Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Analisis Kelayakan Usaha Beserta 3 Aspek Penting Yang Perlu Diketahui

Analisis kelayakan usaha merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan ketika berencana ingin membangun sebuah bisnis. Menganalisis kelayakan usaha sangat bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar resiko kerugian dan keuntungan sebuah usaha, serta mempermudah perencanaan dan pelaksanaan usaha.

Ada 3 aspek penting yang menjadi tolak ukur dalam analisis kelayakan usaha, aspek-aspek inilah yang akan kita bahasa dalam postingan kali ini. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

{tocify} $title={Daftar isi}

1. Analisis Aspek Pemasaran


Analisis aspek pemasaran merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha dalam pemetaan suatu pasar. Dengan adanya pemahaman tentang aspek pemasaran sehingga memungkinkan seseorang untuk melakukan analisis layak atau tidaknya sebuah bisnis untuk direalisasikan.

Selain itu, dengan mengenali aspek pemasaran ini, seseorang juga dapat menganalisa kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran berjalan dengan sukses.

Analisis aspek pemasaran meliputi kebutuhan dan keinginan konsumen, segmentasi pasar, target pasar, nilai tambah, masa hidup produk, struktur pasar, persaingan dan Startegi, laba serta pangsa pasar.


2. Analisis Aspek Produksi


Analisis aspek produksi merupakan langkah untuk menilai kesiapan perusahaan dalam menjalankan usahanya dengan menilai ketetapan lokasi dan layout serta kesiagaan mesin yang digunakan. Ada beberapa tujuan di lakukannnya analisis produks, diantaranya:
  • Berdasarkan lokasi: Dapat mengidentifikasi tempat strategis suatu usaha yang ingin dijalankan
  • Volume operasi
  • Bahan baku
  • Tenaga kerja

3. Analisis Aspek Manajemen

Analisis aspek manajemen merupakan manajemen dalam sebuah usaha untuk mengatur segala sesuatu yang terkait dengan usaha tersebut. Ada beberapa pendekatan strategis dalam aspek manajemen yang berlaku termasuk, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Demikianlah ulasan singkat tentang analisis kelayakan usaha dan 3 aspek pentingnya. Semoga bermanfaat.