Salah satu media iklan online ialah mengoptimalkan Google Adwords. Platform iklan dengan penggunaan Google Adwords bisa melalui dua cara yaitu Google Search dan Google Display Network.

Google Search tentunya sudah banyak yang tahu, karena setiap orang yang menggunakan internet selalu mencari informasi melalui Google Search. Google Display Network merupakan kelompok yang terdiri dari banyaknya jaringan website yang sudah menjadi partner Google.

Google Search juga dapat digunakan oleh para pebisnis yang ingin mengeluarkan sedikit anggaran dalam beriklan. Anda juga dapat memasang iklan pada AdWords sehingga Anda dapat menemukan berbagai macam situs atau website. Website tersebut ialah website yang sudah menjadi partner atau sudah berperan sebagai publisher Google Adsense melalui bentuk banner maupun text. Contoh jaringan GDN (Goggle Display Network) ialah GMail dan Youtube.

Cara mengoptimalkan Google Adwords dengan Google Search dilakukan dengan optimasi Keyword, pada tampilan Google Display Network (GDN) sudah fokus pada optimasi website yang sudah ditargetkan.

Ada beberapa tahap dalam melakukan optimasi di Google Display Network yaitu dengan melakukan preparation. Preparation ialah iklan yang dilakukan sebelum memulai campaign dan melakukan On Campaign apabila campaign sudah mulai jalan. Sehingga pada tahap ini Anda harus fokus dalam melakukan iklan sebelum menjalankan campaign GDN.

Jenis Tools di Google Adwords

Preparation merupakan tahap dimana sebelum menjalankan campaign dapat melakukan pengaturan pada target, strategi campaign dan mencapai goal. Ada beberapa jenis tools pada Google yang disediakan untuk setting campaign awal yaitu sebagai berikut:
  • Placement Tool berfungsi untuk mencari situs yang dapat menjadi target sehingga iklan yang Anda buat muncul pada situs itu. Anda dapat melakukan estimasi impressions atau mengecek website yang sudah Anda targetkan untuk masuk ke dalam jaringan GDN. 
  • Contextual Targeting Tool fungsinya untuk menjalankan campaign GDN untuk membuat target pada website atau situs yang memiliki konten relevan dengan produk yang Anda jual. Contextual Targeting Tool tugasnya mencari kata kunci untuk ditargetkan. 
  • Display Ad Builder ialah Tools pada Google untuk membuat banner dengan materi banner. Sudah disediakan juga template banner dan pengaturan banner yang bisa disesuaikan dengan produk yang Anda harapkan. 
  • Bidding Option fungsinya pada sistem bidding yang menjadi faktor sebelum campaign GDN di Adwords berjalan.

Tips Mengoptimalkan Iklan di Google Adwords

Tips mengoptimalkan Google Adwords dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut:

1. Google Search

Website atau situs yang muncul pada halaman pencarian Google, juga dapat disebut sebagai search engine marketing. Pada halaman website tersebut terdapat display advertising atau Iklan yang sudah masuk program Google Adsense. Meskipun Google Adsense kurang efektif dibandingkan dengan Google Search. Apabila Anda memiliki budget yang cukup banyak maka Anda dapat melakukan iklan dengan display advertising.


2. Memilih Keyword

Ada baiknya Anda memilih kata kunci yang sesuai dengan produk atau brand yang Anda miliki. Kategori kata kunci yang berhubungan dengan brand yaitu apa nama dari perusahaannya, bagaimana brandnya, bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan. Produk atau jasa tersebut seperti contohnya salon perawatan dengan produk alami. Kemudian sebaiknya Anda mencari keyword yang long tail. Maksud dari keyword ini ialah keyword yang panjang, spesifik, dan memiliki keunikan dari keyword yang umum. Jika jasa pembuatan pipa saja masih tergolong umum. Jika jasa pembuatan pipa air mancur saja masih tergolong umum. Sehingga menggunakan keyword yaitu jasa pembuatan pipa air mancur menari di Semarang.

3. Mencari Target Lokasi

Sebelumnya Anda dapat amati pada setting campaign. Kemudian Anda dapat memilih Indonesia sebagai negara dan bahasanya. Hal ini Anda lakukan jika usaha atau bisnis Anda masih tingkat dalam negeri lokal. Kemudian Anda dapat menambahkan kota mana yang akan dipilih sebagai keyword, seperti misalnya salon mobil Yogyakarta, bengkel besi tua Jakarta. Anda juga menambah target sesuai dengan radius dari posisi bisnis.

4. Tentukan Pembagian waktu

Anda dapat menentukan waktu untuk iklan tayang pada jam dan hari kerja. Misalnya Anda memiliki salon perawatan yang banyak pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu sehingga Anda perlu mengatur iklan pada hari Minggu agar tepat sampai sasaran.

5. Mencari Target Perangkat

Anda dapat mengatur iklan pada penggunaan perangkat yang Anda miliki misalnya laptop, handphone, dan tablet. Anda dapat menaikkan bidding lebih besar pada iklan yang muncul di handphone karena lebih simpel dan lebih sering dibuka daripada membuka laptop pada jam kerja yang sibuk. Sehingga saat pekerja sedang beristirahat dan browsing dengan handphone bisa membaca iklan yang Anda pasang.


Cara Mengoptimalkan Fitur Iklan di Google Adwords 


Ada beberapa fitur yang dapat  Anda gunakan untuk mengoptimalkan iklan di Google Adwords seperti berikut:

1. Fitur Call-only Campaign

Iklan call-only pada berfungsi dalam mengubah judul iklan dengan nomor call telepon yang Anda pakai, sehingga pencari menjadi mudah dalam menghubungi Anda saat membaca iklan.

2. Fitur untuk Update Campaign Video (TrueView)

Fitur ini berfungsi dalam pembuatan iklan video yang lebih menarik bagi pencari iklan. TrueView card juga memberikan informasi tentang bisnis, brand dan pencari ke website milik Anda secara langsung melalui iklan.

3. Fitur Ekstensi Iklan Google Baru

Fitur ini digunakan untuk menonjolkan keunggulan dari produk yang Anda iklankan. Kustom “Black Friday” serta “Cyber ​​Monday”merupakan structured snippet yang menampilkan penawaran khusus pada kelanjutan dari fitur ini.

4. Fitur Iklan Gmail

Fitur ini dapat menampilkan perusahaan, produk yang dipasang, penjelasan penawaran, dan jasa yang spesifik. Iklan yang Anda buat pada fitur ini dapat menampilkan gambar, promosi, dan produk secara langsung dengan tekan tombol CTA. Gmail juga dilengkapi dengan tampilan HTML kustom untuk membuat iklan yang unik. Iklan GMail juga diperbarahui saat ini dalam penambahan opsi penargetan iklan pada network display yang dapat dicari melalui keyword, pencari, atau topik.

5. Fitur Shopping Remarketing Lists

Fitur Google paling baru dalam menentukan Black Friday pada Shopping Remarketing Lists atau penampilan daftar produk. Fitur remarketing lists dapat menjadi pilihan campaign display dan jenis shopping campaign. Dengan menggunakan remarketing lists dapat membuat Anda dapat menargetkan pengguna yang tertarik dengan produk Anda. 

Apabila ada seseorang yang datang mengunjungi situs Anda, tapi pengunjung tersebut tidak memutuskan untuk membeli produk Anda, maka Anda akan mengetahui bahwa pengunjung tersebut telah melakukan pencarian atau mengunjungi situs Anda. Selain sudah berjalannya shopping remarketing lists, Google juga memiliki dua tool baru yaitu fitur Shopping Insights Tool dan fitur Assortment Report. Shopping Insights Tool dapat digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap produk yang dicari. Assortment Report dapat digunakan untuk identifikasi produk yang dapat dicari oleh setiap pembeli pada barang yang tidak ditawarkan.

ADVERTISE