagai berikut:

A) SKILL / KREATIVITAS

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan bisnis online adalah skill atau kreativitas. Pastikan anda telah memiliki ini sebagai bekal kedepannya.

Salah satu contoh skill yang banyak dibutuhkan didunia online adalah menulis artikel website / blog dengan baik. Anda bisa membuka jasa penulis artikel jika Anda memiliki skill ini.

B) GADGET, KOMPUTER, INTERNET

Yang namanya bisnis online pastinya membutuhkan perlatan seperti gadget atau komputer yang terhubung ke internet. Jika peralatan ini sudah kalian miliki, maka bisnis online apapun bisa kalian jalankan, termasuk bisnis online yang kita bahas dalam artikel kali ini.


Setelah semuanya dipahami dengan baik, berikut adalah 5 contoh bisnis online tanpa modal pada tahun 2020 yang bisa kalian coba!

5. MEMBUKA JASA PENULIS ARTIKEL 

Buat kalian yang punya kemampuan menulis artikel, tak ada salahnya jika kalian mencoba untuk membuka jasa penulis artikel untuk website / blog. Ini adalah salah satu bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba hanya dengan bermodalkan kreativitas dan komputer yang terhubung ke Internet. 

Saat ini, banyak sekali pemilik situs yang membutuhkan jasa penulis artikel untuk kepentingan update konten dalam situs mereka. Dan ini adalah kesempatan sekaligus menjadi peluang bisnis online yang memungkinkan kalian menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.

5.1 KEUNTUNGAN JASA PENULIS ARTIKEL

Kalian membuka jasa penulis artikel sudah pasti ingin mencari keuntungan kan? Lalu, berapa banyak yang bisa dihasilkan dari jasa penulis artikel?

Sekarang kita asumsikan, artikel 500 kata kalian patok harga Rp.12000

Jika kalian mendapatkan pesanan hingga 100 artikel per-bulan, maka keuntungan yang kalian dapatkan yaitu Rp.12.000 x 100 = Rp.1.200.000.-  Lumayan banyak kan?

Bayangkan jika kalian mendapatkan pesanan hingga 1000 artikel setiap bulannya, maka keuntuntungan yang anda dapatkan pasti mencapai puluhan juta rupiah.

5.2 KIAT SUKSES MENJALANKAN JASA PENULIS ARTIKEL

Menjalankan sebuah bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri. Sama halnya ketika menjalankan bisnis jasa penulis artikel. Oleh sabab itu, ada kiat-kiat yang harus kalian tahu jika ingin sukses menjalankan usaha ini. Simak ulasannya dibawah ini:
  • Buat website layanan yang menarik: Kesan pertama yang dilihat oleh calon pelanggan adalah tampilan. Jika tampilan website jasa layanan Anda kurang profesional, maka calon pelanggan akan beranggapan bahwa kualitas dan pelayanan jasa Anda asal-asalan.
  • Rekrut penulis artikel: Mengelola bisnis jasa penulis artikel bisa saja dilakukan hanya sendirian.Akan tetapi, bagaimana jika banyak permintaan pembuatan artikel dari pelanggan? pastinya Anda akan kewalahan. Sebaiknya, cari beberapa orang yang ingin bekerjasama dengan Anda untuk membangun usaha ini bersama-sama.
  • Promosi: Sebuah bisnis tidak akan berjalan maksimal tanpa promosi, karna promosi merupakan salah satu kekuatan dalam sebuah bisnis. Ada banyak strategi promosi yang bisa kalian jalankan, baik secara online maupun offline. Contoh promosi yang paling efektif termasuk menggunakan kata kata promosi yang menjual atau spanduk promosi.
  • Layanan pelanggan: Kualitas layanan pelanggan menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam sebuah bisnis. Kualitas layanan yang perlu ditingkatkan  jika menjalankan bisnis jasa penulis artikel adalah respon terhadap pelanggan harus cepat serta buat artikel yang berbobot atau sesuai dengan keinginan pelanggan serta tidak mematok harga yang terlalu mahal.
  • Berikan garansi dan diskon: Jika kalian menginginkan bisnis ini sukses, berikan diskon dan garansi terhadap pesanan pelanggan. Ini adalah bagian dari strategi bisnis yang sangat ampuh meyakinkan pelanggan. 

4. FREELANCER 


Peluang bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah Freelance. Apa itu Freelance

Jika dibahasa Indonesiakan, freelance berarti pekerja lepas atau bebas. Artinya seorang freelance memiliki waktu yang fleksibel serta dapat bekerja di beberapa perusahaan sekaligus. Salah satu contohnya adalah freelance content writer.

Content writer adalah penulis konten yang bisa bergabung dengan beberapa perusahaan sekaligus untuk mendapatkan pekerjaan dari client. Ada banyak perusahaan yang bisa ditempati bekerja sebagai freelancer, salah satunya www.fastwork[dot]id

4.1 KEUNTUNGAN FREELANCER

Keuntungan yang diperoleh seorang freelancer ditentukan dari banyaknya tugas yang diberikan oleh client. 

Artinya apa? 

Jika seorang freelancer yang mendapatkan tugas mengerjakan pembuatan konten website dengan harga yang telah disepakati, maka besaran komisi yang didapatkan sesuai kesepakatan dari client.

4.2 KIAT SUKSES FREELANCER

Ada banyak freelancer yang sudah sukses menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah, dan tidak tertutup kemungkinan salah satu dari kalian juga akan sukses seperti mereka. Untuk itu, simak kiat sukses seorang freelancer dibawah ini:
  • Pastikan anda memiliki skill diatas rata-rata
  • Pada saat pendaftaran, buat profil pribadi Anda lebih menonjol dari pada freelancer lainnya agar banyak client yang tertarik dan memberikan tugas atau pekerjaan kepada Anda.
  • Jangan mematok harga yang terlalu mahal saat negosiasi bersama client
  • Berikan pelayanan terbaik terhadap client

4.3 JENIS JENIS FREELANCER

Selain content writer, ada beberapa profesi yang termasuk dalam kategori freelancer yaitu, pemandu wisata, guru les privat, kontributor, proviader, barista dan fotografer. 

3. BLOGGER DAN YOUTUBER

Blogger dan youtuber adalah salah satu peluang bisnis online yang menurut saya paling menguntungkan ditahun 2020. Ada banyak orang yang sukses setelah menekuni kedua profesi ini. Termasuk Atta Halilintar yang sukses menjadi youtuber dan berpenghasilan ratusan hingga milyaran rupiah setiap bulannya. Satu lagi, seseorang yang dulunya hanya angong bebek, kini menjadi blogger yang sukses berpenghasilan ratusan juta rupiah. 

Hanya bermodalkan ponsel atau komputer yang terhubung ke internet saja, seorang blogger dan youtuber bisa sukses berpenghasilan rupiah. 

Tapi yang pasti semuanya butuh proses ya !!!



3.1 BLOGGER


Untuk menjalankan bisnis online membutuhkan pengetahuan tentang cara menulis artikel yang baik dan bermanfaat untuk pengunjung blog kalian nantinya. Selain itu, pastikan kalian memiliki komputer yang terhubung ke internet yang digunakan untuk membuat sebuah blog / website.

Salah satu keuntungan utama seorang blogger adalah bisa menghasilkan uang dengan mudah dari Google adsense.

Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah cara sederhana yang gratis untuk memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs web / blog. Dengan Google adsense, kalian dapat mengubah  hobi menjadi penghasilan.

Keuntungan lain dari seorang blogger adalah artikel yang di publikasikan ke internet dapat ditemukan dan dibaca oleh orang banyak.

Simak langkah-langkah untuk memulai bisnis online dengan menjadi seorang blogger dibawah ini ya sobat:

  • Buat blog pada situs blogger.com
  • Isi dengan artikel yang unik serta bermanfaat bagi pengguna internet
  • Daftarkan blog kalian ke google adsense
  • Setelah diterima, maka blog kalian akan dipasangkan iklan dari google adsense yang akan menghasilkan uang
  • Selesai
Nah, cukup mudah bukan menjalankan bisnis online yang satu ini? Tapi yang kalian harus ingat adalah ikuti syarat dan ketentuan yang ada jika blog kalian dengan mudah diterima menjadi publisher ads.

Tips: Jika kalian ingin menggunakan costum domain pada situs kalian nantinya, saya rekomendasikan agar mengunjungi laman google domain untuk mendapatkan nama domain yang tepat.

3.2 YOUTUBER

Sama halnya dengan blogger, youtuber juga membutuhkan kreativitas agar bisa membuat video yang unik dan bermanfaat untuk banyak orang. Dengan begitu, maka kemungkinan besar channel youtube kalian mendapatkan banyak subscriber.

Keuntungan utama bisnis online ini tentunya berpotensi menghasilkan uang yang banyak dari youtube. Selain itu, kalian juga bisa dikenal oleh banyak orang layaknya seorang artis.

Untuk memulai menjalankan bisnis online menjadi seorang youtuber, simak langkahnya-langkahnya dibawah ini:
  • Buat akun channel di youtube.com
  • Buat konten video yang unik dan bermanfaat
  • Cari subscriber dengan cara promosi kan channel atau video
  • Daftarkan channel kalian ke google adsense untuk mendapatkan penghasilan
  • Selesai

2. AFFILIATE MARKETING 

Affliate marketing menjadi salah satu bisnis online tanpa modal dan masih sangat berpotensi menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Itulah mengapa Affiliate marketing masih sangat diminati hinggat tahun 2020 ini. 

2.1 APA ITU AFFILIATE MARKETING? 

Affiliate marketing bisa diasumsikan sebagai makelar online. Seorang Affiliate marketing akan mempromosikan barang orang lain secara online kepada orang-orang yang membutuhkan. Affliater akan menghasilkankan komisi sekian % apabila berhasil mendapatkan pelanggan dan terjadi transaksi jual beli.

2.1 CARA KERJA AFFILIATE 

Untuk menjalankan bisnis online ini cukup sederhana, kalian hanya membutuhkan komputer yang terhubung ke internet. Selanjutnya, daftarkan diri anda menjadi seorang Affiliater dan hasilkan komisi dari hasil penjualan kalian. 


Ada banyak situs marketplace besar yang membutuhkan Affiliate marketing termasuk lazada, bukalapak, dan blibli. 

1. DROPSHIPPER

Bisnis online tanpa modal yang terakhir adalah Dropshipper. Dropship merupakan salah satu teknik pemasaran secara online, yang mana para pelaku bisnis marketplace online maupun seorang penjual harus selalu menyimak stok barang yang banyak. 


Hal tersebut dikarenakan ketika si penjual dapat orderan, maka si penjual tersebut akan langsung meneruskan orderan itu beserta dengan detail pengirimannya kepada produsen, supplier maupun distributor yang telah bekerjasama dengan dia.

1.1 BERAPA BESAR PENGHASILAN DROPSHIPPER

Ketika terjadi transaksi jual beli secara online antara (dropshipper dangan konsumen) maka dropshipper mendapatkan komisi sekian % dari harga barang yang berhasil terjual.


Kesimpulan: 

Itulah 5 contoh bisnis online tanpa modal yang bisa kalian jalankan di tahun 2020 ini. Pastikan kalian punya kamauan dan semangat untuk menjalankan bisnis online agar bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal. Selamat mencoba
 

Start typing and press Enter to search