“Krik, krik, krik, krik”, begitulah bunyi jangkrik ketika malam hari. Seringkali di rumah kita muncul jangkrik dengan suaranya yang khas. Jangkrik selalu identik dengan pakan burung. Burung dapat mengoceh merdu jika diberikan makan berupa jangkrik. Tapi tahukah Anda bahwa usaha ternak jangkrik juga dapat membuat penghasilan Anda gendut? Jika belum tahu, bisa dimulai dengan membuat perkiraan usaha ternak jangkrik ya sobat.

Permintaan pasar akan jangkrik berbanding lurus dengan konsumsi burung kicauan. Burung kicauan kini juga semakin meningkat jumlahnya dan diperjual-belikan di berbagai lini, bahkan merambah pasar online. Padahal masih jarang sekali pengusaha ternak jangkrik di setiap daerah. Maka dari itu sebenarnya peluang untuk memulai usaha jangkrik juga cukup besar lho.

Bergantung dari energi kalian sendiri untuk mantap melakoninya atau hanya sekedar ingin. Lebih baik dibuat terlebih dahulu perkiraan usaha ternak jangkrik supaya keinginan Anda bukan hanya menjadi keinginan yang abstrak.

Perkiraan Modal Usaha Ternak Jangkrik


Mengapa kita membuat perkiraan usaha ternak jangkrik? Jawabannya simpel, karena kita benar-benar fokus untuk mencari penghasilan. Kalau asal jualan juga pasti akan sulit untuk menentukan berapa modal, berapa untung, berapa kebutuhan, bagaimana mengembangkan usaha, dan lain sebagainya. Maka dari itu perkiraan modal ternak jangkrik secara garis besar ialah sebagai berikut:

  • Kotak tempat hidup jangkrik = Rp 250.000 
  • Tempat yang biasa digunakan untuk telur ayam atau etray bekas saja = Rp 20.000 x 3 buah = Rp 60.000 
  • Telur jangkrik 1 Kg = Rp. 200.000 
  • Pakan sentrat Ayam atau Voer Ayam 511 sebanyak 1 karung (50 Kg) = Rp 340.000 
  • Sayuran = Rp 3000 per hari x 30 hari = Rp 90.000 
  • Total modal usaha jangkrik = Rp 931.000,00 


Potensi Keuntungan Usaha Ternak Jangkrik


Banyak pengusaha yang kurang manajemen dalam mengatur keluar atau masuknya penghasilan. Alhasil banyak yang gulung tikar dan menyerah, semua ini sebenarnya hanyak kurang perkiraan usaha ternak jangkrik saja. Ternak jangkrik sendiri sudah bisa dipanen dengan waktu cukup singkat atau 1 bulan sekali. Keuntungan usaha ternak jangkrik yang bisa Anda dapat kan sekitar: 

  • Penghasilan jangkrik = Rp 35.000 per Kg x panen 80 Kg jangkrik = Rp 2.800.000 
  • Harga jangkrik Rp 35.000,00 per Kg ini bisa dibilang harga rata-rata, karena daerah lain harganya bisa berbeda, bahkan ada yang sampai Rp 80.000,00 jika sedang langka. 
  • Keuntungan = Rp 2.800.000 - Rp 931.000,00 = Rp 1.869.000,00 

Keuntungan Rp 1.869.000,00 ini jika penghasilan pertama sudah dikurangi semua modal yang dikeluarkan. Tapi jika sudah periode 1, dengan modal telur jangkrik sebanyak 1 Kg dengan harga Rp 200.000,00 dikurangi sentrat ayam Rp 340.000 dan harga sayur 90.000, maka pada periode 2 Rp 2.800.000,00 – 430.000 = Rp 2.370.000,00. Selanjutnya pada periode 3 Anda sudah bisa memulai untuk menambah modal jangkrik.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Ternak Jangkrik


1. Persiapan Usaha

Cari lah telur jangkrik yang termurah dengan kualitas baik atau jaminan menetas 99% atau 100%. Bandingkan harga jangkrik dengan cara datang ke satu tempat ke tempat yang lain. Semangat dan tekun untuk memulai usaha, jangan lupa bedoa juga.

2. Persiapan kandang

Siapkan kandang atau tempat ternak jangkrik dari kardus, papan atau triplek. Pastikan Anda membersihkan kandang atau kotak jangkrik agar terjauh dari gangguan hama. Pastikan kondisi kotak jangkrik senantiasa lembab dan gelap agar jangkrik tetap bertahan hidup.

3. Pakan Jangkrik

Pastikan agar makanan jangkrik tetap tersedia, sebab jika Anda terlambat memberi makan jangkrik maka membuat jangkrik menjadi kanibal dan saling memangsa satu sama lain sehingga jangkrik banyak berkurang. Setelah menetas selama 1- 10 hari, Anda bisa menambahkan sentrat atau voer dari beras merah, kedelai dan jagung yang sudah dihaluskan. Apabila sudah lebih dari 10 hari, maka jangkrik sudah bisa diberikan sayur-sayuran dan jagung. Jika sudah terbiasa makan sayur bisa mulai ditambahkan mentimun, singkong, ubi, dan lain-lain.

4. Menetaskan telur

Setelah 7-10 hari telur jangkrik akan menetas. Setelah menetas, pindahkan jangkrik ke kandang penetasan untuk membesarkan anakan jangkrik. Pastikan kandang selalu lembab dan dapat dilakukan dengan cara menyemprot air dan menutup kandang jangkrik dengan karung goni basah.

5. Sistem Pemasaran

Gunakan sistem pemasaran dengan menempel kertas-kertas di sepanjang jalan agar tahu alamat penjualan jangkrik Anda. Berikan potongan bagi setiap pelanggan. Bisa juga dipasarkan melalui online atau media sosial. Jangan patah semangat dan terus tawarkan kepada siapa pun jangkrik Anda agar laku keras dan dijadikan banyak pelanggan sebagai pemasok jangkrik.

Jangkrik yang sering dianggap sebagai serangga yang tidak penting justru dapat menjadikan penghasilan Anda terus naik. Bahkan harga jangkrik pun menyesuaikan dengan banyaknya atau kelangkaannya persediaan dan penawaran di pasaran.

Simpulannya dengan modal awal Rp 931.000,00 maka setelah 1 bulan periode penangkaran jangkrik sudah didapatkan penghasilan Rp 2.800.000,00 berarti keuntungannya Rp 1.869.000,00. Sudah bisa balik semua modal kan sobat? Tapi jika sudah mulai masuk periode kedua, dengan membeli telur jangkrik sebanyak Rp 200.000,00 sudah bisa mendapatkan penghasilan Rp 2.370.000,00. Dari sini Anda dapat mengelola keuntungan menambahkan modal, dan memperluas jaringan pasar.

Pastikan ternak jangkrik Anda diserbu para pelanggan. Lakukan sistem promosi online melalui pamflet, sehingga banyak yang tahu jika Anda sudah mulai menjual jangkrik. Banyak orang mengesampingkan suatu ide bisnis karena malu dan takut memulai, bahkan dari ternak jangkrik pun Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis pokok maupun bisnis sampingan. Semua itu terserah pilihan Anda. Jangkrik bisa bertahan hidup dan terus berkembangbiak dengan baik jika situasi kandangnya terus lembab. Jangan sampai jangkrik mengalami terlambat pemberian pakan karena akan kanibal dan mengurangi jumlah jangkrik yang Anda miliki. Jangan lupa untuk Anda selalu membuang sisa pakan agar tidak membusuk dan membuat jangkrik banyak yang mati. Semoga bermanfaat

ADVERTISE