15 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula

- 1/09/2020

ANALISAUSAHA.id | Kebanyakan dari mereka masih menganggap bahwa modal merupakan salah satu tembok penghalang untuk menjalankan suatu bisnis, memang tidak salah namun juga tidak dibenarkan. Namun saat ini kita sudah berada pada zaman yang serba canggih, tersedianya jaringan internet memungkinkan semua orang dapat menjalankan bisnis online tanpa modal

MENGENAL APA ITU BISNIS ONLINE?

Mari kita mulai dengan mengenal apa itu bisnis online? Bisnis online merupakan aktifitas yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. Setiap pelaku usaha yang melakukan transaksi jual beli atau pemilik jasa layanan yang menggunakan akses jaringan internet untuk menjalankan aktifitasnya juga bisa dikatakan sebagai pebisnis online. 

MENGENAL KATEGORI BISNIS ONLINE

Sebelum memulai bisnis online, yang perlu kamu ketahui bahwa bisnis online terdiri dari wujud tampilan yang terbagi dalam beberapa kategori; 
  1. Marketplace atau toko online 
  2. Website 
  3. Blog 
  4. Akun social media 

YANG PERLU KAMU SIAPKAN SEBELUM MENJALANKAN BISNIS ONLINE!

Tanpa modal uang pun seharusnya bisnis online tetap bisa dijalankan. Yang perlu dipersiapkan hanyalah kegigihan dan kreativas kamu. Selain itu, alat yang wajib dipersiapkan adalah komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet atau minimal ponsel pintar dan saya yakin kamu sudah memilikinya.

Kalau kamu belum punya modal untuk beli komputer? Kamu bisa meminjam kepada orang terdekatmu (saudara / teman). 

15 IDE BISNIS ONLINE TANPA MODAL UNTUK PEMULA

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa, tanpa modal uang pun bisnis online tetap bisa dijalankan! Lalu, Bisnis online apa yang bisa dijalankan tanpa modal? Bagaimana cara mulai menjalankan bisnis online meski tanpa modal? Berikut adalah ulasan lengkap cara memulai Berbisnis online tanpa modal! 

1. Menjadi Seorang Blogger Dan Bermitra Dengan Google Ads [Media Periklanan Terbaik]

Salah satu bisnis online paling menjanjikan hingga saat ini yaitu menjadi mitra google adsense, atau dikenal secara umum dengan istilah publisher adsense. Bisnis online yang satu ini bisa kamu mulai jalankan tanpa mengeluarkan modal uang sekalipun.

Untuk kamu yang punya hobi atau keahlian dalam menulis artikel, bisnis online ini sangat cocok untuk kamu. 

Bagaimana cara mulai bermitra dengan Google Adsense? simak langkah-langkahnya berikut ini;
  • Buat blog gratis di Blogger 
  • Isi artikel / konten yang bermanfaat dalam blog yang kamu miliki
  • Ajuka permohonan untuk menjadi publisher google adsense
  • Jika diterima, mulailah menghasilkan uang dari blog kamu

Ada banyak kisah mitra atau publisher yang sudah sukses meraup hingga ratusan juta rupiah dari google adsense, diantaranya;


2. Menjadi Pengembang Aplikasi Android Dan Hasilkan Uang

Menjadi pengembang aplikasi android termasuk salah satu bisnis online tanpa modal. Buat kamu yang memiliki pengetahuan tentang koding, bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk kamu. 

Bagaimana cara memulai bisnis online ini? Berikut langkah-langkahnya;
  • Pastikan kamu memiliki dasar pengetahuan tentang bahasa pemrograman java,enclipss dan sejenisnya.
  • Gunakan Android studio atau sejenisnya untuk membuat aplikasi android
  • Buat akun dan daftarkan aplikasi kamu di admob 
  • Pasang iklan di aplikasi kamu dan apload ke Playstore
  • Hasilkan uang dari aplikasi kamu. 

 

3. Menjadi Seorang Youtuber

Anda sudah tahu pasti bahwa mengupload video di youtube memungkinkan kamu menghasilkan uang. Dengan bermodalkan gadget, kamu sudah bisa menjalankan bisnis online ini dengan menjadi seorang youtuber. Besaran penghasilan youtuber bisa mencapai jutaan hingga milyaran rupiah per bulan. Pasti mau kan?

4. Affiliate Marketer

Bisnis online tanpa modal selanjutnya yaitu dengan mengikuti program affiliasi atau lebih dikenal sebagai Affiliate Marketer. 

Apa itu Affiliasi / Affiliate Marketer?

Jika didunia nyata, Affiliate Marketer diibaratkan seorang makelar, dimana seorang seorang makelar akan mendapatkan keuntungan dari orang lain disaat berbuat sesuatu. Jika dionline, seorang affiliasi akan mendapatkan keuntungan atas apa yang direkomendasikan hingga terjadinya transaksi / penjualan (baik berbentuk jasa atau produk).

Baca juga: Strategi pemasaran online untuk internet marketer

Niagahoster, salah satu penyelenggara program affiliasi terpercaya dan berani memberikan komisi hingga 75% ketika seorang Affiliate Marketer berhasil merekomendasikan produknya dan terjadi transaksi. Program Affiliasi dari Niagahoster juga saya ikuti sampai sekarang. Bergabung dengan program affiliasi Niagahoster disini

5. Agen Properti Online

Jika kamu termasuk orang yang memiliki keahlian dalam dunia marketing, sebaiknya kamu coba menjadi agen properti. Ada banyak website yang menawarkan jasa agen properti yang memberikan komisi yang besar. Kamu hanya perlu registrasi untuk memulai bisnis online yang satu ini meski tanpa modal.


Selebihnya, masih banyak lagi bisnis online tanpa modal yang bisa kamu mulai jalankan selama kamu masih memiliki keinginan,semangat, serta koneksi internet. diantaranya;

6. Jual Jasa Konsultan Secara Online
7. Dropshipper
8. Menjual Informasi Secara Online
9. Freelancer 
10. Mengikuti Survey Online Berbayar
11. Menjadi Seorang Penerjemah 
12. Membangun Jasa Online Design 
13. Membangun Jasa Edit Foto Online
14. Menjadi Admin Social Media
15. Membuka Jasa Penulisan Artikel

Sekarang kamu sudah begitu banyak bisnis online yang bisa mulai kamu jalankan meski tanpa modal. Satu dari 15 bisnis online yang menjadi pilihan kamu tentu memerlukan keseriusan agar bisa mendatangkan hasil yang maksimal. 
 

Start typing and press Enter to search