Seorang pebisnis perlu melakukan pemasaran dalam berbagai bentuk. Salah satunya yang paling penting ialah iklan atau mengajak konsumen untuk memberikan testimoni atau review produk. Teknik pemasaran yang paling cepat dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk ialah iklan. Iklan ini memang secara awam dapat disebut dengan promosi. Promosi akan membuat konsumen lebih cepat mengenal produk yang Anda jual. Apabila Anda sebagai pebisnis tidak berusaha mempromosikan produk yang Anda jual tentunya akan memiliki pembeli atau pelanggan. Tanpa promosi, barang atau jasa yang Anda jual hanya dibeli oleh beberapa orang saja. Kesempatan untuk meraih keuntungan lebih banyak akan lari begitu saja. Perlunya seorang bisnis memahami bagaimana contoh kalimat promosi yang tepat agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda.

Kalimat yang Anda pakai untuk promosi sangat berguna untuk menyampaikan pesan tentang produk atau sekilas memberitahukan kepada calon konsumen bagaimana keunggulan produknya. Contoh kalimat promosi yang Anda gunakan pun bisa mempengaruhi daya tarik iklan yang Anda buat. Kalimat promosi yang singkat, padat, dan menarik memang lebih mudah diterima calon konsumen. Kata-kata dalam kalimat promosi sebaiknya memiliki tema tentang trend atau situasi yang terbukti menarik perhatian dan mempengaruhi banyak orang. Buatlah Kata-kata promosi yang begitu mudah diingat, unik, dan mampu memberikan nama produk yang ketika mengingat suatu hal.

Setidaknya Anda harus memahami bahwa kalimat promosi harus mencari perhatian, menyentuh, menantang, unik, dan mengajak. Kalimat promosi juga dibuat berdasarkan sasaran dari calon konsumen. Apakah promosi ditujukan untuk suatu kalangan tertentu atau ditujukan untuk semua orang pada umumnya. Jika suatu kalangan misalnya mahasiswa tentunya menggunakan kalimat yang banyak dipakai oleh mahasiswa. Beda dengan kalimat yang dipakai untuk semua kalangan atau secara umum. Tidak mungkin menggunakan kalimat yang sering digunakan untuk mahasiswa, tentunya banyak masyarakat yang tidak akan memahaminya.

Kaidah Penggunaan Kalimat Promosi 


Penggunaan kalimat promosi harus lah memperhatikan jumlah kata-kata yang Anda digunakan. Sebab kata-kata yang terlalu panjang tidak akan dibaca pembeli. Setidaknya Anda menggunakan kata-kata yang sekali dilihat langsung mengena dipikiran pembeli.

Bayangkan jika iklan Anda tidak dibaca calon konsumen karena terlalu panjang dan membosankan, maka bisa jadi calon pembeli tidak tertarik dengan produk yang Anda jual. Ini merupakan prinsip utama yang dapat dijadikan dasar komunikasi promosi kepada konsumen.

Ada baiknya Anda juga menggunakan kata-kata yang penuh power untuk membuka pemikiran konsumen tentang pentingnya produk Anda untuk dibeli. Contoh kalimat promosi ialah “Harga Sama Kualitas Beda”. Kalimat yang seperti ini sangat membuka pemikiran bagi calon konsumen mengapa mereka harus lebih condong memilih produk yang Anda jual.

Kata-kata yang unik dan indah menjadi strategi promosi yang begitu efektif dalam dunia pemasaran atau marketing produk. Kata-kata yang menarik juga mengandung pertanyaan. Pertanyaan di sini maksudnya ialah menarik konsumen untuk membaca kalimat promosi yang mungkin ada penjelasannya ke dalam beberapa baris.

Salah satu contoh kalimat tersebut ialah “Kue Cokelat yang membuat lidah Anda bergoyang…”.

Tentunya kalimat promosi yang seperti ini sangat memberikan daya penasaran bagi calon konsumen karena makanannya begitu enak sehingga membuat lidah bergoyang sebagai makna kiasan. Anda juga perlu memperhatikan adanya font, penggunaan headline, dan juga tagline jika promosi dilakukan melalui online. Permainan huruf ini juga dapat mempengaruhi penglihatan seseorang untuk fokus melihat suatu kalimat promosi.

Poin penting dalam pembuatan kalimat promosi


Beberapa hal yang perlu menjadi poin penting dalam pembuatan kalimat promosi yang indah ialah sebagai berikut:
  • Kalimat promosi harus menyertakan kata-kata yang berisi penawaran produk.
Contoh kalimat yang berisi penawaran sangat menarik calon konsumen yaitu tersematnya pesan misalnya diskon, berhadiah, maupun tawaran yang dapat memperkuat keinginan konsumen Anda. Semua orang tentunya sangat suka mencari keuntungan. Bukan hanya pembeli tapi juga penjual juga.
  • Keunggulan produk yang Anda jual.
Iklan harus menunjukkan beberapa keunggulan utama produk yang Anda jual. Beberapa informasi penting yang tidak mungkin mudah dilewatkan oleh konsumen dalam membaca kalimat promosi ialah saat mereka memiliki kesempatan untuk membaca keunggulan produk Anda. Contoh kalimatnya seperti “Kenikmatan ayam kremes memiliki sensasi pedas pada setiap gigitannya…”

Kalimat promosi sangat berpedoman pada bahasa singkat dan tidak bertele-tele dan sulit dipahami. Ada baiknya Anda menggunakan kalimat promosi yang memiliki cirikhas seperti kata-kata yang sering dipakai oleh anak-anak kekinian atau sedang hits. Misalnya penggunaan “Mie ayam “miapah” yang membuat Anda ketagihan”. Kata “miapah” di sini merupakan contoh kalimat yang banyak dipakai oleh anak-anak mudah dengan bahasa gaul yang banyak kita dengar sehari-hari.

Contoh Kalimat Promosi Yang Tepat


Beberapa kalimat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi dan memasarkan produk Anda ialah sebagai berikut:

1. Contoh Kalimat Ajakan  “Ayo, Beli Produk A Sebelum Anda Tidak Kebagian”

Kalimat diatas merupakan contoh kalimat yang mengandung kata-kata jitu untuk mengajak orang membeli. Anda juga bisa menggunakan kalimat yang menyentuh hati calon konsumen seperti “Pembeli Senang Penjual Pun Tenang”, di sini ditunjukkan adanya win-win solution untuk mendapatkan konsumen yang tepat.

2. Contoh Kalimat Perhatian “Anda Beli 2 Gratis 1”

Kalimat harus mengandung unsur menarik perhatian seperti “Anda Beli 2 Gratis 1”. Jadi mengajak pembeli untuk tertarik bahwa mereka dapat 3 produk dengan membayar 2 produk.

Sama halnya dengan kalimat promosi yaitu “Beli 1 Gratis 1”, ini merupakan kalimat promosi yang banyak menyita perhatian. Jadi calon konsumen yang ingin membeli barangnya bisa iuran bersama temannya untuk membeli 2 barang yang diinginkan.

3. Contoh Kalimat Menanantang “Pecah Harga, Ada Cuci Gudang”

Contoh kalimat yang digunakan bisa lebih menantang calon konsumen pada umumnya yaitu “Pecah Harga, Ada Cuci Gudang”. Biasanya jika ada kata cuci gudang membuat banyak konsumen menyerbu karena berharap mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

4. Contoh Kalimat Unik “ Barang Limited Edition "

Adapun pemakaian kata-kata yang menunjukkan adanya keunikan dan membuat konsumen banyak penasaran yaitu “ Barang Limited Edition? Di Sini Tempatnya”. Ini merupakan kalimat yang membuat banyak konsumen setidaknya berkeinginan untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

5. Contoh Kalimat Dadakan “Barang Branded Harga Nyungsep”

Ada juga pemakaian kata-kata yang sedikit dadakan atau membuat banyak orang tertohok misalnya “Barang Branded Harga Nyungsep”. Ini menunjukkan adanya keseriusan pembeli untuk menjual produknya dengan harga yang tidak wajar. Keberanian penjual dalam menggunakan kalimat promosi akan sangat berpengaruh pada keinginan konsumen untuk membeli produk yang Anda jual.

Kesimpulan : 

Dari semua contoh kalimat promosi yang sudah Anda ketahui tersebut jangan sampai Anda berusaha menipu pembeli. Sebab itu akan sangat merusak kredibilitas bisnis yang sudah Anda bangun secara susah payah. Seperti tujuan penggunaan kalimat promosi yang sudah banyak dijelaskan sebelumnya yaitu untuk menarik perhatian, mengajak, dan membuka pikiran calon konsumen untuk membeli, bukannya untuk menipu.

ADVERTISE