Memahami Keuntungan Investasi Jangka Pendek dan Risiko Investasi Jangka Pendek Bagi Investor Pemula

- 12/25/2019

Keuntungan Investasi Jangka Pendek dan Risiko Investasi Jangka Pendek - Investasi jangka pendek banyak dipilih sebagian investor pemula untuk belajar berinvestasi. Tentu ini tidak terlepas dari pengaruh keuntungan yang akan diperoleh secara cepat dan minimnya risiko yang diterima. Mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan modal tinggi pada saat hendak menekuni.

Namun terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang sebaiknya juga dicermati. Beberapa hal yang menjadi kekurangan maupun kelebihannya. Tidak hanya berfokus pada keuntungan saja. Akan tetapi risiko yang bakal diterimapun harus dipikirkan.

#Keuntungan Investasi Jangka Pendek


Layaknya dua sisi mata uang, pastinya mempunyai sisi buruk dan baik. Dan berikut sisi keuntungan investasi jangka pendek jika memutuskan hendak memilih.

1. Modal sedikit

Tidak memerlukan dana dalam jumlah besar. Itulah mengapa jenis investasi ini menjadi favorit para investor pemula. Bahkan semakin tingginya antusias publik mengenai investasi tersebut ada beberapa jenis saham yang dilepas dengan harga sangat murah kisaran harga Rp 50-100 ribu perlembar. Dengan membeli beberapa lembar saja sudah bisa dinyatakan sebagai owner perusahaan. Adapun presentasenya kepemilikan ini tergantung besar kecil modal yang ditanamkan. Menarik sekali bukan?

2. Tingkat likuiditas cepat

Dan ini yang paling dinantikan yakni keuntungan yang diperoleh relatife lebih cepat diberikan bila dibandingkan dengan investasi jangka panjang. Hanya beberapa bulan sudah bisa dicairkan. Lain halnya yang jangka panjang. Butuh bertahun-tahun menunggu deviden dibagikan.

3. Risiko rendah

Keamanan berinvestasi terjamin atau boleh dikatakan tidak ada sama sekali. Karena itu para investor pemula dapat memutuskan berhenti sewaktu-waktu dan beralih jenis lain walaupun masih sama-sama memilih jenis investasi jangka pendek.

#Risiko Investasi Jangka Pendek



Setelah berbicara masalah keuntungan berikut risiko investasi jangka pendek apa saja yang bakal diterima para investor bila memilih.

1. Keuntungan lebih sedikit

Hal ini terjadi pada jenis investasi tabungan bank. Meskipun keuntungan cepat diperoleh, namun faktanya ada banyak sekali akun tabungan yang tidak mengikuti inflasi. Akibatnya tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Selain itu bila berupa deposito pengambilan profit harus mengikuti batas waktu yang telah ditetapkan oleh pihak bank terkait. Yang itu artinya tidak dapat cair kapanpun nasabah memerlukan. Setidaknya harus menunggu beberapa waktu lamanya untuk dapat mencairkan dana. Seperti 3 bulan sampai 5 tahun kedepan.

2. Tidak ada jaminan asuransi

Jaminan keamanan berasuransi pasti menjadi dambaan semua investor yang menanamkan modalnya kepada para pemilik perusahaan. Akan tetapi realitanya tidak semua mendapatkan jaminan tersebut. Misalnya yang terjadi pada jenis investasi Reksadana Pasar Uang, obligasi ataupun surat utang jangka pendek. Meski memang mudah dicairkan namun faktanya tidak ada jaminan keamanan berasuransi. Sehingga risiko yang akan ditanggung pastinya lebih besar daripada yang lain.

3. Memiliki risiko lebih besar

Meski mudah dicairkan namun kenyataannya keadaan tersebut berbanding lurus dengan risiko yang diterima investor. Hal itu biasa terjadi pada jenis investasi Valas atau Forex juga Saham. Guna meminimalisir risiko, calon investor membutuhkan penguasaan ilmu-ilmu dasar yang bagus mengenai cara berinvestasi yang benar agar bisa mencapai keuntungan seperti yang diharapkan.

Baca Juga : Keuntungan dan Risiko Investasi Jangka Panjang

Ternyata dibalik segudang kemudahan keuntungan yang bisa dengan cepat diraih investasi jangka pendek pun membawa segala macam risikonya sendiri-sendiri. Nasihat baiknya adalah kembali kepada niatan awal saat akan memulai berinvestasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang hendak dicapai.

Demikianlah penjelasan tentang Keuntungan dan Risiko Investasi Jangka Pendek  Selamat bagi investor pemula. Selamat berinvestasi!

Apa yang Anda katakan tentang artikel diatas? Kami menunggu masukan dari Anda untuk perkembangan blog ini kedepannya!
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search