Apa Saja Keuntungan dan Risiko Investasi jangka Panjang

- 12/25/2019

Apa Saja Keuntungan dan Risiko Investasi jangka Panjang  - Setelah pada artikel terdahulu kita membicarakan mengenai keuntungan dan risiko investasi jangka pendek, maka di edisi ini masih akan mengulas hal yang sama. Hanya saja kali ini yang akan mengulas tentang keuntungan dan risiko investasi jangka panjang. Sama-sama investasi akan tetapi masing-masing memiliki hal yang berbeda dalam hal tersebut. Jadi mau pilih yang mana investasi jangka pendek ataukah jangka panjang?

Sebenarnya pemahaman dua hal tersebut kembali kepada individu yang bersangkutan hendak memilih menggunakan jenis investasi yang mana. Karena pada dasarnya setiap investasi yang dipilih membawa kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tinggal menyesuaikan kebutuhan, tujuan, pengetahuan dan ketersediaan dana yang dimiliki.

Investasi jangka panjang memerlukan batasan waktu tertentu. Bisa setahun atau bahkan lebih. Rentang waktu tersebut sudah dianggap bisa memenuhi batas minimal suatu instrumen bisa disebut  sebagai kategori investasi jangka panjang.

#Keuntungan investasi jangka panjang


Dan berikut perbedaan keuntungan yang bisa diraih dari jenis investasi jangka panjang. Silakan bandingkan dengan artikel terdahulu yang mengulas investasi jangka pendek.

1. Keuntungan lebih konsisten dan tinggi

Hal tersebut disebabkan adanya efek compounding di dalamnya sehingga memungkin investor dapat meraup keuntungan sesuai dengan visi dan misi saat pertama kali memutuskan memilih jenis investasi ini. Selain itu efek tersebut juga berpengaruh pada tingkat valuasi semakin bertambah dan mengalahkan laju inflasi yang terjadi pada saat itu. Karena lamanya jangka waktu yang diberikan ketika pencairan dana.

2. Risiko bisa diminimalisir

Tingkat fluktuasi boleh dikatakan sangat rendah karena terjadi laju investasi berjalan lambat karena. Sehingga bisa meminimalisir risiko. Pun demikian hal ini sama sekali tidak menyebabkan investor mengalami kerugian dan bahkan kebalikannya. Hal ini dapat meningkatkan stabilitas jaminan keamanan lebih besar lagi.

3. Jaminan kebutuhan hidup tercukupi

Sama-sama bisa memenuhi kebutuhan hidup akan tetapi investasi jangka panjang lebih menjamin. Karena jenis investasi ini profitnya semakin lama semakin bertambah. Sehingga kebutuhan-kebutuhan hidup yang sifatnya besar dan membutuhkan dana tinggi bisa tercukupi. Misalnya biaya pernikahan anak, rumah, pendidikan dan keperluan lainnya.

#Risiko Investasi Jangka Panjang


Adapun nilai kurang atau risiko dari investasi jangka panjang yang sebaiknya diketahui oleh para calon investor adalah :

1. Dana tertahan lebih lama

Ini merupakan masalah tersendiri bagi sebagian investor jika ingin menarik dananya sewaktu-waktu. Mereka harus bersabar menunggu beberapa tahun untuk bisa mengambil kembali. Karena tenggat waktu pencairan yang diberikan juga terbilang lama. Lebih dari setahun atau bahkan lebih lama lagi. Meski demikian investor tidak perlu cemas dana mereka hilang.

2. Tidak dapat memenuhi kebutuhan secara cepat

Berbeda dengan investasi jangka pendek yang dapat dicairkan dengan mudah, investasi jangka panjang tidak dapat memenuhi keadaan itu. Penanam modal harus menunggu batasan waktu tertentu sesuai kesepakatan di awal penanaman modal. Jika tidak ingin mengalami kejadian kurang nyaman ini maka sebaiknya menggabungkan keduanya antara investasi jangka panjang dan jangka pendek harus dikerjakan secara bersama-sama.

Berbeda dengan investasi jangka pendek yang bisa dikerjakan semua orang, investasi jangka panjang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Baca Juga : Keuntungan dan Risiko Investasi Jangka Pendek

Di samping kemampuan dana yang ada juga pengetahuan dan pengalaman harus mencukupi. Supaya investor bisa meminimalisir risiko kerugian yang kelak akan ditanggung. Karena pada dasarnya semua investasi itu bagus. Apakah jangka panjang atau pendek semua tergantung keinginan masing-masing.

Apa yang Anda katakan tentang artikel diatas? Kami menunggu masukan dari Anda untuk perkembangan blog ini kedepannya!
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search